Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Efek Samping Biji Mahoni terhadap Kesehatan

Efek Samping Biji Mahoni terhadap Kesehatan

Efek Samping Biji Mahoni terhadap Kesehatan

Efek Samping Biji Mahoni terhadap Kesehatan

Efek Samping Biji Mahoni terhadap Kesehatan

Efek Samping Biji Mahoni terhadap Kesehatan – Mahoni selain kayu nya dapat digunakan untuk furniture, biji mahoni juga memiliki banyak manfaat berkat kandungan yang terkandung di dalamnya. Biji mahoni memiliki rasa yang pahit. Akan tetapi, di balik rasanya yang pahit biji mahoni memiliki khasiat sebab mengandung flavonoid serta saponin. Efek samping biji mahoni adalah efek buruk yang diakibatkan karena sudah mengkonsumsinya dengan jumlah berlebihan serta tidak sesuai dengan aturan.

Biji mahoni mempunyai dua jenis zat kimia yang sudah terkenal dapat menyehatkan pada jaringan organ internal tubuh, berikut diantaranya:
1.    Zat Flavonoid aktif
Kandungan flavonoidnya yang sangat tinggi dalam biji mahoni dapat menjaga kelancaran peredaran darah di seluruh bagian tubuh. Kandungan flavonoid yang terdapat dalam biji mahoni dapat mengurangi penumpukan kolesterol serta kandungan tersebut juga dapat menghancurkan pengendapan lemak jenuh di dalam darah, dapat menghentikan pendarahan pada luka yang terbuka, yang mengakibatkan peradangan serta mempunyai kemampuan untuk menghambat radikal bebas yang buruk, berasal dari lingkungan berpolusi yang sudah masuk ke dalam tubuh.

2.    Zat saponin aktif
Biji mahoni memiliki kandungan zat saponin yang cukup kuat serta aktif untuk mencegah kenaikan kadar gulam dan juga dapat mempertahankan kestabilan fungsi hati dan dapat memblokir proses pengkristalan darah dan juga cepat untuk meningkatkan imunitas seseorang yang sedang mengalami sakit ataupun pasca operasi.

Biji mahoni bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara, diantaranya:
1.    Biji mahoni dihaluskan serta dengan menambahkan air matang yang masih dalam kondisi panas.
2.    Bisa dikonsumsi langsung dengan mengupas  kulitnya terlebih dahulu.
3.    Bisa diperoleh dengan bentuk suplemen yakni dengan kemasan serbuk instan, Kapsul ataupun minyak essensial yang sudah dikemas rapih serta siap dikonsumsi yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai aturan.

Harus diketahui dengan mengkonsumsinya yang tidak sesuai dengan aturan bahwa biji mahoni dapat memberikan efek samping yang dapat mengganggu aktivitas sehari – hari, diantaranya:
1.    Peningkatan kolesterol
Biji mahoni yang dimakan dengan sembarangan atau dalam jumlah yang berlebihan bisa mempermudah dalam peningkatan jumlah pengendapan kolesterol di dalam kantung empedu serta dapat  mempermudah untuk membentuk batu empedu yang apabila dibiarkan dapat mengalami pembesaran secara cepat.

2.    Tekanan darah menurun
Efek samping biji mahoni  jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak sesuai dengan aturan, akan meningkatkan potensi gangguan pada tekanan darah dimana tekanan bisa mengalami penurunan. Biji mahoni akan lebih cocok dikonsumsi untuk penderita dengan tekanan darah tinggi yang akut.

3.    Ginjal bermasalah
Zat saponin serta kandungan flavonoid yang tinggi apabila terlalu banyak ada di jaringan ginjal bisa mengganggu fungsinya dengan demikian ginjal akan mengalami kehilangan kemampuannya untuk mengendalikan cairan tubuh dengan normal.

4.    Ulu hati nyeri
Mengkonsumsi biji mahoni yang sudah dikemas dengan bentuk serbuk instan ataupun kapsul seharusnya disesuaikan dengan peraturan yang sudah tercantum di dalam kemasan atau mengkonsumsinya dengan tidak melebihi 150 mg dalam satu harinya sebab bisa mengakibatkan ulu hati akan mengalami rasa nyeri. Zat saponin dan juga flavonoid dengan berlebihan di dalam ulu hati maka akan berpotensi memberikan efek samping yang berupa tekanan saraf – saraf yang terdapat di seputar ulu hati dengan demikian ulu hati akan terasa nyeri serta akan terasa tidak nyaman.

5.    Kerusakan pembuluh darah
Apabila dalam pembuluh darah ada banyak flavonoid serta zat saponin yang tidak tersebar dengan merata ke seluruh jaringan tubuh karena tubuh mengalami kekurangan cairan, sehingga dapat merusak dinding pembuluh darah mengakibatkan tubuh akan kehilangan keseimbangan serta mengakibatkan aliran darah yang berisi oksigen dapat menjadi terhambat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates