Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Gejala dan Penyebab Flek Paru-paru

Gejala dan Penyebab Flek Paru-paru

Gejala dan Penyebab Flek Paru-paru

Gejala dan Penyebab Flek Paru-paru

Gejala dan Penyebab Flek Paru-paru

Gejala dan Penyebab Flek Paru-paru – Flek pada paru – paru adalah salah satu jenis penyakit yang bisa bertahan dengan jangka waktu yang lama. Akan tetapi penyakit paru – paru ini bisa diobati atau dapat disembuhkan, dan bisa dicegah. Flek pada paru – paru diakibatkan oleh adanya bakteri (mycobacterium tuberculosa) yang mengalami penyebaran dari orang yang satu kepada orang yang lainnya dengan melalui tetesan mikroskopis. Hal tersebut dapat dilepaskan ke udara pada saat seseorang mengalami gangguan ini yani batuk, bersin, berbicara, meludah, tertawa ataupun bernyanyi. Walaupun penyakit ini menular, akan tetapi pada kebanyakan penderita yang menderita gangguan flek paru – paru (TB) yang sudah menjalani terapi secara tepat tidak dapat lagi menularkan penyakit TB ini.Beberapa faktor yang bisa mengembangkan flek paru – paru sebagai berikut :
1. Seseorang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah
Beberapa macam penyakit serta akibat penggunaan obat – obatan tertentu bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh akan menjadi lemah, sehingga bisa meningkatkan resiko gangguan flek pada paru-paru.

2. Seseorang yang tinggal atau berkunjung ke daerah dengan memiliki potensi perkembangan virus TB misalnya India, Afrika, Pakistan, Cina, Rusia, serta beberapa Negara yang lainnya.

3. Kurangnya perawatan medis yang disebabkan oleh kondisi kemiskinan baik akibat penghasilan yang rendah, tinggal di daerah yang terpencil dengan minim akses kesehatan sehingga bisa meningkatkan resiko mengalami penyebaran virus sebagai faktor penyebab flek pada paru – paru.

4. Penyalahgunaan zat misalnya seperti akibat konsumsi obat (narkoba) atau konsumsi alkohol sehingga bisa menyebabkan lemahnya imunitas atau sistem kekebalan tubuh dengan demikian akan menyebabkan lebih rentan mengalami infeksi virus yang menjadi penyebab flek pada paru – paru. Selain itu akibat penggunaan produk tembakau misalnya rokok bisa meningkatkan resiko mengalami flek paru-paru.

5. Faktor tempat tinggal atau jenis pekerjaan seseorang bisa meningkatkan resiko mengalami flek pada paru – paru.
Beberapa gejala atau tanda yang umumnya akan terjadi pada penderita dengan kondisi flek paru – paru sebagai berikut :
1. Timbulnya batuk yang sudah berlangsung selama 3 minggu ataupun lebih
2. Timbulnya penyebab batuk berdarah
3. Penyebab dada sakit atau nyeri atau terasa sakit ketika bernafas atau batuk
4. Berat badan menurun
5. Kelelahan pada tubuh
6. Demam atau suhu badan meningkat
7. Berkeringat pada malam hari
8. Tubuh terasa panas dingin
9. Menurunya nafsu makan

Flek pada paru – paru juga bisa mempengaruhi organ tubuh yang lain misalnya organ  ginjal, bagian tulang belakang, ataupun otak. Apabila mengalami gejala – gejala yang sudah dijelaskan diatas, maka untuk segera berkonsultasi dengan tenaga medis untuk segera memperoleh perawatan.

Ketika flek pada paru – paru tidak segera memperoleh penanganan dari medis, maka hal tersebut bisa mempengaruhi sisem pada paru – paru ataupun beberapa organ tubuh yang lainnya. Berikut komplikasi yang dapat ditimbulkan akibat flek paru – paru adalah :
1. Nyeri pada tulang belakang akibat komplikasi umum dari kondisi gangguan flek paru – paru
2. Kerusakan pada persendian misalnya Arthritis yang bisa  mempengaruhi pinggul serta lutut.
3. Meningitis, yakni pembengkakan yang terjadi di selaput yang menutupi otak yang bisa mengakibatkan sakit kepala selama berminggu – minggu ataupun akan terjadi perubahan mental.
4. Gangguan fungsi hati atau ginjal yang berfungsi dalam membantu menyaring racun ataupun kotoran di dalam darah.
5. Gangguan pada organ jantung yang bisa mengakibatkan peradangan dan penumpukan cairan yang akan mengganggu kemampuan organ hati untuk memompa darah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates