Friday , 23 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kesalahan Menyikat Gigi yang Membuat Sakit Gigi

Kesalahan Menyikat Gigi yang Membuat Sakit Gigi

Kesalahan Menyikat Gigi yang Membuat Sakit Gigi

Kesalahan Menyikat Gigi yang Membuat Sakit Gigi

Kesalahan Menyikat Gigi yang Membuat Sakit Gigi

Kesalahan Menyikat Gigi yang Membuat Sakit GigiEnam kesalahan menyikat gigi yang tanpa kita sadari justru membuat sakit gigi. Salah satu tujuan sikat gigi adalah mencegah sakit gigi. Namun fakta yang dibeberkan klinik gigi keluarga Axel Dental justru banyak pasien mengeluh sakit gigi karena kesalahan dalam menyikat gigi.

Sebagai rutinitas harian, kesalahan kecil dalam menyikat gigi dapat menyebabkan sakit gigi hingga tumbuhnya bakteri. Bakteri gigi di mulut membawa beberapa penyakit lain seperti kanker pankreas, ginjal, dan lain lain. Sebab itu, yuk, hindari kesalahan saat menyikat gigi berikut ini:

1. Menyikat Gigi Terlalu Sebentar
Tanpa disadari, Anda mungkin tidak pernah menyikat gigi lebih dari dua menit, bahkan parahnya ada yang tidak sampai semenit. Richard H.Price, DMD, penasihat konsumen untuk American Dental Asssociation menganjurkan untuk menghabiskan 30 detik di setiap bagian gigi.

2. Menyikat Gigi Terlalu Keras
Jangan menyamakan sikat gigi dengan membersihkan kerak yang lengket pada punggung panci. Menggosok gigi terlalu keras dapat merusak jaringan gusi yang menyebabkan merosot longgar bahkan dapat memperlihatkan sebagian akar gigi. Mengerikan bukan? Maka dari itu, sikatlah gigi perlahan tanpa memberikan tekanan yang keras.

3. Asal Gosok
Ternyata menyikat gigi tidak boleh asal gosok. Supaya proses penyikatan gigi maksimal, sebaiknya lakukan hal ini. Pegang sikat gigi dan tempatkan di ujung pada kepala sikat 45 derajat melawan garis gusi. Sikat dengan sapuan memutar dan pendek. Kemudian gunakan cara yang sama untuk barisan gigi kanan dan kiri, lalu atas dan bawah.

Dilanjutkan dengan sikat gigi bagian depan dengan posisi bulu sikat vertikal dengan gerakan melingkar kecil. Finally, sikat lidah Anda guna mengikis plak yang ada pada permukaan lidah.

4. Langsung Berkumur Setelah Menyikat

Sesudah menyikat gigi, seharusnya jangan langsung berkumur tetapi ludahkan terlebih dulu busa sikat gigi. Berkumur akan membilas konsentrasi fluorida sehingga dapat mengurangi efek pasta gigi.

5. Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan

Sebaiknya tunggu hingga 30 menit setelah selesai makan. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan gigi. Makanan yang mengadung asam seperti lemon dapat melemahkan enamel gigi. Kandungan asam pun bisa menyerang gigi. Bahkan menyikat gigi terlalu cepat mampu mempercepat proses pengikisan. Oleh karena itu Anda malahan bisa merasakan sakit gigi.

6. Salah Pilih Sikat Gigi
Sebaiknya ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Kita tidak akan pernah sadar jika sikat gigi yang dipakai sudah kusut, kasar, dan bulu sikat tidak mengarah ke arah yang benar. Selain melakukan perawatan gigi dasar dengan menyikat gigi yang benar, kita juga harus konsultasi dan melakukan perawatan ke dokter gigi. Dengan perawatan gigi yang tepat, maka kita pun akan terhindar dari sakit gigi.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates