Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Manfaat Berdzikir Bagi Kehidupan

Manfaat Berdzikir Bagi Kehidupan

Manfaat Berdzikir Bagi Kehidupan

Manfaat Berdzikir Bagi Kehidupan

Manfaat Berdzikir Bagi Kehidupan

Manfaat Berdzikir Bagi Kehidupan – Dizikir merupakan suatu doa yang dipunyai oleh agama islam. Doa dzikir sendiri berbeda dengan doa yang lain, pada dzikir fokus untuk doa kepada Allah. Doa dzikir ini memiliki tujuan untuk mengingat asma Allah. Pada ayat Al-Quran di dalamnya banyak terdapat ayat yang menyuruh umatnya untuk selalu mengingat Asmanya, salah satunya ayat 9 surat Al-Munafiqun.

Dalam islam mengingat Allah sangatlah dianjurkan oleh para kaum muslim. Dzikir adalah bentuk dan tindakan nyata dari mengingat asma Allah dan apabila melakukan dzikir akan mendapat akherat dan duniawi dari Allah SWT. Apabila kaum muslim lalai dan tidak berdzikir, maka kaum-kaum itu lah akan merasa merugi meski Allah tidak pernah mengatakan jika tidak berdzikir berdosa.

Dzikir tidak hanya terbatas dari bacaan doa yang berbahasa arab saja, akan tetapi juga harus lebih jauh lagi masuk ke dalam relung perasaan, yang dimana titik manusia yang membuang semua masalahnya yang sedang dihadapi dan masalah yang lain yang dipikirkan. Sehingga perasaan menjadi kosong, dan inilah kemudian diisi dengan kebesara dari Allah SWT. Maka dengan demikian, manusia bisa merasakan kehadiranNya. Maka dapat disimpulkan apabila berdzikir harus dijalankan dengan ikhlas dan jujur dari dalam hati untuk Allah SWT. Selain itu berdzikir ayat-ayat Allah tentu akan mempunyai berbagai manfaat untuk kita. Dzikir sendiri memiliki manfaat yang secara langsung ataupun tidak langsung. Berikut ini adalah manfaat dari setelah berdzikir.

1. Menenangkan hati dan pikiran
Memfokuskan diri kepada Allah dengan membuat hati dan pikiran kosong tentu akan membuat lega kerja otak meskipun sebentar, yang dimana cukup untuk membuat perasaan dan otak menjadi tenang.

2. Kemenangan dan kekuatan
Dengan menyebut, mengingat dan juga meminta pertolongan Allah, maka secara tidak sadar kemampuan dari seseorang akan menjadi naik dan kemungkinan hal yang tidak mungkin akan terjadi, seperti pepatah dalam islam yang menyebutkan apa yang terjadi maka terjadilah, hal tersebut apabila secara logika tidak kaan terjadi akan tetapi jika Allah berkehendak maka terjadilah. Hal ini lah yang selalu dilakukan oleh Ali Bin Abi Thalib, salah satu sahabat Rasulullah SWT yang selalu berdzikir sebelum tiba perang meskipun tentaranya sangat sedikit dan tidak cukup kuat tetapi seperti yang sudah diketahui jika kerajaan islam sendiri sampai ke tanah Eropa.

3. Menjauhkan dari siksa api neraka
Dengan melakukan dzikir membuat manusia selalu mengingat Allah SWT. Selanjutnya, manusia akan mengingat apa yang sudah menjadi larangan dan pantangan Allah SWT, maka hal tersebut tentu akan dijauhi. Watak manusia sendiri akan lebih mengingat kepada Allah SWT pada saat sedang susah dan akan lupa apabila sedang senang. Hal ini tentu menjadi ujian untuk setiap orang masing-masing agar selalu mampu mengingat Asma Allah SWT. Dan juga agar tidak terjerumus ke neraka. Selain itu, dengan berdzikir juga bisa untuk mengakui dosa kepada Allah SWT dan juga tempat untuk meminta maaf atas kesalahan yang lalu pada Allah SWT.

4. Ketenangan Jiwa
Biasanya manusia lebih fokus pada hal duniawi dan melupakan kehidupan sesudahnya. Manusia akan selalu menggebu-gebu dan terburu-buru akan duniawi. Dengan melakukan dzikir maka akan membuat hal tersebut hilang perlahan-lahan, dikarenakan dalam islam duniawi bukan satu-satunya yang perlu dan harus untuk dikejar. Jiwa dan pikiran tentu tidak akan menjadi serakah setelah berdzikir.

Rasulullah SAW sendiri senantiasa mengajarkan umatnya untuk selalu berdzikir kepada Allah SWT, karena beliau mengetahui manfaat luar biasa dari berdzikir. Waktu yang pas untuk berdzikir biasanya dilakukaan pada saat menjelang maghrib ke isya dan bisa juga sesudah isya. Maka dari itu kegiatan akherat dan duniawi harus dijalankan dengan seimbang, karena dua-duanya juga penting. Demikianlah manfaat dari berdzikir, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates