Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Gejala Awal Alzheimer

Ketahui Gejala Awal Alzheimer

Ketahui Gejala Awal Alzheimer

Ketahui Gejala Awal Alzheimer

Ketahui Gejala Awal Alzheimer

Ketahui Gejala Awal Alzheimer – Alzheimer adalah suatu jenis penyakit yang banyak menyerang pada seseorang dengan lanjut usia. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan alzheimer juga akan terjadi pada usia yang relatif lebih muda. Penyakit Alzheimer merupakan suatu kondisi gangguan pada psikologis yang akan mengakibatkan penderitanya bisa kehilangan kemampuan dalam psikisnya mulai untuk mengingat, dalam berkonsentrasi, perubahan terhadap mood dan lain sebagainya.Biasanya Alzheimer berkaitan dengan faktor lain misalnya faktor usia, penyakit batang otak, serta keadaan kejiwaan sebagai akibat suatu peristiwa tertentu di dalam hidupnya. Gejala awal timbulnya penyakit Alzheimer akan sulit dideteksi, dengan demikian memerlukan penelitian serta diagnosa dengan bertahap yang dapat bergantung terhadap gejala dalam setiap rentang waktunya. Berikut merupakan gejala awal penyakit Alzheimer diantaranya:

1. Perubahan Mood
Perubahan terhadap mood atau perasaan sebetulnya menjadi tanda paling awal pada penderita Alzheimer khususnya dengan usia yang masih muda. Perubahan terhadap mood bisa berdampak akan seringnya marah ataupun temperament, akan mudah menyerah, serta seringkali akan merasa sendiri.

2. Hilang Ingatan
Hilang ingatan dapat dikatakan sejenis amnesia singkat yang akan dialami pada penderita Alzheimer. Kondisi hilang ingatan akan terjadi yaitu lupa akan percakapan, lupa dengan sebuah aturan ataupun perintah.

3. Kesulitan Konsentrasi
Penderita Alzheimer akan cukup sulit apabila disuruh untuk berkonsentrasi. Hal tersebut bahkan seringkali akan terjadi pada saat dirinya tidak dapat mengenali jumlah uang, mengenali angka, bahkan pada kalimat yang diungkapkan oleh seseorang. Tanda ini dapat disertai dengan adanya perubahan gaya komunikasi yang menjadi sulit untuk diajak bicara.

4. Gangguan Penglihatan
Khusus untuk gejala awal Alzheimer dapat ditemukan dengan usia lanjut atau lebih dari 50 tahun. Penyakit Alzheimer akan menyerang saraf motorik dan menyerang saraf yang dekat dengan batang otak termasuk yakni menyerang saraf penglihatan. Oleh sebab itu, penderitanya dapat mengalami gangguan pada penglihatan yang dapat meningkat gejalanya pada saat pagi serta malam hari.

5. Sering Lupa
Penyakit Alzheimer akan menyerang hampir 70% pada kemampuan otak, dengan demikian banyak penderitanya akan mengalami alpa misalnya lupa dengan teman, saudara, dan tindakan yang baru dilakukannya.

6. Minder
Efek minder ataupun perubahan pada suasana hati akan sangat terlihat pada seseorang yang mengalami Alzheimer. Banyak penderitanya lebih memilih agar berjalan sendiri bahkan terdapat yang menarik diri pada sebagian hobinya.

7. Gangguan Motorik
Gangguan motorik merupakan kemampuan yang kurang untuk menentukan sikap, untuk mengambil keputusan dan untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan perintah dari otak. Perbedaan tindakan dengan perintah dari otak merupakan gejala Alzheimer yang banyak dialami pada seseorang dengan usia lanjut.

8. Enggan Bersih
Banyak dijumpai pada penderita Alzheimer akan menjadi berubah drastis terhadap tingkah lakunya. Satu diantaranya yakni jorok serta enggan membersihkan apa yang ada disekitarnya, bahkan untuk kehidupan pribadinya misalnya menggosok gigi, mandi, dan semua hal yang berhubungan dengan kebersihan.

9. Tidak Nafsu Makan
Nafsu makan yang mejadi berkurang merupakan salah satu gejala dari kondisi Alzheimer yang harus diwaspadai. Terdapat dua kemungkinan yang dapat mengakibatkan seseorang dengan kondisi alzheimer menjadi kurang nafsu makan yakni perasaan atau terjadi perubahan mood serta efek amnesia yang dialminya. Oleh sebab itu, sebetulnya penderita memerlukan penanganan serta pengawasan yang penuh agar dapat terhindar dari sesuatu yang dapat merugikan termasuk lupa untuk makan dan juga minum yang dapat berdampak semakin menurunnya keadaan kesehatan pada penderitanya.

10. Delusi
Delusi atau disebut dengan kecurigaan yang berlebihan akan selalu dialami pada penderita Alzheimer selama sepanjang waktu. Keadaan tersebut akan mengakibatkan dirinya bisa menjadi takut, mengalami paranoid, serta akan menarik diri dari lingkungan. Hal tersebut dapat berdampak fatal jika tidak segera dilakukan penenganan, sebab kecurigaannya tersebut bisa menjadi gangguan untuk siapapun yang hidup dengannya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates