Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Gejala Cidera Engkel dan Upaya Mengobatinya

Gejala Cidera Engkel dan Upaya Mengobatinya

Gejala Cidera Engkel dan Upaya Mengobatinya

Gejala Cidera Engkel dan Upaya Mengobatinya

Gejala Cidera Engkel dan Upaya Mengobatinya

Gejala Cidera Engkel dan Upaya Mengobatinya – Cidera engkel atau sering disebut dengan istilah terkilir merupakan suatu kondisi dimana terjadi cidera pada bagian kaki sebagai akiat keseleo, tidak melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas berat, akibat melakukan suatu gerakan secara tiba – tiba, dan lain sebagainya. Seperti halnya cedera – cedera yang lainnya, kondisi cidera engkel pada umumnya akan terasa nyeri pada saat melakukan tekanan – tekanan tertentu.Berikut merupakan gejala atau ciri – ciri terjadinya cidera pada engkel sebagai berikut:
1. Rasa nyeri dan tidak nyaman
Pada saat seseorang mengalami cedera engkel biasanya dapat merasakan nyeri pada saat mereka melakukan suatu gerakan perpindahan, misalnya berjalan, berlari ataupun melakukan aktivitas – aktivitas fisik yang lainnya dimana aktivitas tersebut akan menekan otot bagian cidera engkel. Cidera engkel yang sudah parah pada saat berdiri biasanya terasa nyeri serta tidak nyaman. Hal tersebut diakibatkan karena terdapat kerusakan di ligamen engkel.

2. Pembengkakan
Salah satu ciri – ciri cidera engkel yakni di bagian kaki yang mengalami cedera dapat terlihat membesar atau akan mengalami pembengkakan. Hal tersebut diakibatkan karena bagian yang mengalami cidera engkel akan mengalami tekanan yang terus – menerus dengan demikian cidera engkel akan semakin parah dan pada akhirnya akan mengakibatkan pembekakan pada bagian tersebut.

3. Rasa sakit
Rasa sakit ini sebetulnya hampir sama dengan kondisi rasa nyeri, rasa sakit ini akan lebih tinggi tingkatnya dibandingkan rasa nyeri,  apabila seseorang menderita cidera engkel serta merasakan sakit yang berlebihan di bagian yang digunakan di daerah tersebut yang sudah semakin parah dengan demikian cidera engkel harus segera dilakukan penanganan.

4. Terdapat ruang kosong dalam sendi
Pada saat seseorang mengalami cedera engkel dengan demikian dapat merasakan terdapat ruangan kosong pada sendi engkel.

Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan agar dapat menyembuhkan cidera engkel sebagai berikut:
1. Istirahat
Beristirahat bisa dilakukan pada saat otot – otot sudah melemah serta mengalami lelah, otot yang lelah bisa dengan mudah mengalami cedera engkel. Dengan demikian sesudah melakukan aktivitas maka dianjurkan untuk beristirahat sejenak, Hal tersebut dilakukan supaya tidak mengalami cidera engkel. Bahkan pada saat sudah mengalami cedera ankle, dengan melakukan istirahat menjadi salah satu upaya yang bisa menyembuhkan cidera engkel.

2. Membalut bagian yang terkena cedera
Membalut pada bagian yang mengalami cedera bisa mengurangi kondisi pembengkakan atau mengalai cidera yang semakin parah. Kaki yang mengalami cidera dapat lebih aman apabila dilakukan suatu pembangunan, balutlah bagian kaki yang mengalami cidera dengan menggunakan kain

3. Mengangkat kaki
Dengan mengangkat kaki dapat mengobati cidera engkel, akan tetapi mengangkat kaki atau dengan memposisikan kaki yang lebih tinggi tidak boleh membiarkannya tanpa alas, caranya dengan menggantung ataupun dengan menatakan kaki pada bantal.

4. Mengompres dengan air es
Selain dibalut dengan menggunakan kain, kompreslah kaki yang mengalami cedera dengan menggunakan air es, upaya ini sangat efektif dilakukan agar dapat menghindari kondisi pembengkakan yang semakin parah.

5. Berjalan pelan pelan
Berjalan dengan pelan bisa membantu dalam menyembuhkan cidera engkel, akan tetapi apabila hal tersebut membuat semakin terasa nyeri dengan demikian berhentilah sejenak serta istirahat agar dapat memulihkan kondisi otot – otot.

6. Menggunakan tongkat
Denga menggunakan tongkat bisa dilakukan agar dapat mengobati cedera engkel, karena dengan menggunakan tongkat dengan demikian dapat meringankan beban kaki dalam menopang berat badan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates