Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Makanan Bebas Gluten

Jenis Makanan Bebas Gluten

Jenis Makanan Bebas Gluten

Jenis Makanan Bebas Gluten

Jenis Makanan Bebas Gluten

Jenis Makanan Bebas Gluten – Gluten merupakan jenis protein yang ada di dalam bahan makanan misalnya dalam gandum. Kandungan dari gluten sebetulnya manfaatnya masih diragukan sebab hanya dapat memberikan kontribusi kecil terhadap sistem pencernaan. Bahkan gluten harus dihindari untuk mereka yang mengalami penyakit celiac. Pada intinya, bahwa penggunaan gluten aman dikonsumsi jika seseorang tidak mempunyai alergi terhadap jenis protein ini.Sensitifitas pada protein gluten dapat mengakibatkan tubuh akan mengalami intoleransi gluten, beberapa efek samping juga dapat dirasakan pada mereka yang mengkonsumsi gluten dalam jumlah yang berlebihan. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan gluten yaitu roti, gandum, pasta, serta sereal. Jenis makanan ini wajib dihindari pada seseorang yang mempunyai alergi gluten sebab dapat menimbulkan efek samping terhadap kesehatan.

Makanan dengan bebas gluten dianjurkan untuk mereka yang mempunyai alergi terhadap protein tersebut dan untuk seseorang yang mengalami penyakit celiac. Adapun beberapa jenis makanan yang bebas dari protein gluten ini sebagai berikut:

1. Bayam
Bayam merupakan jenis sayuran yang mengandung vitamin dan juga mineral yang tinggi. Bayam hijau ataupun yang merah dianjurkan untuk mereka yang mengalami hipersensitif gluten serta untuk mereka yang menderita penyakit kronis misalnya jantung, serta kanker hati. Mengkonsumsi bayam yang tepat yakni dengan pengolahan yang tidak berulang dan dikonsumsi tidak lebih dari 4 jam sesudah matang sebab bayam dapat menimbulkan zat oksidasi yang berbahaya apabila tidak dikonsumsi secara tepat.

2. Brokoli
Brokoli mengandung antioksidan yang tinggi serta tidak memiliki kandungan protein gluten yang akan berisiko, brokoli dapat menjadi alternatif pilihan pada saat ingin mengkonsumsi sayur dengan bebas gluten. Brokoli kaya dengan kandungan flavonoid yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan bersarangnya racun di dalam tubuh.

3. Kiwi
Buah kiwi menawarkan manfaat dengan rasa masam serta sedikit manis yang dianjurkan untuk penderita dengan penyakit kronis misalnya sroke, kanker, serta hipertensi. Kiwi juga di dalamnya tidak mengandung protein gluten sehingga dapat dihindari oleh beberapa orang yang mengalami alergi terhadap gluten.

4. Salad Buah
Salad buah memiliki kandungan sedikit gula serta aman untuk penderita celiac dan untuk mereka yang memiliki alergi gluten dalam kadar tertentu.

5. Almond
Kacang almond merupakan sumber protein tertinggi dengan non gluten yang sangat dianjurkan untuk seseorang yang hipersensitif terhadap gluten. Kacang almond juga berguna untuk kesehatan tubuh khususnya untuk kesehatan organ pencernaan, untuk perbaikan tulang, serta untuk kecerdasan otak.

6. Kacang – Kacangan
Lebih dari konsumsi buah almond, berbagai jenis kacang – kacangan sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki alergi terhadap makanan yang mengandung gluten. Adapun jenis kacang dengan kandungan protein serta mineral yang tinggi seperti:
a. Mete
b. Kenari
c. Kacang dari jenis sayuran7. Jagung
Jagung adalah sumber gula lain yang bisa menggantikan nutrisi dari protein gluten. Biasanya dapat dianjurkan untuk mereka yang mempunyai kadar gula dalam darah yang tinggi. Dengan mengkonsumsi jagung maka akan membuat mereka untuk tetap bugar walaupun karbohidrat yang diperoleh bukan berasal dari nasi.

8. Daging
Berbagai jenis daging dapat digunakan sebagai pengganti protein gluten. Berikut merupakan beberapa jenis daging yang direkomendasikan serta aman untuk dikonsumsi, yaitu:
a. Daging sapi
b. Daging kambing
c. Daging ayam

Gluten sebenarnya tidak berbahaya untuk mereka yang tidak mempunyai gangguan terhadap protein ini. Akan tetapi, dapat sangat beresiko apabila mereka yang hipersensitif terhadap gluten mengkonsumsi gluten dengan jumlah yang banyak ataupun hanya sedikit. Beberapa resiko yang dapat ditimbulkan diantaranya:
1. Osteoporosis
2. Kanker usus
3. Diare
4. Konstipasi
5. Terhambatnya pertumbuhan pada anak – anak

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates