Monday , 21 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Tubuh Bungkuk

Faktor Penyebab Tubuh Bungkuk

Faktor Penyebab Tubuh Bungkuk

Faktor Penyebab Tubuh Bungkuk

Faktor Penyebab Tubuh Bungkuk

Faktor Penyebab Tubuh Bungkuk – Punggung dengan bentuk yang membungkuk merupakan hal yang wajar, terutama pada orang – orang yang sudah memasuki usia lanjut. Akan tetapi, masalah bentuk tubuh yang bungkuk ternyata tidak hanya akan dialami pada orang – orang yang sudah memasuki usia lanjut, namun orang – orang yang masih tergolong usia muda juga akan sangat mungkin memiliki bentuk tubuh yang bungkuk.Pada kondisi normalnya, tulang punggung pada manusia berbentuk supaya melengkung di bagian leher, di bagian punggung atas, serta punggung bawah. Bentuk lengkung pada tulang belakang ini akan berguna agar dapat menahan adanya kejutan sebagai akibat guncangan serta untuk menyokong beban dari kepala. Pada saat tulang punggung di bagian atas yang terlalu melengkung serta membentuk tubuh yang menjadi bungkuk, dengan demikian akan mengalami keadaan yang disebut dengan istilah kifosis.

Tubuh dengan bentuk yang membungkuk tidak hanya akan dialami pada seseorang dengan usia lanjut saja. Akan tetapi, seseorang dengan usia muda juga akan mengalami keadaan tersebut. Namun, tubuh dengan bentuk bungkuk pada orang yang belum memasuki usia lanjut masih sangat mungkin dapat diperbaiki.

Adapun beberapa faktor penyebab yang menyebabkan tubuh menjadi bungkuk diantaranya:
1. Osteoporosis
Osteoporosis atau disebut dengan pengeroposan tulang akan sangat rentan dialami pada orang-orang yang sudah memasuki usia lanjut. Osteoporosis akan mengakibatkan penipisan pada tulang dengan demikian akan memungkinkan tubuh dapat mengalami kebungkukan. Tulang belakang yang sudah tergerus serta yang mengalami penipisan bisa dengan mudah untuk melengkung dengan demikian akan menjadi bungkuk. Osteoporosis dapat sangat rentan dialami pada seseorang dengan usia lanjut dan juga wanita.

2. Degenerasi Disk
Di antara susunan pada tulang belakang terdapat disk yang mempunyai bentuk lembut serta memiliki bentuk melingkar. Semakin seseorang berusia tua dengan demikian akan semakin tergerus disk tersebut. Sehingga jangan heran apabila usia tua bisa sangat rentan untuk mempunyai tubuh dengan bentuk bungkuk.

3. Sering Menahan Rasa Sakit
Sering menahan rasa sakit dapat mengakibatkan bentuk tubuh yang bungkuk. Keadaan ini tidak hanya akan dialami pada mereka yang sudah berusia lanjut. Siapapun akan mengalami kondisi ini. Pada saat mengalami rasa sakit di bagian otot punggung, bagian leher, ataupun di bagian tubuh yang lain, sehingga akan cenderung memposisikan tubuh pada kondisi meringkuk. Apabila sering melakukan hal itu dengan demikian lama kelamaan akan menjadi kebiasaan, yang akan membentuk punggung menjadi melengkung.

4. Kekurangan Asupan Nutrisi
Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang lengkap serta nutrisi yang seimbang supaya dapat membantu proses pembentukan otot serta tulang dengan optimal, termasuk untuk pembentukan otot dan juga tulang pada punggung. Apabila kekurangan konsumsi asupan nutrisi misalnya vitamin serta kalsium sehingga akan menyebabkan tulang punggung serta otot tidak cukup kuat serta juga fleksibel dalam membentuk postur tubuh dengan sempurna. Oleh sebab itu, penuhilah konsumsi asupan nutrisi setiap harinya.

5. Faktor Genetik
Walaupun kemungkinannya akan sangat kecil, akan tetapi faktor keturunan atau disebut dengan genetik akan mempengaruhi bentuk tulang. Seseorang yang mempunyai bentuk tubuh yang bungkuk akibat adanya faktor genetik biasanya dapat dideteksi pada saat anak – anak. Pada saat melihat tanda – tanda bahwa anak dapat memiliki tubuh dengan bentuk bungkuk alangkah baiknya segera memeriksakan ke dokter tulang ataupun fisioterapi.

6. Berat Badan Berlebih
Berat badan berlebih atau disebut dengan istilah obesitas dapat menjadi faktor penyebab tubuh menjadi bungkuk. Selain itu, wanita dengan ukuran payudara yang besar akan rentan mempunyai tubuh bungkuk sebab tubuh akan lebih banyak menahan beban pada bagian dada. Sedangkan pada pria yang mempunyai penumpukan lemak berlebih di bagian perut akan sangat mungkin mempunyai bentuk tubuh yang bungkuk.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates