Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Manfaat Oatmeal

Seputar Manfaat Oatmeal

Seputar Manfaat Oatmeal

Seputar Manfaat Oatmeal

Seputar Manfaat Oatmeal

Seputar Manfaat Oatmeal – Oatmeal atau oat groats yakni pease meal serta corn meal yang dihaluskan. Oatmeal memiliki bentuk bubuk yang disertai dengan serpihan dengan tekstur kasar. Oatmeal memiliki aroma yang gurih wangi seperti halnya aroma susu atau aroma gandum. Oatmeal ada yang disebut dengan istilah quick oat sebab sudah dipotong serpihannya serta sudah dikukus dengan demikian cepat matang apabila dimasak. Akhir – akhir ini banyak tenaga medis serta ahli gizi yang mendorong pasiennya mengalami diabetes serta penyakit jantung agar dapat mengkonsumsi oatmeal, selain itu berkhasiat untuk membantu dalam menjaga kadar kolesterol serta gula darah menjadi tetap normal. Kandungan dalam oatmeal memiliki kandungan mengandung magnesium, serat yang tinggi, vitamin B1 atau thiamin, mengandung fosfor, mengandung protein, yang sangat berperan penting untuk memproduksi energi.

Berikut merupakan manfaat lain yang terdapat dalam kandungan oatmeal, diantaranya: :
1.    Menurunkan kolesterol
Oatmeal sebagai sumber makanan yang memiliki kandungan serat larut yang cukup tinggi, yang juga dapat dijumpai dalam buah pir, buah apel, dan prunes. Serat larut bisa menghambat tubuh untuk penyerapan kolesterol LDL, atau disebut dengan kolesterol jahat.

2.    Mengurangi risiko hipertensi
Kandungan serat yang tinggi di dalam oatmeal juga dapat menjaga kesehatan organ jantung, akan tetapi juga dapat menurunkan rieiko tekanan darah tinggi. Sangat direkomedasikan untuk wanita menopause, yang akan berisiko mengalami tekanan darah tinggi, setidaknya harus mengkonsumsi enam porsi oatmeal dalam setiap minggunya.  Hasil studi menunjukkan bahwa pada pria bisa mengurangi resiko gagal jantung apabila mengkonsumsi satu mangkuk sereal gandum dalam satu hari.

3.    Tinggi antioksidan
Oatmeal memiliki kandungan sebagai antioksidan yang disebut  dengan avenanthramide. Antioksidan dapat melawan radikal bebas yang akan menyerang HDL atau disebut dengan kolesterol baik. Selain itu, senyawa ini dapat melindungi kolesterol jahat (LDL) yang dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

4.    Mencegah pengerasan arteri
Kandungan antioksidan dalam oatmeal juga dapat melindungi penyakit jantung, selain itu senyawa antioksidan di dalamnya juga dapat mencegah arteri dari kondisi pengerasan. Hasil studi menjelaskan bahwa wanita menopause yang mengkonsumsi 6 porsi serealia yang utuh dalam satu minggu bisa menurunkan resiko terhadap berkembangnya penyakit aterosklerosis.

5.    Mencegah perkembangan kanker payudara
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa seorang wanita yang biasa mengkonsumsi serat dalam jumlah yang tinggi dapat menurunkan resiko penyakit kanker pada payudara. Serat tidak larut di dalam serealia yang utuh dapat menyerang karsinogen atau zat penyebab kanker serta dapat menurunkan kadar estrogen di dalam tubuh, dengan demikian dapat melindungi tubuh dari adanya perkembangan kanker.

6.    Mencegah pengembangan penyakit diabetes
Selain kaya dengan serat, oatmeal juga memiliki kandungan magnesium, dimana kandungan magnesium di dalamnya dapat mengatur insulin serta dapat mengatur kadar glukosa.

7.    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Beta – gluten merupakan salah satu jenis serat yang terdapat dalam moatmeal. Serat tersebut dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung serta dapat meningkatkan imunitas tubuh.

8.    Mencegah obesitas
Kandungan serat yang terdapat dalam oatmeal, dapat membuat perut lebih kenyang dalam jangka waktu yang lebih panjang. Serat dapat meningkatkan viskositas isi perut, dengan demikian dapat memakan waktu untuk lebih lama dalam mengosongkannya.

9.    Bisa di konsumsi untuk pasien celiac
Dewasa serta anak – anak yang mengalami penyakit celiac pada umumnya tidak bisa mengkonsumsi gluten atau suatu senyawa protein yang ada dalam gandum, akan tetapi hasil riset dapat menunjukkan bahwa mereka dapat mengkonsumsi oatmeal walaupun mengandung sedikit gluten. Celiac merupakan sindrom malabsoprsi dimana usus tidak dapat menyerap nutrisi makanan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates