Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Memanfaatkan Air Beras Untuk Kecantikan

Memanfaatkan Air Beras Untuk Kecantikan

Memanfaatkan Air Beras Untuk Kecantikan

Memanfaatkan Air Beras Untuk Kecantikan

Memanfaatkan Air Beras Untuk Kecantikan

Memanfaatkan Air Beras Untuk Kecantikan – Akhir-akhir ini, begitu banyak brand kecantikan ternama yang memakai air beras dalam produknya. Manfaat air beras bagi kecantikan, terutama dalam mencegah penuaan, memang sudah lama dikenal. Tetapi, ketimbang membeli produk mahal, kenapa Anda tidak memakai air beras sendiri saja di rumah?

Beras kaya akan vitamin E dan mempunyai sifat perbaruan sel dan jaringan. Beras juga tinggi akan kandungan asam linoleat, asam lemak omega-6 esensial yang membantu proses penyembuhan luka dan elastisitas kulit, squalene juga ditemukan dalam minyak hati ikan hiu, serta bayam dan zaitun yang diperlukan untuk sintesis berbagai hormon tubuh, dan vitamin D.

Mencuci rambut Anda dengan air beras akan mempermudah mengelola rambut dan melindunginya dari kerusakan di masa depan. Bukan hanya itu, asam amino dalam air beras mampu membaut akar rambut lebih kuat, menambah volume dan kemilau, dan bahkan membuat rambut mulus dan tidak kusut.

Bukan cuma pada rambut, air beras juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Beras mengandung antioksidan alami seperti vitamin C dan A, fenolik, dan senyawa flavonoid, yang dapat meminimalkan kerusakan radikal bebas dari usia, matahari, dan lingkungan. Kalau jejak-jejaknya masih tertinggal di dalam kulit, air beras bisa dipercaya menawarkan perlindungan ringan dari sinar matahari. Beras juga memiliki sifat yang membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, mencegah atau memudarkan bintik-bintik hitam terkait usia, dan meringankan peradangan untuk memberikan tampilan kulit sehat, melembapkan dan mencerahkan kulit. Efek pendinginan dan menenangkan dari beras pada kulit, air beras sering diresepkan sebagai salep yang efektif untuk mendinginkan kulit yang meradang.

Air beras berbeda dengan air cucian beras
Anda pernah mendengar kalau air bekas Anda mencuci beras ialah air beras, namun itu tidak semuanya betul. Anda dapat menggunakan air tersebut, namun manfaatnya tidak akan persis sama seperti jika Anda menggunakan air bekas rebusan beras (yang bisa diperoleh saat Anda menanak nasi putih untuk teman lauk makan siang).

Cara menggunakan air beras untuk kecantikan
Untuk menggunakan air beras, kukus beras seperti biasa. Hanya saja, tambahkan sedikit air lebih banyak dari yang diperlukan untuk proses penyerapan. Anda dapat menggunakan air minum botolan atau air suling dari keran. Jangan tambahkan garam atau gula. Yang kita perlukan adalah sari pati beras, bukan bahan-bahan tambahan lainnya. Kukus beras hingga tanak, selama 20-30 menit, sampai air rebusan terlihat berwarna putih susu.

Ketika waktu memasak selesai, saring kelebihan air dan biarkan mendingin. Penting untuk diingat, selalu dinginkan air beras setiap kali Anda membuat “kloter” baru dan sebelum menggunakannya langsung pada kulit, karena suhu panas air mungkin akan membakar atau menyebabkan ruam kemerahan pada kulit.

Sekarang, Anda memiliki air rebusan beras segar. Apa yang dapat dilakukan dengan air tersebut?

1. Toner kulit

Air rebusan beras menjadi salah satu cara toner wajah yang sangat baik sebab kandungan nutrisi di dalamnya efektif membantu menjaga kulit tetap halus dan cerah berseri. Air rebusan beras kesukaan para Geisha Jepang ini pun menolong menyembuhkan jerawat dan mendinginkan kemerahan yang disebabkan oleh infeksi jerawat. Air beras bertindak sebagai astringent kulit untuk mengencangkan pori-pori.

Rendam kapas secara menyeluruh dalam air beras dan oleskan merata di seluruh wajah Anda (khususnya pada area yang bermasalah, seperti jerawat atau eksim), pagi dan sore hari. Tidur malam setelah mengoleskan toner air beras segar dipercaya  meningkatkan manfaatnya. Biarkan wajah Anda kering secara alami.

2. Kondisioner rambut
Sebagai perawatan rambut, air rebusan beras dikatakan sangat mengkondisikan dan melembutkan rambut sehingga lebih mudah dikelola dan tampak lebih sehat. Setelah keramas dan mengaplikasikan kondisioner seperti biasa, bilas rambut secara menyeluruh dengan air beras dalam jumlah besar sebagai langkah terakhir. Gunakan air beras sebagai pembilas rambut 1-2 kali seminggu untuk hasil terbaik.

3. Masker rambut
Untuk mendapatkan rambut halus mengkilap tanpa takut kusut, gunakan air rebusan beras sebagai masker rambut mingguan Anda. Cuci rambut bersih dengan air beras, pastikan benar-benar menyerap di setiap helai rambut dan kulit kepala. Tunggu dan diamkan hingga 20 menit sebelum membilas dengan air bersih. Kemudian, lanjutkan dengan shampoo dan kondisioner seperti biasa.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates