Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat dan Efek Samping Daun Sirih

Manfaat dan Efek Samping Daun Sirih

Manfaat dan Efek Samping Daun Sirih

Manfaat dan Efek Samping Daun Sirih

Manfaat dan Efek Samping Daun Sirih

Manfaat dan Efek Samping Daun Sirih – Daun sirih merupakan salah satu tanaman obat yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh sebab di dalamnya sangat kaya dengan kandungan senyawa kimia alami serta baik untuk mengobati berbagai penyakit. Sejumlah keadaan kesehatan dapat disembuhkan sebab mengandung vitamin c, riboflavin, fitokimia, alkaloid serta polifenol.

Daun sirih ini terkenal dengan daun yang bersifat antibiotik serta antiseptik. Akan tetapi dibalik khasiatnya yang banyak untuk kesehtan tubuh, konsumsi berlebihan dan jangka panjang daun sirih juga menimbulkan efek samping, berikut merupakan manfaat dan efek samping penggunaan daun sirih, diantaranya:
1.    Manfaat Daun Sirih
a.    Menurunkan Risiko Kanker
Pada saat penggunaanya dilakukan secara benar, dengan demikian daun sirih dapat memberikan manfaat yakni dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Sebab di dalam daun sirih terdapat kandungan yakni polifenol, alkaloid, polifenol, serta flavonoid dengan fungsi utamanya yakni sebagai antioksidan serta sebagai anti-inflamasi.

b.    Mengatasi Jerawat
Masalah kulit misalnya jerawat bisa diatasi dengan menggunakan daun sirih secara benar. Daun sirih memiliki kadar tinggi minyak atsiri dimana efektivitasnya lima kali lebih tinggi untuk membasmi bakteri.

c.    Mengatasi Diare
Dalam hal mengatasi diare pun daun sirih mampu bekerja secara maksimal dan karena itulah banyak orang memercayai efek baiknya. Selain menggunakan oralit, sebenarnya daun sirih pun juga bisa dijadikan obat karena kandungan tannin-nya yang tinggi. Dengan demikian, otomatis tannin tersebut akan melancarkan pencernaan sekaligus menghentikan diare.

d.    Menjaga Kesehatan Gigi
Daun sirih dapat membantu untuk membersihkan serta menyehatkan gigi. Selain itu daun sirih juga dapat digunakan untuk mencegah gigi berlubang.

e.    Membersihkan Mulut
Kandungan kavikol dalam daun sirih dapat membebaskan mulut dari bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut juga sariawan. Proses dalam mengunyah daun sirih dapat membantu menjaga kesegaran mulut serta dapat mencegah bakteri sebagai penyebab sariawan.

f.    Menghentikan Perdarahan
Tidak hanya dapat menghentikan perdarahan seperti  mimisan, akan tetapi daun sirih juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka.

g.    Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan
Perlu diketahui bahwa jenis keputihan cukup beragam serta terdapat keputihan yang tidak normal, yang tidak normal dapat mengancam kondisi kesehatan tubuh. Air daun sirih dapat digunakan untuk menghilangkan keputihan serta dapat membersihkan area kewanitaan.

2.    Efek samping daun sirih
Berikut merupakan efek samping yang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh, khususnya apabila penggunaan daun sirih secara berlebihan serta dalam jangka waktu panjang, diantaranya:

a.    Iritasi di Area Kewanitaan
Penggunaan daun sirih dengan rentang setiap hari justru dapat membuat organ kewanitaan akan lebih gampang iritasi. Iritasi bisa terjadi pada saat organ tersebut mengalami kekeringan akibat penggunaan daun sirih yang berlebihan.

b.    Membunuh Bakteri Baik
Antibiotik serta antiseptik yang terkandung dalam daun sirih sangatlah tinggi serta sangat kuat dengan demikian bukan hanya bakteri jahat yang akan terbasmi juga bakteri baik akan ikut terbasmi.

c.    Mempercepat Detak Jantung
Penggunaan daun sirih serta mengonsumsinya dengan berlebihan akan berisiko terhadap detak jantung dimana akan mengalami peningkatan terhadap detaknya.

d.    Penyakit Jantung
Dengan mengonsumsi air daun sirih yang berlebihan, dapat mempengaruhi kinerja organ jantung.

e.    Tumor di Mulut
Penggunaan daun sirih yang berlebihan dapat membuat pertumbuhan tumor akan semakin terdukung.

f.    Kanker Otak
Efek lainnya akibat penggunaan daun sirih yang berlebihan yakni dapat  meningkatkan resiko kanker otak.

g.    Mengurangi Produksi ASI
Perlu diketahui bahwa bagi para wanita yang sedang menyusui, dengan menempelkan daun sirih pada kondisi hangat sesudah dioleskan dengan minyak kelapa pada area payudara dapat berdampak terhadap pengurangan produksi ASI.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates