Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Upaya Pengobatan Toxoplasma

Upaya Pengobatan Toxoplasma

Upaya Pengobatan Toxoplasma

Upaya Pengobatan Toxoplasma

Upaya Pengobatan Toxoplasma

Upaya Pengobatan Toxoplasma – Toxoplasma diakibatkan oleh parasite yang bersel tunggal biasa disebut dengan istilah Toxoplasma gondii. Penyakit toxoplasma gondidi ini bisa terjadi akibat minum air yang tidak terjaga kebersihanya, akibat mengkonsumsi daging mentah, memasak dengan menggunakan alat yang sudah terkontaminasi, serta adanya kontak dengan kotoran kucing yang sudah terinfeksi.

Kebanyakan orang dengan kondisi sistem kekebalan yang kuat tidak dapat menyadari bahwa ia sudah terinfeksi toxoplasma. Beberapa tanda – tanda serta gejala penyakit toxoplasma di antaranya berupa flu, kelelahan, sakit kepala, demam, nyeri tubuh, serta pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Berikut merupakan tanda – tanda serta gejala dapat dialami pada seseorang dengan infeksi yang sudah parah termasuk, diantaranya:
1. Masalah dalam koordinasi
2. Mengalami kebingungan
3. Mengalami sakit kepala
4. Mengalami kejang
5. Paru – paru yang buruk yang menyerupai tuberculosis.
6. Infeksi umum terhadap orang yang mengalami AIDS atau disebut dengan pneumonia jiroveci.
7. Pandangan menjadi kabur
8. Penglihatan menjadi berkurang
9. Kemerahan pada mata diakibatkan karena peradangan yang parah di retina.

Berikut merupakan upaya untuk mengobati toxoplasma serta dapat membuat gejala berkurang, diantaranya:
1. Pirimetamin (Daraprim)
Jenis obat ini biasanya untuk mengobati malaria, yang merupakan sebagai antagonis asam folat. Ini bisa mencegah tubuh dalam menyerap vitamin B folat atau asam folat atau vitamin B-9, terutama pada saat mengambil dosis tinggi dalam jangka waktu yang panjang.

2. Daraprim (Pirimetamin)
Daraprim merupakan jenis obat standar yang dapat digunakan dalam mengobati infeksi parasit yang dapat mengancam jiwa disebut dengan toksoplasmosis. Harus di waspadai bahwa potensi efek samping dari obat ini dapat menyebabkan penekanan sum – sum tulang serta toksisitas hati.

3. Sulfadiazin
Jenis antibiotic sulfadiazin ini sering digunakan bersama pirimetamin agar dapat mengobati toksoplasmosis.

4. Kenari Hitam
Kenari hitam atau Juglans nigra merupakan ramuan yang efektif untuk mengobati toxoplasma. Kenari hitam memiliki kandungan tanin alami yang dapat melawan jamur, ragi, serta parasit. Hasil penelitian studi terbaru menjelaskan bahwa kenari hitam dapat berperan sebagai antivirus, antibakteri, anti-kanker, serta sebagai anti-parasit.

5. Bawang Putih
Bawang putih atau Allium sativum merupakan obat untuk toksoplasmosis. Bawang putih mengandung antibiotik, antimikroba, antioksidan, antijamur, antibakteri, obat cacing, bersifat sebagai anti-parasit. Siung pada bawang putih, jus bawang putih dan tablet bawang putih bisa mencegah reproduksi parasit misalnya toxoplasma.

6. Minyak Esensial Pala
Pala atau Myristica fragrans merupakan kernel biji dalam buah pala. Minyak esensial dalam pala menunjukkan aktivitas dapat menghambat Toxoplasma gondii.

7. Minyak Oregano
Minyak esensial oregano atau Origanum vulgare memiliki kandungan fenol isomer monoterpenic yang disebut dengan carvacrol. Kandungannya tersebut bersifat sebagai insektisida, antitumor, antimikroba, antibakteri, dan anti – parasit. Dalam minyak oregano juga memiliki kandungan suatu zat yang disebut dengan thymol, yang dapat mengobati parasit.

8. Jus Lidah Buaya
Konsumsi jus lidah buaya bisa mengobati infeksi toxoplasma.

9. Cuka Sari Apel
Dengan mengkonsumsi 1 sendok makan dalam satu hari sebelum makan ataupun sebelum minum apa pun. Tambahkan bersama lemon atau dengan madu, yang dapat berguna untuk mengobati infeksi toxoplasma dan menurunkan tekanan darah tinggi.

10. Kacang-kacangan
Kacang – kacangan terutama dalam kacang kedelai, kacang polong harus dikonsumsi sedikitnya satu minggu satu kali dapat mengobati infeksi toxoplasma.

11. Lada Hitam
Kandungan yang terdapat dalam lada hitam dapat menyembuhkan toxoplasma yang baik.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates