Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Helioterapi

Ketahui Seputar Helioterapi

Ketahui Seputar Helioterapi

Ketahui Seputar Helioterapi

Ketahui Seputar Helioterapi

Ketahui Seputar Helioterapi – Perlu diketahui bahwa helioterapi merupakan suatu terapi matahari dimana pada zaman dahulu belum juga ada yang mengetahui tentang seberapa penting terkait paparan radiasi matahari yang harus dibatasi. Pada saat zaman perang dunia, dimana adanya sinar matahari menjadi sangat penting, khususnya untuk kelangsungan hidup para pejuang di sana.Paparan sinar matahari sudah diketahui memiliki bahaya untuk kesehatan tubuh di jam tertentu, namun perlu diketahui juga sinar matahari dengan melalui helioterapi dapat menyembuhkan dan dapat mencegah berbagai penyakit.

Prinsip dari helioterapi ini dimana penggunaannya terdapat di rumah sakit, terutama di ruang operasi sebab mempunyai kemampuan untuk membuat jumlah bakteri dapat berkurang hingga 50 %. Bakteri bisa terbasmi oleh adanya sinar UV meskipun terdapat kaca jendela yang akan menjadi penghalangnya.

Berikut merupakan beberapa manfaat penting untuk terapi matahari yang dapat diperoleh, sebagai berikut:
1. Menurunkan Kolesterol
Tubuh bisa jauh lebih mampu untuk memetabolisasi kolesterol sebab dengan paparan sinar matahari dapat membantu tubuh dengan demikian kadar kolesterol tinggi dapat berkurang sampai 13 %. Artinya bahwa berbagai gangguan terhadap kesehatan yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang naik dapat diatasi yakni dengan melakukan terapi sinar matahari.

2. Menurunkan Tekanan Darah
Paparan dari sinar matahari dapat memberikan efek yang sama seperti halnya melakukan olahraga. Perlu diketahui bahwa pada saat seseorang kurang aktifitas dalam melakukan olahraga, dengan demikian tekanan darah dalam tubuh serta kolesterol dapat naik dengan mudah, akan tetapi pada saat rajin melakukan kegiatan olahraga dengan rutin maka secara otomatis tekanan darah dalam tubuh dapat normal kembali dan juga kadar kolesterol.

3. Menormalkan Detak Jantung
Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan organ jantung serta dapat mencegah jenis – jenis penyakit jantung yakni dapat dilakukan dengan berjemur atau terapi matahari. Helioterapi akan sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan organ jantung serta dapat membuat keadaan detak jantung yang tidak teratur akan kembali stabil dan juga normal. Bahkan dengan melakukan helioterapi volume darah yang jantung pompa dapat bertambah hingga sebanyak 39 %.

4. Mengatasi Stres
Keadaan kesehatan mental misalnya stres bisa efektif dengan melakukan helioterapi. Sebagai upaya untuk mengatasi stres yang alami, tidak ada salahnya jika mencoba untuk melakukan terapi ini pada saat sedang tertekan serta mencari cara untuk dapat rileks.

5. Meningkatkan Ketahanan terhadap Infeksi
Seperti sudah dijelaskan di atas, dimana terapi matahari dapat membasmi bakteri serta tentunya bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi. Perlu diketahui bahwa prinsip helioterapi bisa dilakukan di dalam ruang operasi dalam setiap rumah sakit sebab jumlah bakteri dapat dikurangi sampai setengahnya.

6. Menyehatkan Bayi
Selepas melahirkan serta pada saat hendak membawa bayi pulang ke rumah, dokter dapat menganjurkan untuk setiap orang tua agar bayi dapat dilakukan terapi dengan sinar matahari. Cara yang paling disarankan yakni dengan menjemur bayi setengah jam lamanya pada posisi berbeda, seperti seperempat jam dengan posisi telentang serta seperempat jam dengan posisi telungkup.

Terdapat beberapa manfaat yang dari helioterapi untuk tubuh, sebagai berikut:
1. Menambah tenaga terhadap tubuh.
2. Sebagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
3. Meningkatkan adrenalin.
4. Dapat memperbaiki tingkat stres.
5. Dapat meningkatkan kekuatan otot.
6. Dapat meningkatkan hormon seks.
7. Dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam darah.
8. Dapat menyembuhkan sekaligus mencegah stroke.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates