Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menghilangkan Alkohol dalam Tubuh

Tips Menghilangkan Alkohol dalam Tubuh

Tips Menghilangkan Alkohol dalam Tubuh

Tips Menghilangkan Alkohol dalam Tubuh

Tips Menghilangkan Alkohol dalam Tubuh

Tips Menghilangkan Alkohol dalam Tubuh – Minuman beralkohol atau sering disingkat dengan minol merupakan jenis minuman yang memiliki kandungan etanol. Etanol merupakan bahan psikoaktif serta dengan mengkonsumsinya dapat mengakibatkan penurunan terhadap kesadaran. Jika kelebihan minum minuman beralkohol, maka akan mengalami perubahan fisiologis misalnya muka merah, mata juling, terjadi perubahan psikologis seperti mudah tersinggung, kehilangan untuk konsentrasi, bicara mengawur dan lainya.Selain itu efek samping minum beralkohol yang berlebihan juga dapat menumpulkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Alkoholik yang kronis akan lebih rentan terinfeksi virus termasuk virus HIV. Agar dapat mengurangi efek alkohol yang ada di dalam tubuh, berikut merupakan cara untuk mengurangi alkohol di dalam tubuh, diantaranya:

1. Minum Banyak Air Putih
Seseorang yang mengkonsumsi alcohol dalam jumlah yang berlebihan, dapat membuat pengonsumsinya akan mengalami dehidrasi yang hebat. Bahaya dehidrasi tersebut bisa dicegah dengan minum air putih, disamping dapat mencegah dehidrasi, juga dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh yang akan dikeluarkan bersama urin.

2. Menjauhi Minuman Berkafein
Bagi seseorang yang mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah yang berlebihan hindari minum kopi sebab memiliki kandungan kafein yang paling tinggi, serta dapat menyebabkan dehidrasi yang semakin hebat. Selain itu efek lainya menyebabkan pembuluh darah bisa menyempit sebagai akibat kafein serta dapat memicu tekanan darah tinggi dengan demikian gejala hangover juga akan memburuk.

3. Mengonsumsi Teh Jahe
Untuk seseorang yang sudah terbiasa mengkonsumsi minuman beralkohol  maka efeknya akan mengalami rasa mual serta muntah. Dengan mengkonsumsi teh jahe, dapat meredakan rasa mual, mabuk, serta muntah dan juga secara otomatis dapat menghilangkan efek alkohol.

4. Mengonsumsi Jus Buah
Selain dengan air putih dan juga minum teh jahe, untuk mengusir efek alkohol yang ada di dalam tubuh dapat mengkonsumsi jus buah yang memiliki kandunga dengan kaya fruktosa. Fruktosa ini adalah gula yang ada di dalam jus buah berperan untuk mempengaruhi fungsi hati dan energi tubuh. Kandungan vitamin serta mineral yang ada di dalam jus buah dapat mendetoksifikasi tubuh serta dapat menjaga imunitas atau daya tahan tubuh. Adapun jus buah yang dianjurkan yakni buah tomat, jeruk, dan air kelapa yang dapat menghilangkan alkohol di dalam tubuh.

5. Minum Minuman Isotonik
Minuman isotonik sangat berperan pada saat dalam kondisi mabuk sebab tugasnya untuk mengganti cairan yang hilang. Minuman ini juga dpaat memberikan energi untuk tubuh. Minuman isotonik mengandung karbohidrat yang dapat membantu pelepasan energi dengan pelan – pelan dimana dapat berguna agar dapat beraktivitas dengan normal.

6. Minum Oralit
Dengan minum larutan oralit dapat bermanfaat untuk menghilangkan alkohol dan dapat mengembalikan cairan yang ada di dalam tubuh yang hilang. Oralit sebagai obat dehidrasi, sehingga baik diminum untuk seseorang yang sudah minum – minuman beralkohol.

7. Minum Madu
Kandungan yang terdapat dalam madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terasuk dapat menghilangkan alkohol di dalam darah. Senyawa fruktosa yang ada dalam madu dapat berperan untuk memecah unsur racun dalam alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Madu juga efektif sebagai sumber natrium serta kalium untuk tubuh dalam melawan efek alkohol.8. Minum Susu
Susu merupakan pilihan yang sangat efektif untuk menghilangkan alcohol yang ada di dalam tubuh. Dengan minum susu dapat membuat penyerapan alkohol akan menjadi tidak maksimal di dalam tubuh.

9. Memanfaatkan Zinc dan Vitamin B
Zinc dan vitamin B khususnya vitamin B1 atau disebut thiamin sangat diperlukan oleh enzim hati agar dapat mendetoksifikasi alkohol yang ada di dalam tubuh. Sebab enzim di dalam hati mempunyai peran untuk memproses pengubahan alkohol yang menjadi asetaldehida.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates