Monday , 21 August 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Usaha Gula Kapas

Peluang Usaha Gula Kapas

Peluang Usaha Gula Kapas

Peluang Usaha Gula Kapas

Peluang Usaha Gula Kapas

Peluang Usaha Gula Kapas – Gula kapas memang sering dikenal juga dengan nama arum manis. Cita rasa dari gula kapas yang terbuat dari gula tentunya memipunyai rasa manis sehingga disukai oleh banyak anak-anak. Tidak hanya anak-anak saja yang menggemari atau menyukai gula kapas melainkan juga berbagai kalangan masyarakat sampai orang dewasa masih menyukai atau menggemari gula kapas. Untuk mendapatkan gula kapas pada saat ini lebih mudah diperoleh di tempat-tempat ramai seperti misalnya pasar malam, lalu alun-alun kota, dan juga acara event. Warna dari gula kapas dibuat dengan lebih menarik supaya bisa membuat berbagai kalangan dari masyarakat lebih menyukainya. Warna-warna olahan gula kapas dibuat dengan berbagai warna yang mencolok seperti misalnya warna kuning, pink, biru, dan masih banyak lagi. Bisnis gula kapas memang sudah banyak dijalankan oleh beberapa pembisnis atau pengusaha. Meskipun demikian prospek dari usaha gula kapas tetap bisa selalu menjanjikan. Memulai bisnis usaha gula kapas tidak dibutuhkan modal yang tergolong begitu lumayan besar.

Mengenali gula kapas lebih dalam
Bagi Anda yang ingin mencoba untuk menjalankan bisnis usaha gula kapas sebaiknya harus bisa memahami lebih dalam mengenai apa itu gula kapas. Bila Anda sudah mengenali makanan yang sudah Anda jalani tentunya akan bisa lebih mudah untuk dapat mengembangkannya. Gula kapas adalah olahan makanan yang tidak dapat disimpan dalam keadaan terbuka. Untuk itu segera lakukan yang namanya pengemasan jika proses pembuatan gula kapas tersebut sudah selesai.

Menyiapkan modal
Modal adalah biaya yang diperlukan ketika ingin mencoba menjalankan suatu bisnis usaha. Modal bermacam-macam dan juga tidak harus selalu berupa uang. Namun untuk bisa menjalankan bisnis usaha gula kapas diperlukan yang namanya modal keterampilan dan juga modal uang. Modal uang yang dibutuhkan akan amat tergantung dari skala bisnis usaha yang dijalankan. Bila dalam menjalankan bisnis usaha gula kapas dilakukan dengan cara menggunakan mesin usaha tentunya modal yang diperlukan akan lumayan besar. Harga dari mesin bisnis usaha yang digunakan untuk bisa membuat suatu gula kapas berkisar sampai dengan Rp. 2 jutaan rupiah. Dengan kebutuhan dari mesin dengan harga tersebut tentunya modal yang diperlukan juga akan lebih dari Rp. 2 juta karena tidak hanya digunakan untuk bisa membeli mesin saja.

Kemasan gula kapas
Telah dijelaskan bila gula kapas tidak dapat dibiarkan ditempat yang terbuka. Untuk itu sebagai seorang pengusaha gula kapas Anda perlu untuk memperhatikan proses pengemasannya. Pengemasan gula kapas sebaiknya dilakukan dengan cara menggunakan plastik yang amattebal. Kemasan juga harus atau perlu benar – benar rapat supaya gula kapas tidak cepat mengempes di dalam jangka waktu yang lama. kemasan plastik yang digunakan dapat dibuat menarik misalnya saja adalah dengan memberi gambar-gambar tokoh kartun.

Penentuan harga
Harga setiap satu bungkus dari kemasan gula kapas sebaiknya jangan atau tidak terlalu mahal. Harga sebaiknya mudah untuk bisa dijangkau oleh masyarakat. Penentuan harga juga tidak dapat terlalu murah namun Anda perlu untuk menyesuaikan dengan harga bahan baku yang Anda gunakan. Bila harga bahan baku gula dari tahun ke tahunnya semakin terus meningkat maka Anda perlu untuk menaikan harga gula kapas. Penaikan dari harga juga jangan amat terlalu drastis dan juga membuat para konsumen tidak mau untuk membelinya. Usahakan untuk bisa menaikan harga dengan secara stabil.

Analisa usaha gula kapas

Investasi
1. Modal untuk gerobak = Rp. 700,000
2. Modal untuk mesin Gulali = Rp. 1,500,000
3. Modal untuk stik bamboo = Rp. 50,000
4. Modal untuk meja dan kursi = Rp. 200,000

Biaya operasional
1. Biaya untuk plastic = Rp. 90,000
2. Biaya untuk listrik = Rp. 100,000
3. Biaya untuk gula pasir = Rp. 60,000
4. Biaya untuk pewarna = Rp. 20,000
5. Biaya bahan = Rp. 50.000 ribu x 30 hari = Rp. 1.500.000/ bulan
Total biaya operasional = 1.770.000

Penjualan
Penjualan = Rp. 90.000/hari x 30 hari = Rp. 2.700.000/bulan

Keuntungan
Keuntungan = Rp. 2.700.000 – Rp. 1.770.000 = Rp. 930.000/bulan

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates