Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Simak Hal Aneh Dilakukan Tubuh Selama Tidur

Simak Hal Aneh Dilakukan Tubuh Selama Tidur

Simak Hal Aneh Dilakukan Tubuh Selama Tidur

Simak Hal Aneh Dilakukan Tubuh Selama Tidur

Simak Hal Aneh Dilakukan Tubuh Selama Tidur

Simak Hal Aneh Dilakukan Tubuh Selama Tidur – Apa yang ada dalam pikiran Anda tentang tidur? Biasanya sih, jika tidak terbangun gara-gara kebelet pipis atau kelaparan, tidur malam erat kaitannya dengan mata yang tertutup rapat, mimpi indah, dan mungkin.. jejak liur yang mengering di pipi. Tapi saat kita lagi tidur, tubuh sebenarnya melakukan banyak hal aneh yang bisa bikin Anda garuk-garuk kepala keheranan.

Apa yang terjadi pada tubuh saat kita lagi tidur?

Meski mungkin akan terdengar menyeramkan, jangan khawatir semua ini normal.

1. Suhu tubuh menurun
Tepat sebelum Anda tertidur, suhu tubuh inti Anda mulai menurun. Penurunan suhu tubuh ini memerintahkan otak untuk melepaskan melatonin, yang memengaruhi ritme sirkadian Anda (siklus tidur-bangun) dan memberi tahu tubuh bahwa ini saatnya untuk tidur.

Ketika proses tidur REM, alias tahapan tidur paling nyenyak, suhu tubuh dapat menurun hingga 2 derajat. Biasanya tubuh Anda akan menggigil saat kedinginan di waktu Anda terjaga, tapi selama tidur REM, tubuh kehilangan kemampuannya untuk mengatur suhu, dan sampai saat ini alasannya belum diketahui pasti.

2. Detak jantung, pernapasan, tekanan darah menurun

Ketika Anda lagi tidur, tubuh tidak perlu untuk bekerja keras atau memompa banyak darah sebanyak saat Anda terjaga sehingga sistem ini melambat termasuk pula pernapasan. Untuk orang yang tergolong sehat dan bugar, tekanan darah bisa menurun hingga 5-7 poin saat sedang tidur. Tekanan darah merosot di malam hari saat kita terlelap agar otot-otot jantung dan sistem pernapasan memiliki waktu rehat untuk memperbaiki diri.
Ini terutama penting untuk orang dengan tekanan darah tinggi untuk mendapatkan setidaknya tujuh jam tidur malam untuk mengalami penurunan tekanan darah sementara ini, demi mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Tubuh Anda lumpuh total

Bayangan tubuh lumpuh total ialah mimpi buruk untuk semua orang. Naum inilah yang benar-benar dilakukan tubuh ketika sedang tidur. Selama fase tidur REM, Anda tidak akan bisa menggerakkan satu ototpun, kecuali otot-otot yang mengendalikan mata dan sistem pernapasan. Tujuannya adalah untuk menjaga Anda dari memerankan gerak-gerik tubuh yang Anda sedang lakukan di alam mimpi yang bisa berbahaya untuk diri Anda sendiri atau pasangan tidur di sebelah Anda. Kelumpuhan ini bersifat sementara, tapi dapat bertahan hingga sekitar 20 menit.

4. Merasa ingin jatuh

Pernah mengalami sensasi bermimpi seperti terjatuh ke dalam jurang sehingga mengagetkan Anda terbangun di tengah malam? Anda tidak sendirian. Perasaan aneh yang membuat deg-dengan ini diketahui sebagai sentakan hipnagogik.

Biasanya ketika Anda bermimpi, tubuh Anda lumpuh tak bergerak. Sentakan hipnagogik adalah kejang otot bawah sadar yang terjadi selagi seseorang tertidur. Tapi kadang Anda bisa mulai bermimpi duluan sebelum tubuh Anda benar-benar “mati”. Sensasi terjatuh dari tebih atau terjun bebas dari angkasa terjadi karena tubuh kebingungan masih berada di masa transisi antara terjaga dan tidur lelap.

Para peneliti tidak yakin apa yang menyebabkan sensasi jatuh ini, tapi sentakan hipnagogik lebih mungkin terjadi ketika Anda tidur dalam keadaan sangat lelah, kurang tidur, atau stres. Beberapa keadaan ini mengakibatkan otak ingin cepat-cepat tidur, namun tubuh ketinggalan jauh untuk menyamai kecepatan otak.

5. Tubuh melaparkan diri

Saat kita lagi tidur, sistem pencernaan tubuh terus mengatur kadar hormon lapar leptin dan ghrelin. Leptin membantu menghambat rasa lapar dan mengatur keseimbangan energi, sementara ghrelin kebalikannya: merangsang nafsu makan dan mengendalikan pelepasan insulin.
Ketika kita kurang tidur, ini menyebabkan keseimbangan kedua hormon tersebut jadi berantakan. Sebab itulah mengapa kebanyakan orang sesudah tidur larut malam bisa rakus meraih sarapan yang tinggi kalori ketika bangun pagi.

6. Anda bisa bicara, berjalan, atau bahkan mengemudi saat lagi tidur

Tidur sambil berjalan, mengemudi, atau mengigau disebut dengan gangguan tidur parasomnia. Tapi untungnya, sebagian besar kasus parasomnia tidak berbahaya. Begitu banyak parasomnia terjadi pada tahap tidur ketiga alias ketika tidur sedang nyenyak-nyenyaknya, yang mengakibatkan orang-orang ini akan sulit untuk dibangunkan (namun, aman untuk dilakukan). Mengigau atau tidur sambil berjalan biasanya diakibatkan karena kurang tidur atau efek samping dari obat-obatan tertentu.

7. Tubuh tambah tinggi

Bahkan apabila jatah tinggi badan Anda sudah mentok, tubuh sebenarnya tidak berhenti bertumbuh membangun sel otot sesudah olahraga sampai penyembuhan luka. Naht, saat kita lagi tidur nyenyak, tubuh melepaskan sejumlah hormon pertumbuhan yang kita butuhkan sepanjang hidup, bukan hanya selama masa tumbuh kembang.

Selain itu, selama kita tidur cakram di tulang belakang yang bertindak sebagai bantalan antara tulang merehidrasi diri dan jadi membesar karena berat tubuh Anda tidak lagi menekan mereka seperti ketika Anda sedang berdiri. Jika kasur Anda cukup keras, posisi tidur meringkuk layaknya bayi adalah posisi terbaik demi menambah tinggi badan karena ini mengurangi beban pada punggung Anda.

8. Kulit jadi lebih sehat dan indah

Setiap jaringan dalam tubuh dibarui lebih cepat ketika kita sedang tidur ketimbang selama kita terjaga. Begitu juga dengan kulit. Selama kita sibuk bermimpi, kulit memproduksi lebih banyak sel baru dan memperlambat pemecahan protein sehingga mendorong proses regenerasi kulit yang lebih besar. Tapi efek ini hanya bisa dicapat lewat tidur malam. Energi yang dibutuhkan untuk perbaikan jaringan tidak tersedia selama siang hari karena sedang digunakan di tempat lain.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates