Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Penyakit yang tidak Boleh Terkena Sinar Matahari

Jenis Penyakit yang tidak Boleh Terkena Sinar Matahari

Jenis Penyakit yang tidak Boleh Terkena Sinar Matahari

Jenis Penyakit yang tidak Boleh Terkena Sinar Matahari

Jenis Penyakit yang tidak Boleh Terkena Sinar Matahari

Jenis Penyakit yang tidak Boleh Terkena Sinar Matahari – Sinar matahari sering dihubungkan dengan kondisi kesehatan tertentu. Banyak orang yang menyukai sinar matahari sebab dapat memberikan sensasi yang hangat bagi kulit. Sinar matahari sesaat dapat membuat tubuh akan terasa lebih baik serta akan memberikan efek terhadap tubuh yang sehat. Akan tetapi perubahan terhadap warna kulit akan terjadi sesudah berjemur di bawah sinar matahari, dimana hal tersebut menjadi tanda yang tidak baik terhadap kesehatan kulit.

Terdapat beberapa hal yang akan mengakibatkan seseorang tidak boleh sama sekali terkena sinar matahari. Sebab apabila terkena sinar matahari sehingga dapat memberikan efek yang sangat tidak baik terhadap kesehatan. Berikut merupakan jenis penyakit yang tidak boleh terkena sinar matahari, diantaranya:

1.    Lupus
Penyakit lupus merupakan jenis penyakit yang sangat sensitif dengan sinar matahari. Pada saat penderita lupus terkena sinar matahari dengan demikian dapat mengakibatkan kulit akan menjadi ruam serta akan memicu terjadinya masalah kesehatan yang serius.

Sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari terdapat beberapa jenis yakni UVB, UVA, serta UVC. Hasil penelitian menjelaskan bahwa sinar UVA dan juga sinar UVB dapat mengakibatkan gangguan sistem kekebalan tubuh terhadap pasien. Di bawah sinar matahari yang terlalu lama dapat menimbulkan beberapa gangguan, diantaranya:

a.    Ruam ataupun lesi yang timbul pada kulit
b.    Nyeri di bagian sendi dan juga otot
c.    Tubuh akan mengalami sangat lelah dan juga lemah
d.    Pembengkakan yang terjadi di organ bagian dalam

2.    PMLE atau Polymorphous Light Eruption
Penyakit PMLE diakibatkan karena kulit terjadi sensitivitas terhadap sinar matahari yang sangat tinggi. Apabila terkena sinar matahari maka kulit penderitanya akan menjadi ruam lalu akan timbul benjolan kecil serta akan menyebabkan bagian kulit di daerahnya akan menjadi lebih kering. Gejalanya yakni akan muncul benjolan kecil, gatal, kasar, panas serta bengkak.

3.    Actinic Prurigo
Actinic prurigo merupakan jenis penyakit yang akan rentan terkena sinar matahari. Apabila terpapar sinar matahari, sehingga bagian kulit yang mengalami sakit dapat terasa sangat gatal. Penyakit ini dapat mengakibatkan kulit akan menjadi sangat gatal pada saat terkena sinar matahari. Penyakit ini akan sangat memburuk kondisinya terutama pada saat terkena sinar matahari. Actinic Prurigo dapat mengakibatkan di beberapa bagian kulit akan menjadi ruam, gatal, timbul benjolan, peradangan serta terjadi benjolan jika terkena tekanan ataupun goresan. Penyakit ini dapat menjadi lebih parah jika digaruk, kulit kurang lembab serta terkena air secara langsung.

4.    Alergi Matahari
Penyakit alergi dengan sinar matahari merupakan suatu kondisi penyakit yang akan cepat berkembang apabila terkena sinar matahari dengan kontak langsung. Penyakit ini biasanya diakibatkan karena reaksi berbagai macam bahan kimia untuk kulit pada saat terkena sinar matahari. Kondisi ini akan menimbulkan ruam serta masalah kulit yang dapat menyebar rata ke bagian seluruh tubuh termasuk bagian tubuh tidak terkena sinar matahari.

5.    Solar Urticaria
Pada saat sinar matahari terkena kulit sehingga sel – sel kulit dapat melepaskan senyawa kimia yang bisa diikuti dengan terjadinya pembukaan pembuluh darah serta mengakibatkan bagian kulit akan menjadi gatal, memerah serta bengkak.

6.    Xeroderma Pigmentosa
Penyakit ini dapat ditunjukkan dengan kondisi kulit yang menutupi sampai bagian mata. Sinar matahari yang memiliki kandungan sinar UV ternyata dapat merusak DNA di dalam sel kulit. Penderita akan mempunyai kulit yang lebih tipis serta noda di kulit. Penyakit ini akan mengakibatkan kanker kulit.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates