Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 10 Manfaat Daun Lamtoro Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Lamtoro Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Lamtoro Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Lamtoro Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Lamtoro Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Lamtoro Bagi Kesehatan – Daun lamtoro sendiri lebih dikenal dengan sebutan daun petai cina. Kenapa kok disebut dengan petai cina? Hal ini dikarenakan daun ini mirip dengan petai tetapi mempunyai ukuran yang kecil. Daun lamtoro ini umumnya memiliki warna hijau dan sekilas tampak mirip daun saga. Tanaman ini awalnya berasal dari daerah Amerika dan menyebar dengan cepat di wilayah indonesia, hal ini tidak terlepas karena daun ini dapat tumbuh pada daerah yang tropis seperti indonesia ini. Ketinggian pohon lamtoro ini sendiri mampu mencapai 20 meter.

Sejak dahulu, daun lamtoro ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai daun yang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Hal ini dikarenakan daun lamtoro memiliki banyak kandungan zat yang sangat baik bagi tubuh kita, zat tersebut antara lain saponin, tanin, dan juga flavonoid serta masih banyak kandungan yang lainnya. Ini lah yang menjadi alasan kenapa daun unik ini dapat menjadi daun herbal untuk mengobati tubuh dari berbagai serangan penyakit, mulai dari yang ringan hingga dengan penyakit yang berat. Berikut ini penjelasan manfaat dan khasiat daun lamtoro agar bisa dipahami tentang penggunaannya untuk kesehatan.

1. Mencegah diabetes
Pertama, manfaat dari daun lamtoro ini adalah dapat mencegah penyakit diabetes. Daun lamtoro ini cukup ampuh dalam menangkal gejala diabetes pada tubuh, hal ini dikarenakan terkandung senyawa yang bisa mengontrol kadar gula di dalam darah.

2. Pereda nyeri
Kedua, manfaat daun lamtoro yakni sebagai obat pereda rasa nyeri. Daun ini mempunyai sifat analgesic, yakni sifat kesehatan yang dapat menghilangkan rasa nyeri, maka hal ini tentunya tidak akan mengganggu aktivitas dan kesehatan kita.

3. Anti radikal bebas
Manfaat daun lamtoro ini juga sangat baik untuk melawan radikal bebas. Daun ini memiliki sifat antioksidan yang lumayan tinggi. Sehingga, sangat ampuh untuk menangkal dan menghalangi paparan radikal bebas yang membahayakan bagi kesehatan tubuh.

4. Mencegah kanker
Selain untuk mencegah dan menangkal radikal bebas, manfaat  daun lamtoro ini juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit kanker. Daun lamtoro ini adalah jenis daun yang sangat ampuh dalam merawat kesehatan di dalam tubuh sehingga tidak menimbulkan munculnya sel kanker.

5. Mengatasi radang ginjal
Manfaat daun lamtoro berikutnya adalah baik untuk ginjal, yang dimana dapat mencegah dan mengatasi peradangan. Peradangan yang terjadi pada ginjal biasanya dikarenakan beberapa faktor. Peradangan ini biasanya dapat menimbulkan rasa nyeri yang lumayan sakit bagi yang menderita.

6. Obat disentri
Manfaat dari daun lamtoro ini yaitu dapat membantu dan menyembuhkan penyakit disentri. Daun lamtoro ini memiliki jenis zat yang sangat baik dalam mengatasi penyakit disentri dan mencegah menyerang tubuh lagi.

7. Mengobati cacingan
Kelebihan lain dari daun lamtoro ini adalah salah satunya dapat mengobati cacingan. Daun lamtoro ini apabila dikonsumsi secara rutin dapat membunuh cacing yang ada di dalam tubuh. Dan juga cacing dapat dikeluarkan dengan mudah.

8. Melancarkan haid
Apabila adawanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur dan lancar dapat menggunakan daun lamtoro ini. Daun lamtoro atau petai cina ini sangat berguna untuk menormalkan siklus haid kembali yang dikarenakan beberapa faktor.

9. Mencegah insomnia
Imsomnia merupakan salah satu penyakit gangguan tidur yang dimana menyebabkan sulit untuk tidur. Untuk mengatasinya dapat memanfaatkan daun lamtoro ini. Daun ini sangat ampuh dalam memberikan kenyamanan tidur dan mencegah insomnia terjadi kembali.

10. Melancarkan peredaran darah
Penyumbatan darah terjadi akibat peredaran yang tidak lancar yang dapat mengancam kesehatan. Itulah mengapa apabila darah mengalir dengan lancar dan rata pada seluruh tubuh, maka bisa disebut tubuh kita sehat. Nah , untuk mendapatkan peredaran darah yang lancar dapat menggunakan daun lamtoro ini untuk dikonsumsi.

Itulah tadi mengenai 10 manfaat daun lamtoro bagi kesehatan, semoga yang membaca dapat menambah wawasan dan semakin tertarik untuk mengonsumsi daun lamtoro ini. Sekian, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates