Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makan Pedas Sebelum Olahraga, Bermanfaat Atau Malah Bahaya?

Makan Pedas Sebelum Olahraga, Bermanfaat Atau Malah Bahaya?

Makan Pedas Sebelum Olahraga, Bermanfaat Atau Malah Bahaya?

Makan Pedas Sebelum Olahraga, Bermanfaat Atau Malah Bahaya?

Makan Pedas Sebelum Olahraga, Bermanfaat Atau Malah Bahaya?

Makan Pedas Sebelum Olahraga, Bermanfaat Atau Malah Bahaya? – Ada yang mengatakan mengkonsumsi makanan yang pedas sebelum olahraga dapat menolongmu membakar lebih banyak lemak dan juga membentuk otot lebih cepat. Pasalnya, makanan pedas diyakini bisa mempercepat proses metabolisme. Namun, apa kata para ahli soal hal ini? Benarkah makan pedas sebelum olahraga baik untuk menurunkan berat badan dan membentuk otot? Atau jangan-jangan cuma mitos belaka? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini?

Benarkah makanan pedas bisa mempercepat metabolisme?
Sudah dari lama peneliti mempelajari dampak yang timbulkan makanan pedas untuk metabolisme tubuh. Metabolisme sendiri merupakan proses pengolahan sumber pangan jadi energi. Dirangkum dari berbagai penelitian, makanan pedas memang bisa memberikan efek yaitu proses metabolisme jadi lebih cepat hingga delapan persen.
Ini lantaran makanan pedas dari cabai atau paprika mengandung zat bernama capsaicin. Capsaicin adalah kandungan alami yang memberikan efek peningkatan suhu tubuh. Maka tubuh pun akan lebih cepat membakar kalori.

Dengan metabolisme yang lebih cepat, tubuh pun bisa menghasilkan lebih banyak energi untuk membentuk otot. Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat ini Anda harus makan cabai dalam porsi yang sangat banyak. Maka, meskipun makan pedas bisa mempercepat metabolisme, efeknya tidak akan terlalu terasa bagi tubuh Anda.

Bolehkah makan pedas sebelum olahraga?
Meskipun cabai punya manfaat baik bagi metabolisme Anda, sebaiknya hindari makan pedas sebelum olahraga. Ini karena manfaat yang Anda dapatkan mungkin tak sebanding dengan risiko-risiko yang mungkin muncul akibat makan pedas sebelum olahraga. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Dehidrasi
Seperti dijelaskan di atas, kandungan capsaicin dalam makanan pedas bisa berefek pada peningkatan suhu tubuh. Inilah mengapa setelah makan pedas, Anda pasti merasa gerah dan panas.

Untuk menurunkan suhu tubuh, badan Anda akan memproduksi keringat. Tanpa makan pedas saja Anda pasti sudah banyak berkeringat saat olahraga. Maka, makan pedas sebelum olahraga berisiko membuat Anda kehilangan banyak sekali cairan lewat keringat. Hal tersebut bisa memicu dehidrasi. Dehidrasi berlebihan dapat membuat Anda kehilangan kesadaran (pingsan).

2. Refluks asam lambung

Makan pedas memang tak dapat mengakibatkan refluks asam lambung (maag). Tetapi, kalau Anda punya penyakit ini, makan pedas sebelum olahraga bisa memicu asam lambung naik ke kerongkongan hingga menyebabkan dada sesak dan nyeri. Bukannya membentuk otot dan menurunkan berat badan, Anda malah jadi tak bisa berolahraga karena refluks asam lambung kumat.

3. Diare

Kandungan capsaicin dalam cabai tidak mudah dicerna oleh tubuh. Oleh karenanya, kandungan ini bisa terjebak dalam usus dan mengakibatkan iritasi. Makanan yang tadi Anda konsumsi pun akan cepat keluar lagi sebelum dicerna dengan sempurna oleh usus. Inilah yang disebut dengan diare.

Diare tentu akan sangat mengganggu aktivitas olahraga Anda. Jadi, sebaiknya hindari makan pedas sebelum olahraga. Jika Anda memang mau makan pedas, tentunya Anda memberi jeda paling tidak empat jam sebelum berolahraga.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates