Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » 7 Manfaat Mendengarkan Musik

7 Manfaat Mendengarkan Musik

7 Manfaat Mendengarkan Musik

7 Manfaat Mendengarkan Musik

7 Manfaat Mendengarkan Musik

7 Manfaat Mendengarkan Musik – Musik yang sangat dihayati terkadang membuat kita menari-nari sendiri, atau mengingatkan kita pada jaman lampau bahkan bisa masuk dalam susana yang sangat rileks apabila di dengarkan pada malam hari. Musik sendiri secara tidak langsung dapat mempengaruhi kehidupan kita dan berdampak positif.

Musik sendiri yang sering kali kita dengar bahkan tiap hari, mempunyai kekuatan khusus dalam menggerakkan emosi. Musik dapat membuat kita menjadi sedih, riang, bahkan dapat membuat rasa haru dan tidak jarang meneteskan air mata. Berikut ini adalah beberapam manfaat dari mendengarkan musik yang telah dibuktikan melalui sebuah penelitian.

1. Meredakan kecemasan
Dalam sebuah penelitian yang sudah dilakukan, mendengarkan sebuah musik bisa mengurangi gejala depresi dan meredakan stres, hal ini merupakan dampak psikologis dari mendengarkan musik itu sendiri. Selain itu penelitian lainnya yang berasal dari inggris mengatakan jika mendengarkan lagu-lagu tertentu bisa mengurangi rasa cemas sampai 65 persen. Hanya dengan mendengarkan musik ini saja kita bisa meredakan cemas dan menjadi pengganti sebuah obat yang tentu memiliki efek samping untuk kesehatan.

2. Memberikan suasana hati baik
Dalam sebuah riset telah dibuktikan jika mendengarkan musik bisa meningkatkan suasana hati dan membuat pendengarnya menjadi lebih bahagia. Hal ini bisa terjadi apabila kita mendengarkan musik yang gembira sehingga membuat kita seolah-olah merasa berjalan di hari yang sangat cerah.

3. Membantu penyembuhan
Pada saat putus dengan pasangan mungkin sering kali diantara kita mendengarkan musik dari Adele hingga berulang-ulang kali. Dalam sebuah riset ilmu pengetahuan, menyebut jika mendengarkan musik dapat membantu menyembuhkan diri. Hal ini dikarenakan mendengarkan musi yang sedih sesungguhnya memunculkan emosi yang positif.

Dalam sebuah studi pada tahun 2014 ditemukan, jika seseorang mendengarkan sebuah musik yang melankolis, biasanya akan mengalami lebih banyak rasa empati. Hal ini dikarenakan mereka terhubung dengan kesedihan yang ada di dalam musik itu, akan tetapi hal ini tidak berpengaruh pada dunia nyata dari kejadian sedih tersebut.

4. Motivator selama olahraga
Dalam sebuah penelitian, membuktikan jika musik bisa mendongkrak sebuah semangat pada saat sedang melakukan olahraga, dengan mendengarkan musik juga membuat lari lebih kencang dan lebih kuat. Selain itu, musik memberikan semangat dan menjadi kunci pada saat angkat beban.

5. Tidur lebih nyenyak
Pada sebuah studi yang dilakukan di tahun 2008, menyebutkan jika mendengarkan sebuah musik mampu meringankan gejala insomnia yang terjadi pada mahasiswa. Dalam sebuah riset lain juga ditemukan apabila musik bisa membuat kita berada dalam kondisi meditatif.

6. Meningkatkan performa
Apabila sedang mendapatkan sebuah pekerjaan yang besar, maka dengarkanlah sebuah musik pada saat bekerja. Dalam sebuah riset membuktikan jika musik latar bisa meningkatkan performa kognitif misalnya saja seperti tugas ujian akademis. Dalam penelitian lain juga ditemukan apabila musik bersemangat bisa membantu kita bekerja dengan sangat baik meski berada di bawah tekanan.

7. Setia dengan Anda
Musik merupakan salah satu cara untuk nostalgia dengan cepat. Para pakar sangat percaya apabila otak kita akan tetap dekat dengan musik dari masa muda kita. Hal ini dikarenakan mendengarkan musik tersebut di saat kita masih membangun diri sendiri, koneksi sosial dan di lingkungan yang ada di sekitar kita. Dengan cara sendiri tersebutlah, musik memberikan informasi mengenai identitas diri kita sendiri. Demikianlah informasi mengenai manfaat mendengarkan musik dalam kehidupan kita. Semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates