Tuesday , 21 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyebab dan Jenis Infeksi Paru-paru

Seputar Penyebab dan Jenis Infeksi Paru-paru

Seputar Penyebab dan Jenis Infeksi Paru-paru

Seputar Penyebab dan Jenis Infeksi Paru-paru

Seputar Penyebab dan Jenis Infeksi Paru-paru

Seputar Penyebab dan Jenis Infeksi Paru-paru – Infeksi paru – paru adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus ataupun bakteri. Penyakit infeksi paru ini akan menyerang alveolus ataupun kantung udara pada paru – paru. Akibat penyakit infeksi paru ini yakni penggunaan obat-obatan, mengalami penyakit tertentu dan juga mikroorganisme.

Infeksi paru yang dialami oleh orang dewasa faktor penyebabnya yakni bakteri Streptococcus Pneumoniae. Penyakit infeksi paru membutuhkan perawatan yang khusus dan juga telaten. Paru – paru merupakan organ yang sangat penting, sehingga dibutuhkan perawatan yang khusus. Penyakit infeksi paru atau yang dikenal sebagai istilah pneumonia.

Adapun Penyebab Infeksi Paru diantaranya:
1. Bakteri
Infeksi pada paru akibat bakteri menimbulkan tanda atau gejala misalnya batuk yang berdahak (yang berwarna kehijauan), mengalami pilek, suhu tubuh naik atau demam, tenggorokan yang sakit, dada akan terasa nyeri, badan mengalami berkeringat, mengalami dehidrasi, serta nafas yang sesak. Kondisi Infeksi yang memasuki pada tahap serius akan berefek terhadap bibir yang biru serta juga kuku yang berwarna kebiruan.

2. Virus
Infeksi paru akibat virus menimbulkan gejala batuk kering, nyeri oto, lelah, sesak nafas, serta sakit kepala.

3. Jamur
Infeksi paru akibat jamur akan mengalami gejala antara lain mengalami nyeri otot, kepala terasa sakit, batuk, dan nafas yang sesak.

4. Radang paru
Gejala radang paru akan sangat mirip dengan kondisi flu, yakni akan diawali dengan demam, menimbulkan batuk kering, mengalami nyeri otot, sakit kepala. Apabila gejalanya semakin meningkat, maka penderitanya akan mengalami kesulitan untuk bernafas serta batuk yang disertai dengan lender dengan warna putih kadang juga bening.

5. Mycoplasma
Mycoplasma adalah genus bakteri yang mengakibatkan antibiotik tidak bisa lagi bereaksi dengan mereka. Cara kerja antibiotik merupakan membunuh organisme pada dinding sel. Gejala dari mycoplasma ini akan sama mirip dengan gejala flu ringan, serta biasanya tidak membutuhkan perawatan medis secara khusus sebab dapat sembuh dengan sendirinya. Mycoplasma atau yang dikenal dengan istilah penyakit pneumonia berjalan sebab sifat penyakit ini bisa sembuh tanpa dilakukan perawatan khusus.

Jenis – jenis Bakteri dan Virus sebagai Penyebab Infeksi Paru
Infeksi paru atau disebut dengan infeksi saluran pernapasan bawah (Pneumonia). Penyakit ini akan dialami oleh semua kalangan, anak – anak maupun dewasa. Adapun beberapa jenis bakteri yang menyebabkan sakit infeksi paru, diantaranya :
1. Streptococcus Pneumoniae
2. Staphyllococcus Aureus
3. Legionella
4. Hemophilus Influenza
5. Chicken Pox
6. Mycoplasma Pneumoniae

Gejala Infeksi Paru Pada Anak
Sama halnya dengan flek paru – paru, tanda seorang anak yang mengalami penyakit infeksi paru – paru akan dilihat dari nafas yang sesak serta cepat. Pada anak dengan usia kurang dari 1 tahun, maka frekuensi pernafasannya sebanyak 50 kali dalam 1 menit atau lebih. Sedangkan pada anak dengan usia lebih dari satu tahun akan tetapi kurang dari lima tahun maka frekuensi pernapfsannya yakni sebanyak 40 kali dalam satu menit atau lebih. Pneumonia yang berat terhadap anak yang berusia 2 bulan hingga usia < dari 5 tahun akan ditandai dengan sesak nafas serta akan mengalami batuk. Bagi anak dengan usia di bawah dua bulan maka frekuensi pernafasannya 60 kali dalam 1 menit atau lebih  yang akan diikuti dengan tarikan dinding dada di bagian bawah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates