Thursday , 14 December 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » 6 Menu Sahur Yang Hemat Dan Banyak Gizi

6 Menu Sahur Yang Hemat Dan Banyak Gizi

6 Menu Sahur Yang Hemat Dan Banyak Gizi

6 Menu Sahur Yang Hemat Dan Banyak Gizi

6 Menu Sahur Yang Hemat Dan Banyak Gizi

6 Menu Sahur Yang Hemat Dan Banyak Gizi – Memasuki bulan ramadhan, tentu selain menyiapkan hati dan pikiran, terutama untuk ibu-ibu dan anak kos harus sudah mengambil ancang-ancang dalam membuat perencanaan menu sahur yang hemat namun tetap memberikan gizi dan energi.

Biasanya untuk yang mau berhemat, akan mempertimbangkan membeli bahan-bahan makanan untuk satu minggu penuh. Lalu bahan-bahan tersebut dibagi untuk masak perharinya. Baru apabila minggu berikutnya habis, maka akan membeli bahan lain untuk minggu selanjutnya, dan sampai seterusnya hingga lebaran datang.

Agar tidak bosan, bahan-bahan yang sudah di beli dijadikan menu yang bervariasi untuk tiap harinya. Yang terpenting dalam setia menu sahur harus ada proteinnya. Hal ini karena, protein sangat bermanfaat untuk mencegah lapar dan tentunya banyak mengandung energi yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. Berikut adalah menu sahur yang hemat akan tetapi masih penuh dengan gizi yang dapat dicoba dari bahan-bahan yang mudah di dapat.

1. Nasi goreng spesial ikan teri
Untuk menu sahur yang hemat mungkin bisa dicoba masakan yang simpel seperti nasi goreng ikan teri ini. Nasi goreng dengan ditambahkan campuran teri dan juga telur ceplok sangat pas dan juga memiliki nutrisi yang mencukupi untuk tubuh. Untuk minumannya sendiri bisa dengan membuat es jeruk sebagai minuman yang memiliki vitamin C.

Tetapi perlu dicatat untuk memasak nasi goreng ini jangan lah terlalu pedas, karena apabila makan sahur terlalu pedas mengakibatkan lambung terasa sakit, yang pada akhirnya kita harus berobat.

2. Orak-arik telur kacang polong
Menu sahur yang murah meriah akan tetapi memiliki banyak gizi berikutnya adalah orak-arik telur kacang polong. Untuk kacang polong sendiri sebaiknya membeli yang beku di supermarket. Karena di dalam sebuah penelitian, sayuran yang beku akan menjaga kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Bahan-bahan yang bisa dipakai untuk membuat orak-arik telur kacang polong ini adalah telur, buncis dan wortel yang diiris dengan tipis dan kecil-kecil. Untuk minumannya visa dengan membuat jus belimbing yang kaya akan vitamin juga.

3. Sop daging (kentang, kacang polong, buncis) + tahu-tempe
Apabila bosan dengan makanan yang garing, sop daging ini bisa menjadi salah satu menu andalan untuk menu yang berkuah. Isi dari sop daging ini bisa ditambahkan dengan kentang, kacang polong, dan juga buncis sebagai sayurannya. Apabila masih dirasa kurang bisa ditambahkan tahu dan tempe sebagai pelengkapnya

Untuk daging sapi yang baik dan bagus adalah tenderloin karena rendah lemak, tetapi harganya mahal. Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena bisa diganti dengan iga sapi. Dan untuk makan penutupnya bisa dengan mengonsumsi buah pepaya yang memiliki tekstur lembut dan baik untuk pencernaan.

4. Dada goreng sambal lalapan + pisang panggang
Daripada membeli pecel ayam yang kurang terjamin kesehatannya lebih baik membuat sendiri lalapan sambal dada goreng untuk menu sahur. Untuk hasil yang lebih sehat sebaiknya goreng dada ayam tanpa kulitnya.

Karena makanan tersebut tidak memakai sayuran, sebaiknya juga membuat pisang panggang untuk menambah nutrisinya dan sebagai penutup makanan. Untuk pisang pangganggnya juga bisa ditambahkan meses ataupun keju. Dan setrakhir, untuk menurunkan kolesterol karena makanan yang berminyak tadi maka konsumsilah buah mangga.

5. Pepes lele
Ikan lele adalah salah satu ikan yang murah, dan kaya akan gizi. Selenium yang terkandung di dalam ikan lele ini sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga buat stamina pria.

Nah, pepes lele ini selain enak juga rendah kolesterol karena tanpa menggunakan minyak ketika memasaknya. Tetapi jika dirasa membuat pepes rumit bisa juga digoreng. Namun setelah mengonsumsi ikan lele goreng sebaiknya meminum jus mangga yang berguna untuk menurunkan kolesterol.

6. Oseng-oseng tahu-tempe kacang polong + telur ceplok
Menu selanjutnya bisa memasak oseng-oseng tahu tempe bumbu kecap ini apalagi ditambahkan dengan kacang polong pasti rasanya semakin lezat. Harga dari bahan-bahannya yang termasuk murah, tapi juga kaya kan gizi karena terdiri dari kacang-kacangan. Selain itu, membuatnya juga mudah karena hanya memakai bawang merah dan putih lalu kecap.

Apabila masih dirasa kurang bisa ditambahkan telur ceplok. Dan untuk makanan penutup bisa dengan mengonsumsi buah semangkan agar mulut juga terasa fresh.

Itulah tadi ulasan mengenai menu sahur yang hemat tapi kaya akan gizi, mungkin makanan tersebut bisa untuk dicoba dirumah dan menjadi menu andalan ketika sahur nanti, selain lezat juga hemat dikantong. Sekian semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates