Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Makanan yang Digoreng

Ketahui Bahaya Makanan yang Digoreng

Ketahui Bahaya Makanan yang Digoreng

Ketahui Bahaya Makanan yang Digoreng

Ketahui Bahaya Makanan yang Digoreng

Ketahui Bahaya Makanan yang Digoreng – Perlu diketahui bahwa dibalik makanan yang nikmat ini memiliki dampak negative terhadap kesehatan tubuh. Terutama apabila pengolahan makanan tersebut di goreng yang menggunakan minyak bekas dengan penggunaanya lebih dari tiga kali. Gorengan yang diolah dengan cara goreng menggunakan minyak bekas dengan penggunaan lebih dari tiga kali dapat mengandung kolesterol jahat yang bisa meningkatkan resiko berbagai penyakit. Penyakit yang akan ditimbulkan akibat adanya kolesterol jahat yaitu menyebabkan stroke, menyebabkan penyakit jantung, dan juga bisa mengakibatkan obesitas atau berat badan yang lebih dari ideal.

Selain itu, dalam gorengan atau makanan yang diolah dengan digoreng juga khususnya makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi ini akan mengandung senyawa akrilamida. Akrilamida tersebut merupakan suatu senyawa yang bisa meningkatkan resiko kanker. Banyak sekali kerugian yang bisa ditimbulkan dari senyawa akrilamida tersebut, antara lain bisa mengakibatkan penyakit tumor, dapat merusak DNA, dapat mengakibatkan rusaknya sistem reproduksi, dan dpaat mengganggu kesuburan reproduksi. Gorengan atau jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng memang mengakibatkan berbagai gangguan terhadap kesehatan yang bisa dirasakan langsung pada tubuh. Beberapa gangguan tubuh yang diakibatkan konsumsi makanan yang diolah dengan goreng antara lain :

1.    Kanker usus besar
Makanan yang pengolahannya dengan cara di goreng menggunakan minyak bekas akan berdampak terhadap kesehatan tubuh, salah satunya bisa menyebabkan kanker usus besar. Minyak bekas yang digunakan untuk menggoreng makanan dapat memicu tumbuhnya suatu asam empedu di dalam usus dengan demikian bisa mengakibatkan iritasi pada usus.

2.    Jantung
Penyakit jantung bisa diakibatkan oleh kolesterol. Makanan dengan pengolahan dengan cara digoreng yang menggunakan minyak berlebih ataupun menggunakan minyak bekas dapat menghasilkan kolesterol jahat, dengan demikian bisa mengakibatkan penyakit jantung.

3.    Stroke
Selain menyebabkan penyakit jantung, penyakit yang akan ditimbulkan akibat kolesterol jahat yakni penyakit stroke. Penyakit stroke ini akan sangat rentan dialmi oleh seseorang dengan lanjut usia, dengan demikian orang yang sudah usia lanjut dianjurkan agar tidak mengkonsumsi makanan yang pengolahannya dengan cara digoreng dalam jumlah berlebihan.

4.    Obesitas
Selain memiliki kandungan kolesterol atau makanan yang diolah dengan cara digoreng juga mengandung lemak. Lemak tersbeut jika ditumpuk di dalam tubuh dapat mengakibatkan berat badan berlebih atau kegemukan. Seseorang dengan berat badan berlebih menyebabkan obesitas.

5.    Gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan ini diakibatkan oleh terdapat lemak yang sangat asam serta berat dalam perut. Walaupun penyakit ini tidak begitu serius, akan tetapi dapat sangat merepotkan. Hal tersebut dapat terjadi apabila mengunyah gorengan tidak terlalu lembut.

6.    Tukak lambung
Tukak lambung dapat terjadi akibat adanya bakteri Pylori. Bakteri tersebut bisa tumbuh apabila terlalu banyak dalam mengkonsumsi gorengan ataupun makanan yang digoreng. Penyakit tukak lambung ini adalah sebuah luka yang ada di sekitar lambung ataupun pada usus. Gejalanya yakni akan terasa nyeri dalam sistem pencernaan dimana lama – kelamaan dapat mengakibatkan gangguan pada pencernaan.

7.    Nyeri dada
Nyeri di bagian dada dapat diakibatkan oleh pergerakan pada asam lambung ke dalam esofagus. Nyeri dada ini akan sangat terasa ketika posisi berbaring ataupun posisi membungkuk. Hal tersebut dapat diakibatkan karena berlebihan dalam mengkonsumsi gorengan ataupun makanan yang diolah dengan cara digoreng.

8.    Membuat kulit jadi berminyak
Selain terhadap kesehatan, kebanyakan dalam mengkonsumsi makanan dengan cara digoreng juga bisa mengganggu kecantikan. Seperti bisa menimbulkan minyak pada kulit, khususnya pada kulit wajah. Minyak tersebut akan sangat mengganggu penampilan yang dapat  membuat muka akan tampak kusam. Dampaknya percaya diri akan menjadi menurun.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates