Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mengatasi Bronkitis pada saat Kambuh

Tips Mengatasi Bronkitis pada saat Kambuh

Tips Mengatasi Bronkitis pada saat Kambuh

Tips Mengatasi Bronkitis pada saat Kambuh

Tips Mengatasi Bronkitis pada saat Kambuh

Tips Mengatasi Bronkitis pada saat Kambuh – Bronkitis merupakan salah satu jenis penyakit pada pernafasan. Virus yang menyebabkan seseorang mengalami bronkitis yakni virus yang juga mengakibatkan serangan flu serta batuk. Pada saat bersin ataupun mengeluarkan cairan yang berupa ingus ataupun air liur saat flu, maka berjuta virus dapat keluar dari dalam tubuh serta akan menempel di lingkungan yang terkena percikan ataupun terkena cairan tubuh dengan kandungan virus. Masa tahan terhadap virus ini di lingkungan yakni selama sehari. Seseorang dapat terinfeksi virus ini jika menyentuh benda yang sudah terpercik cairan tubuh tersebut. Berikut merupakan beberapa gejala penyakit bronkitis sudah memasuki pada tahap kronis, diantaranya :1. Mengalami Sesak nafas
2. Mengalami Pilek atau hidung tersumbat
3. Sakit pada tenggorokan
4. Sakit di dada
5. Batuk berlendir yang berwarna kehijauan
6. Tampak terasa lelah
7. Sakit di kepala
8. Demam atau suhu tubuh meningkat
9. Tubuh Menggigil
10. Nyeri pada badan
11. Apabila sudah parah kadang batuk bersama lendir yang bercampur darah
12. Akan Cepat mengantuk

Berikut merupakan faktor penyebab seseorang mengalami bronkitis, diantaranya:
1. Merokok
Seorang perokok ataupun seseorang berada di sekeliling yang merokok akan berpotensi mengalami penyakit bronkitis.

2. Asam Lambung Akut
Saat mengalami asam lambung, apalagi dengan level akut bisa menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan akan memicu bronkitis.

3. Lingkungan Kerja yang Buruk
Lingkungan yang tidak sehat, misalnya kerja dengan banyak menghirup udara kotor, menghirup debu – debu, asap, klorin, dan lain sebagainya. Penyakit bronkitis akan terjadi sebagai akibat lingkungan kerja yang kurang sehat yang dinamakan sebagai bronkitis okupasi.

4. Lemahnya Imunitas Tubuh
Ketahanan tubuh untuk melawan berbagai jenis penyakit menjadi sangat  penting. Tidak hanya dapat melindungi dari penyakit bronkitis, akan tetapi juga dari penyakit yang lainnya. Orang dengan daya tahan tubuhnya yang lemah, akan rentan mengalami beragam jenis penyakit termasuk penyakit bronkitis.

Berikut merupakan sejumlah terapi penyakit bronkitis diantaranya:
1. Untuk penderita bronkitis akut : pada saat menglami sesak nafas dan juga demam, tetaplah ada di rumah serta tetap menjaga kehangatan pada tubuh. Minum yang banyak air. Istirahat dengan secukupnya, boleh melakukan pekerjan yang ringan, atau bisa juga hirup uap air panas yang berasal dari wadah baskom.2. Untuk penderita bronkitis kronis : Berhenti dari kebiasaan merokok, hindari asap serta bau yang menyengat, dianjurkan untuk menghirup uap air panas dari wadah atau baskom.

Selain terapi tersebut, harus diketahui cara untuk mengatasi bronkitis pada saat kambuh untuk pertolongan pertama, diantaranya :
1. Perbanyak Istirahat
Istirahat sangat dibutuhkan pada penderita dengan penyakit bronkitis, sebab infeksi yang terjadi dalam paru – paru ini bisa menyebabkan penderitanya akan merasa capek dan lelah. Pada awal mengalami penyakit ini akan mengalami dada sesak serta sulit bernapas. Pada saat infeksi bronkitis kambuh, jangan melakukan kerja berat terlebih dahulu. Janganlah keluar rumah, sebab dikhawatirkan ada paparan asap ataupun orang merokok.

2. Konsumsi Minuman Hangat
Minuman yang hangat bisa membantu untuk mengurangi sakit pada tenggorokan dan juga dapat membantu supaya dahak yang ada di tenggorokan dapat encer serta akan mudah untuk dikeluarkan.

3. Berhenti Merokok dan Menghindari Rokok
Menghisap asap rokok apalagi pada saat mengalami bronkitis dapat membuat keadaan penderita semakin parah. Racun yang ada di dalam rokok dapat memicu penyakit yang lain selain bronkitis.

4. Kompres hangat
Batuk pada saat sakit bronchitis akan membuat dada sesak serta terasa sakit. Tekanan batuk bisa diatasi dengan melakukan kompres dengan berisi air hangat. Agar dapat membuat rasa hangat pada dada bisa dilakukan dengan menggunakan bantal penghangat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates