Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Penanganan Alergi Obat

Tips Penanganan Alergi Obat

Tips Penanganan Alergi Obat

Tips Penanganan Alergi Obat

Tips Penanganan Alergi Obat

Tips Penanganan Alergi Obat – Alergi obat adalah suatu keadaan dimana terjadinya suatu reaksi antara kekebalan tubuh akibat terdapat obat yang masuk ke dalam tubuh, reaksi tersebut terjadi secara berlebihan terhadap kekebalan tubuh dengan demikian mengakibatkan kekebalan tubuh menjadi tidak normal. Terdapat beberapa jenis obat yang tidak cocok dengan kondisi tubuh dengan demikian bisa mengalami suatu reaksi yang berlebihan. Sehingga obat harus diminum sesuai dengan ketentuan resep dokter supaya tidak menyebabkan alergi terhadap kekebalan tubuh.

Tanda atau gejala dari alergi obat akan ditandai dengan tubuh yang terasa gatal, biduran serta kulit yang berwarna kemerahan. Selain itu kondisi wajah yang mengalami alergi obat akan tampak bengkak dan akan mengalami sesak nafas. Selain menyebabkan sesak nafas gejala lain misalnya anafilaksis dapat menimbulkan efek yang lain misalnya perut mtrasa mual, denyut nadi akan berdenyut dengan lebih cepat, tekanan darah menjadi turun, kehilangan kesadaran terhadap tubuh, serta menyebabkan muntah – muntah.

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani alergi obat, diantaranya :
1.    Hentikan pemakaian obat
Dengan menghentikan pemakaian obat maka tubuh tidak akan mengalami alergi dengan terus -menerus, dengan demikian sistem kekebalan tubuh dapat mengembalikan tubuh untuk kembali ke sistem dengan normal.

2.    Hindari obat yang membuat alergi
Jika jenis obat yang diresepkan oleh dokter sudah diketahui bisa menimbulkan alergi pada tubuh, segeralah untuk menghindari obat tersebut dan mintalah jenis obat yang lain yang tidak menimbulkan reaksi alergi.

3.    Meredakan gejala alergi
Pada saat mengalami alergi obat, yang utama harus dilakukan yakni dengan menghentikan konsumsi obat. Selain itu agar dapat mengobatinya harus mengetahui beberapa tanda yang mengakibatkan alergi, kemudian dengan mengobati gejala yang dialami.

4.    Kortikosteroid
Kortikosteroid bisa meredakan kondisi alergi yang dialami pada tubuh akibat mengkonsumsi banyak obat. Konsumsi kortikosteroid bisa memberikan efek yang baik terhadap tubuh. Selain untuk alergi, kortikosteroid juga dapat digunakan untuk mengobati alergi gatal.

5.    Konsumsi antihistamin
Dokter dapat memberikan jenis obat ini bagi mereka yang mengalami alergi terhadap obat. Tujuan dari obat agar dapat mengembalikan imunitas atau kekebalan tubuh. Sebab jenis antihismtamin ini dapat mengembalikan unsur kimia dan dapat mengaktifkan kembali kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh yang berhenti bekerja akibat adanya suatu reaksi alergi dari obat yang dikonsumsi.

6.    Dengan suntikan epinefrin
Suntikan epinefrin agar dapat membantu proses pernafasan. Karena alergi obat bisa mengakibatkan sesak nafas, yang sangat mengganggu proses pernafasan di dalam tubuh.

7.    Menggunakan lotion anti gatal
Gejala akibat dari reaksi obat yang menimbulkan alergi ini dapat menyebabkan gatal. Oleh karena dianjurkan untuk menggunakan lotion gatal.

8.    Kacang kenari
Kacang kenari mempunyai kandungan omega-3 yang bisa membantu otak serta kekebalan tubuh atau sistem imun dalam mengembalikan imun yang sudah hilang. Dengan mengkonsumsi kacang kenari juga mengandung lemak yang dapat mengembalikan imunitas pada tubuh.

9.    Daun pegagan
Hal ini adalah cara alami yang dapat diambil dari alam yakni dengan daun pegagan. Penggunaannya bahan ini cukup dengan merebus lalu diminum. Daun pegangan akan lebih cocok dalam mengobati alergi obat di bagian paru-paru. Dengan demikian daun pegangan bisa sangat efektif dalam menghilangkan factor penyebab dada sesak.

10.    Jahe
Jahe biasanya dapat digunakan sebagai penghangat tubuh. Dengan demikian jahe akan sangat cocok untuk mengatasi alergi dengan suhu dingin. Jahe juga bisa digunakan untuk obat alergi dengan meminumnya secara rutin hingga alergi tersebut hilang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates