Monday , 21 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 10 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan – Daun kenikir adalah daun yang sering dijumpai dan biasanya dihidangkan dengan lalapan. Meski sayuran ini sederhana dan sering dianggap sepele, tetapi daun kenikir ini banyak memiliki manfaat yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini kandungan yang ada di dalam daun kenikir yakni polifenol, tokoferol, hidroksieugenol, flavonoid, saponin, terpenoid, kalsium, mineral, magnesium, kuersetin dan koniferol alkohol. Dari berbagai kandungan yang ada di dalam daun kenikir tersebut, tentu banyak memiliki manfaat yang terdiri dari berikut ini.

1. Obat Maag dan lemah lambung
Daun kenikir mempunyai kandungan polifenol, tokoferol dan hidroksieugenol yang sangat bermanfaat dalam menetralkan asam lambung. Senyawa ini juga bisa menguatkan otot sphingter lambung, yang bertugas untuk menrima bebrbagai asupan makanan tanpa membahayakan lambung itu sendiri. Daun kenikir dapat dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu lalu ditambahkan garam dan kemudian dimakan sebagai pelengkap lalapan.

2. Obat Lemah Jantung
Di dalam daun kenikir terkandung antioksidan dan flavonoid yang memiliki manfaat dalam memperbaiki sel-sel yang rusak. Pada jantung senyawa flavonoid yang ada pada daun ini sangat bermanfaat dalam memperlancar aliran darah dengan cara mengalirkan darah pada pembuluh darah dan memperkuat otot jantung. Caranya adalah dengan meminum air rebusan dari daun kenikir ini minimal dua kali sehari.

3. Obat Kanker
Kandungan saponin, flavonoid dan antioksidan yang ada di dalam daun kenikir dapat melawan berbagai jenis kanker seperti kanker lambung, kanker payudara dan juga kanker hati. Untuk mengatasi penyakit ini dapat mengonsumsi air rebusan dari daun kenikir, tetapi tetap juga jangan melupakan untuk meminum air putih.

4. Obat Gondongan
Senyawa polifenol dan tokoferol yang ada didalam daun kenikir ini dapat meredakan peradangan akibat dari gondongan. Cara membuat obat dari daun kenikir ini adalah dengan menumbuk halus daun kenikir, lalu dicampur dengan cuka, selanjutnya dioleskan pada bagian yang sakit. Lakukan hal ini 3 kali sehari.

5. Obat Payudara Bengkak
Akbiat dari terus menerus mengeluarkan ASI adalah payudara menjadi bengkak, hal ini dapat diobati dengan menggunakan daun kenikir ini karena mengandung senyawa terpenoid. Berikut ini caranya adalah panggang kenikir hingga layu,tunggu hingga hangat lalu usapkan pada payudara, l;akukanlah hal ini minimal 3 kali dalam sehari.

6. Obat Cuci Darah
Di dalam daun kenikir terkandung vitamin E, antioksidan, dan flavonoid yang memiliki manfaat dan mampu menetralisir racun yang terbawa oleh darah. Apabila dikonsumsi secara teratur dapat memberishkan darah dari racun yang ada didalam tubuh.

7. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Daun kenikir memiliki kandungan vitamin A, dan juga vitamin E, hal ini tentu bermanfaat dalam memperbaiki sistem imun tubuh kita. Senyawa protein yang ada di dalam daun kenikir bisa membantu pembentukan fagosit yang berguna untuk imun tubuh. Selain itu, daun kenikir juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan metabolsme tubuh.

8. Menguatkan Tulang
Daun kenikir juga memiliki peran dalam menguatkan tulang, hal ini tidak terlepas dari kadnungan mineral, kalsium dan magnesium yang sangat tinggi, dan berguna untuk membantu pertumbuhan tulang. Daun kenikir sendiri bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dalam bentuk lalapan, bahkan bisa diminum langsung air rebusannya dengan dicampurkan madu terlebih dahulu.

9. Penambah Nafsu Makan
Daun kenikir sendiri dapat membantu nafsu makan, hal ini dikarenakan ada kandungan senyawa kuersetin yang mana bisa meningkatkan nafsu makan. Daun kenikir bisa dikonsumsi sebagai menu makanan lalapan dan baiknya dikonsumsi 3 kali seminggu.

10. Mengatasi Bau Mulut
Kandungan koniferil alkohol yang ada pada daun kenikir dapat membunuh bakteri dan kuman yang ada di dalam makanan. Zat tersebut juga akan membersihkan bakteri pada lidah dan air ludah  yang menyebabkan bau mulut. Untuk memperoleh hasil maksilmal, daun kenikir bisa dikonsumsi secara mentah dan dikunyah dalam waktu 20 sampai 30 detik, lalu selanjutnya berkumur.

Itulah tadi penjelasan manfaat dari daun kenikir yang baik untuk kesehatan, semoga informasi diatas sangat bermanfaat, sekian.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates