Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor yang Membuat Urat Anda Menonjol

Faktor yang Membuat Urat Anda Menonjol

Faktor yang Membuat Urat Anda Menonjol

Faktor yang Membuat Urat Anda Menonjol

Faktor yang Membuat Urat Anda Menonjol

Urat menonjol pada orang muda
Urat menonjol atau telihat di permukaan kulit ialah masalah yang suka dialami lansia. Hal ini terjadi sebab semakin tua, lapisan kulit akan semakin menipis sehingga urat jadi tampak lebih jelas. Namun, bagaimana kalau masih muda uratnya sudah tampak menonjol di tangan, kaki, atau leher? Apakah urat yang menonjol dengan jelas menjadi salah satu gejala penyakit atau keadaan tertentu? Simak uraiannya berikut ini.

Penyebab urat menonjol dan tampak jelas
Pada beberapa kejadian, urat yang terlihat bukanlah keadaan yang serius atau berbahaya walaupun Anda masih muda. Berikut adalah beberapa alasan urat Anda tampak jelas pada permukaan kulit.

1. Warna kulit Anda cerah

Apabila warna kulit Anda cerah atau pucat, urat dan pembuluh darah Anda menjadi cenderung terlihat jelas di permukaan kulit. Kondisi tersebut karena memang urat mempunyai warna biru, merah, atau keunguan yang khas sehingga akan terlihat kontras dengan warna kulit Anda yang pucat.

2. Tubuh kurus

Orang yang memiliki tubuh kurus pun lebih rentan mengalami urat menonjol di kulit. Sebab, orang yang kurus memiliki lapisan lemak yang lebih tipis dibanding orang-orang pada umumnya. Sehingga akan membuat kulit dan lemak tidak memperoleh cukup tebal untuk menutupi garis-garis urat di bawah kulit.

3. Olahraga

Urat yang menonjol pada kulit pun dapat diakibatkan oleh aktivitas fisik atau olahraga, terutama angkat beban. Kalau pekerjaan Anda sehari-hari sering mengangkat beban berat atau berolahraga yang membentuk otot, pembuluh darah Anda akan menerima tekanan yang berat. Disebabkan oleh tekanan tersebut, urat akan menegang dan menonjol sampai terlihat pada permukaan kulit.

Selain itu, ketika Anda sedang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang cukup berat, bagian tubuh yang bekerja keras akan membutuhkan kadar oksigen yang lebih banyak. Untuk itu, darah yang menjadi sumber oksigen pun mengalir lebih deras ke bagian tubuh tersebut. Kondisi tersebutlah yang akan menjadikan urat Anda terlihat lebih besar dan menonjol, terutama di bagian lengan.

4. Efek samping atau reaksi obat

Obat-obatan tertentu bisa menyebabkan urat Anda tampak lebih menonjol pada permukaan kulit. Apalagi kalau Anda sedang menjalani pengobatan dengan obat yang mengandung steroid. Namun, beberapa obat juga bisa membuat lapisan kulit Anda jadi lebih pucat atau tipis. Sehingga membuat urat anda terlihat lebih jelas.

5. Kehamilan

Ibu hamil mengalami peningkatan jaringan pembuluh darah. Ini karena saat kehamilan, volume darah dalam tubuh meningkat hingga mencapai 50%. Peningkatan ini berguna untuk menyuplai oksigen serta zat gizi bagi janin dalam kandungan. Karena itu, pada permukaan kulit Anda mungkin urat jadi lebih jelas dan tampak bercabang-cabang.

6. Varises

Varises terjadi ketika pembuluh vena mengalami pembengkakan, terutama di bagian kaki. Kondisi ini cukup umum, apalagi di kalangan wanita. Kadang varises disertai dengan rasa sakit. Faktor yang ditimbulkannya dapat bermacam-macam, mulai dari penyakit katup jantung, obesitas, menopause, kehamilan, smapai kelamaan berdiri.

Kapan urat yang menonjol harus periksa ke dokter?
Pada umumnya urat menonjol tidak membutuhkan penanganan medis atau pengobatan tertentu. Namun, Anda sebaiknya mesti periksa ke dokter kalau mengalami gejala-gejala berikut ini :
a. Perdarahan
b. Urat jadi kemerahan, bengkak, nyeri, dan sakit terutama ketika disentuh
c. Muncul ruam pada kulit
d. Perubahan warna atau tekstur permukaan kulit (jadi lebih kasar atau lunak)

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates