Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Utama Tumit Sakit

Penyebab Utama Tumit Sakit

Penyebab Utama Tumit Sakit

Penyebab Utama Tumit Sakit

Penyebab Utama Tumit Sakit

Penyebab Utama Tumit Sakit – Sakit yang terasa pada kaki bagian tumit ini sering sekali dihubungkan dengan gejala-gejala timbulnya asam urat. Sakit yang dirasakan karena terbiasa berdiri terlalu lama atau menahan beberapa beban di kaki yang bertumpuan berat pada tumit.

Setiap kali ada yang merasakan sakit pada tumitnya dan mengeluhkan hal tersebut, orang yang mendengar tentu akan menjawab dengan tegas kalau faktornya ialah karena asam urat. Tetapi, benarkah yang menyebabkan tumit dapat terasa sakit? Kaki kita terdiri dari susunan beberapa tulang.

Dari beberapa tulang yang tersusu pada kaki, tulang terbesar ialah tulang tumit. Setiap orang mempunyai tonjolan di tempat melekatnya tendon atau biasa dikatakan dengan urat otot. Dapat dikatakan bahwa tendon adalah pangkal dan akhir dari otot. Bisa dikatakan bahwa tendon berperan sebagai enyambung antara tulang yang satu dengan tulang lainnya. Keterkaitan antara tulang-tulang inilah yang membuat kita dapat melakuak sebuah gerakan tulang karena adanya persendian yang kita punya. Ini pula yang menyebabkan kita dapat melakukan banyak sekali kegiatan.

Begitu pula dengan tumit, tumit kita memiliki banyak tendon. Dan sadarkah kita bahwa tumit adalah tempat bertumpu? Disaat kita dalam kondisi berdiri, semua beban tubuh kita tertumpu pada tumit. Entah kita hanya sekedar berdiri, akan melangkah atau benar-benar berjalan, semuanya ditopang oleh bagian tubuh yang diberi nama telapak kaki. Tumit sakit bisa disebabkan oleh bermacam hal. Misalnya karena kadar asam urat dalam darah kita terlalu tinggi. Naht, hal ini akan mengakibatkan muncul dan terbentuknya endapan ataupun menimbunnya Kristal asam urat. Dan hal itu yang menyebabkan rasa sakit pada kaki kita adalah Kristal-kristal tersebut. Apabila dibiarkan dan mengendap terlalu lama, maka endapan itu akan membentuk benjolan yang diberi nama tophus atau nama lainnya adalah tophi.

Bukan hanya disebabkan karena kadar asam urat. Penyebab lainnya juga memungkinkan timbulnya sakit tumit. Apabila munculnya tonjolan atau benjolan pada tumit kita, keadaan itu pun dapat dijadikan sebuah penyebab tumit terasa sakit. Sakit itu disebabkan benjolan yang muncul dengan urat-urat yang menghubungkannya mengalami tekanan. Sakit tumit juga bisa disebabkan karena kondisi tubuh. Berat badan yang melebihi betas normal juga bisa menyebabkan tumit sakit karena tumit akan menahan beban yang besar. Terlalu sering bahkan terbiasa memakai sepatu berhak tinggi pun merupakan salah satu penyebabnya. Gaya beban yang ditimbulkan dari pemakaian sepatu hak tinggi mengakibatkan telapak kaki, terutama tumit mengalami sakit.

Ada lagi penyebab sakit tumit, yaitu pengapuran tanpa keropos tulang tumit serta osteoporosis dan pengapuran tulang tumit. Dengan begitu dapat kita ketahui bahwa kadar asam urat bukanlah satu-satunya penyebab terjadinya tumit sakit.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates