Thursday , 14 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan

Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan

Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan

Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan

Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan

Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan – Air tebu memiliki manfaat yang sangat luar biasa, air tebu sendiri dapat ditemukan pada saat musim kemarau dimana menjadi salah satu minuman yang dicari banyak orang. Umumnya, orang-orang menyukai rasa dan aroma dari air tebu yang memang sangat khas itu. Rasa manis alami dari air tebu dapat menyegarkan dan menjadikan pengganti energi tubuh yang hilang saat kondisi cuaca sedang panas.

Air tebu dengan rasa yang manis dan sangat khas tersebut, tentu mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Di dalam air tebu, terkandung berbagai jenis bahan-bahan yang sangat alami, sehingga tidak perlu untuk menambahkan gula karena memang rasanya yang sudah manis. Berikut ini adalah manfaat dari air tebu.

1. Meningkatkan Pasokan Energi Tubuh
Di dalam tebu terkandung sebuah senyawa aktif dan glukosa alami yang dapat meningkatkan energi bagi tubuh. Senyawa elektrolit dan glukosa yang ada di dalam tebu dapat meningkatkan energi, dikarenakan dapat mendorong metabolisme di dalam tubuh. Terlebih lagi zat gula yang ada di dalam tebu menjadi salah satu penambah energi yang paling banyak, terutama pada saat cuaca panas.

2. Aman untuk Penderita Diabetes
Bagi yang menderita diabetes tentu harus hti-hati dalam mengonsumsi sesuatu hal yang manis. Tetapi air tebu yang mengandung gula tersebut, ternyata sangat bagus bagi penderita diabetes. Gula alami yang ada pada air tebu dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini dikarenakan mengandung glikemik gula yang dimana lebih rendah dari gula jenis lainnya.

3. Melawan Kanker
Tebu merupakan tanaman sumber gula yang didalamnya terkandung antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan tersebut dapat bercampur dengan mineral dari sumber makanan lainnya yang ada didalam tubuh. Maka, reaksi ini sangat efektif untuk mencegah berbagai jenis kanker dan dapat menurunkan resiko terserang kanker payudara. Selain itu air tebu yang memiliki zat fitokimia tidak menimbulkan efek samping sama sekali.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Ginjal
Di dalam air tebu terkandung protein yang dapat membantu ginjal dalam menyaring semua cairan baik itu darah ataupun air. Selain itu, zat alkali yang ada di dalam air tebu dapat mencegah masalah ginjal. Untuk mengonsumsi resiko terserang penyakit ginjal, maka konsumsilah air tebu ini minimal dua kali dalam seminggu.

5. Mencegah Penyakit Infeksi Lambung
Di dalam air tebu terkandung kalium dengan jumlah yang sangat tinggi. Kalium sendiri sangat dibutuhkan tubuh dalam mengendalikan otot dan syaraf serta dapat menjaga kesehatan. Kaium yang ditemukan di dalam air tebu dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti infeksi pada lambung, dan bahkan dapat mengatasi diare atau sembelit.

6. Mencegah Kerusakan Gigi
Mineral yang terkandung di dalam air tebu sendiri sangat efektif dalam mengatasi bau mulut dan kerusakan gigi. Mineral sendiri sangat dibutuhkan oleh gigi untuk memperkuat struktur dan meningkatkan enzim khusus yang dapat mencegah terjadinya bau mulut. Apabila air tebu ini dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan kesehatan pada gigi dan membuat gigi tampak lebih putih.

7. Mengatasi Masalah Kesehatan Kuku
Apabila kita kekurangan nutrisi, hal ini dapat dilihat dari penampilan kuku. Pertanda awal kekurangan nutrisi pada kuku biasanya, kuku mudah rapuh, muncul bintik warna putih dan juga coklat serta muncul garis lurus pada kuku. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kita dapat memenuhinya dair air tebu ini karena mengandung nutrisi mineral dan sumber lain. Dengan mengonsumsi air tebu ini dapat membuat kuku lebih kuat dan penampilannya menjadi mengkilap.

8. Menjaga Kecantikan Kulit
Asam alpha yang ditemukan di dalam air tebu sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk mengurangi efek penuaan dini, mencegah jerawat dan menjaga agar kulit tetap lembut. Selain itu, asam glikolat yang ada di dalam tebu sangat baik untuk mencegah kulit berminyak dan kusam.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat air tebu, banyak sekali yang bisa ditemukan dari air tebu etrsebut yang sangat baik untuk kesehatan, jadi jangan ragu lagi terutama bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi air tebu ini. Sekian semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates