Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan – Beras merah biasanya dimanfaatkan untuk menu diet sehat sebagai penurun berat badan dan juga untuk penderita diabetes. Beras merah sama seperti halnya dengan beras putih yang juga mengandung karbohidrat di dalamnya. Selain itu, beras ini juga dikonsumsi seperti nasi pada umumnya yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia.

Penduduk indonesia seiring waktu berjalan mulai menyadari keunggulan dari beras merah itu sendiri daripada beras biasa yang dipakai sebagai makanan pokok. Nasi putih memang mempunyai rasa yang lebih lezat dibandingkan dengan nasi merah. Akan tetapi, di dalam beras merah terkandung zat gizi baik yang tidak dimiliki oleh nasi putih. Kapan kita harus mengonsumsi beras merah? Yakni pada saat diet, diabetes, mengalami penyakit jantung, menurnkan kolesterol dan meningkatkan HDL. Banyak sekali alasan kenapa beras merah lebih unggul daripada beras putih. Hal ini dikarenakan, nutrisinya yang sangat penting dalam mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan menjaga kesehatan. Berikut ini adalah manfaat dari beras merah.

1. Menurunkan Berat badan
Sudah banyak orang yang merasakan manfaat beras merah yang sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Rendahnya kalori yang ada pada beras merah sangat efektif dalam membantu dan juga mencegah perut buncit ataupun kelebihan kalori. Di dalam beras merah terkandung karbohidrat kompleks yang dapat menyuplai energi secara berkala pada tubuh, sehingga perut tidak akan merasa lapar dengan cepat. Apabila mengonsumsi beras merah ini ditambahkan dengan buah apel, maka program diet yang sedang dijalankan akan menghasilkan bentuk tubuh yang cukup indah dan juga sangat efektif.

2. Sehat Untuk Pencernaan
Beras merah memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, dimana dapat menyehatkan pencernaan, sehingga bisa terhindar dari masalah kesehatan yang bisa muncul pada pencernaan. Maka dari itu, sebaiknya konsumsilah makanan alami demi menjaga kesehatan dalah waktu jangka panjang. Serat yang ada i dalam beras merah juga sangat baik untuk usus dan membantu melancarkan metabolisme pada tubuh.

3. Mengontrol gula darah/baik untuk penderita diabetes
Bagi yang memiliki penyakit atau menderita diabetes, sebaiknya dari sekarang beralih pada beras merah ini, karena mengandung serat yang sangat tinggi dan juga kalori yang rendah daripada dengan beras putih.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat dan Meningkatkan kolesterol baik
Apabila kita mengalami masalah atau khawatir dengan kolesterol, seperti diabetes, maka sebaiknya dan wajib mengonsumsi beras merah ini daripada tetap mengonsumsi nasi putih yang menjadi menu pokok.

5. Mencegah terjadinya batu empedu
Di dalam beberapa penelitian, makanan yang mengandung serat seperti beras merah ini, seringkali dikaitkan dengan pencegahan batu empedu. Serat sendiri sangat mudah dicerna dan juga membantu melarutkan sisa makanan dalammembantu pembentukan empedu yang sehat.

6. Sumber antioksidan
Salah satu sumber yang baik untuk antioksidan adalah beras merah. Selain itu berbagaikandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam beras merah bisa membantu menangkal dan membuang radikal bebas di dalam tubuh.

7. Menjaga kesehatan tulang
Magnesium adalah sebuah zat yang berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi selain vitamin D dan kalsium.  Di dalam beras merah terkandung nutrisi magnesium yang dapat membantu dan menjaga kesehatan tulang dang gigi.

8. Kemungkinan dapat mencegah kanker
Selenium dan polifenol yang ada di dalam beras merah dipercaya bisa mencegah kanker usus besar. Selain itu, serat dan antioksidan yang terkandung bisa membantu tubuh untuk terhindar dari berbagai jenis penyakit kanker yang dikarenakan oleh radikal bebas.

Itulah tadi ulasan mengenai manfaat dari beras merah yang sangat baik untuk kesehatan, terutama yang menginginkan berat badan turun, menjaga kesehatan jantung dan juga diabetes. Demikian, smeoga bermanfaat bagi yang membaca.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates