Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Batuk Berdarah

Faktor Penyebab Batuk Berdarah

Faktor Penyebab Batuk Berdarah

Faktor Penyebab Batuk Berdarah

Faktor Penyebab Batuk Berdarah

Faktor Penyebab Batuk Berdarah – Batuk disertai dengan berdarah tidak boleh dianggap sepele, sebab batuk berdarah adalah suatu indikasi dari keadaan penyakit yang cukup bahkan sangat serius. Batuk yang disertai dengan darah ini harus segera diketahui faktor penyebabnya serta juga harus segera memperoleh penanganan yang tepat dan juga cepat. Batuk berdarah adalah salah satu gejala dari penyakit TBC atau Turbekulosis.Terdapat banyak hal yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami batuk berdarah, untuk bisa mengobatinya dengan demikian terlebih dahulu harus mengetahui faktor penyebab batuk berdarah. Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan batuk berdarah yang harus diantaranya:

1. Infeksi
Faktor penyebab utama terjadinya batuk berdarah yakni adanya suatu infeksi. Infeksi tersebut terdapat di bagian saluran pernafasan. Infeksi pada saluran pernafasan ini yang dapat mengakibatkan timbulnya berbagai jenis penyakit, salah satunya yakni TBC, bronchitis, abses paru, pneumonia, serta masih banyak jenis penyakit lainnya. Tingkat untuk sembuh pada penderita batuk yang disertai darah apabila masih pada tahap infeksi masih dapat disembuhkan dalam waktu yang cepat, akan tetapi pada saat sudah terjadi penyakit yang lainnya dengan demikian untuk dapat menyembuhkannya akan cukup sulit serta membutuhkan waktu yang lama.

2. Tumor
Batuk yang disertai darah dapat diakibatkan karena terdapat tumor. Tumor tersebut nempel dalam organ paru – paru yang disebut dengan tumor karsinoma paru.

3. Bronkitis
Hal yang mengakibatkan seseorang mengalami batuk berdarah yakni adanya penyakit bronkitis. Bronkitis adalah jenis penyakit paru – paru yang harus diwaspadai sebab jenis penyakit menular ini, cukup sulit untuk disembuhkan.

4. Penyakit Kardiovaskular
Salah satu hal yang mengakibatkan seseorang mengalami batuk berdarah yakni akibat adanya penyakit jantung di dalam tubuhnya atau disebut dengan penyakit kardiovaskular. Penyakit tersebut semuanya berkaitan dengan organ jantung yang mengakibatkan dada sakit, penyakit yang mengakibatkan seseorang mengalami batuk berdarah yakni mitral stenosis, aneuremia toraksis, dan maformasi arteriovenous.

5. Radang Paru – Paru
Salah satu faktor penyebab batuk berdarah yakni akibat seseorang mengalami radang paru – paru. Radang tersebut diakibatkan oleh adanya kuman sebagai penyebab penyakit TBC. Orang yang mengalami penyakit TBC alangkah baiknya masuk ke dalam ruangan isolasi supaya tidak dapat menyebar terhadap orang lain. Radang pada organ paru – paru ini pun dapat menular dengan melalui udara. Oleh karena itulah, alangkah baiknya jaga jarak dengan orang yang menderita penyakit paru – paru.

6. Kelainan Pembuluh Darah
Salah satu faktor penyebab seseorang mengalami batuk berdarah yakni adanya kelainan pada pembuluh darah, khususnya pembuluh darah yang terdapa dalam paru – paru. Pembuluh darah yang digunakan sebagai aliran darah apabila mengalami kelainan dapat menyebabkan batuk berdarah.

7. Kanker Paru – Paru
Batuk yang disertai darah dapat diakibatkan karenya mengalami penyakit kanker paru – paru, pada saat seseorang menderita batuk yang disertai darah, yang pertama harus dilakukan yakni melakukan pemeriksaan rontgen di bagian organ paru – paru kemudian melakukan tes di laboratorium.8. Iritasi Tenggorokan
Batuk yang disertai darah dapat diakibatkan karena terdapat iritasi di bagian tenggorokan. Iritasi tersebut dapat diakibatkan oleh mengalami rasa gatal serta mengalami batuk yang tidak sembuh – sembuh selama 2 minggu. Dampaknya gatal tersebut akan membuat iritasi pada tenggorokan, tenggorokan yang mengalami iritasi akan menyebabkan batuk diiringi dengan berdarah.

9. Kelainan Hematologi
Kelainan hematologi dapat menjadi faktor penyebab terjadinya batuk berdarah. Kelainan tersebut seperti seperti disfungsi dari trombosit, DIC atau disserminated intravascular coagulation dan penyakit trombositopenia.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates