Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Manfaat Berperilaku Jujur Bagi Kehidupan

Manfaat Berperilaku Jujur Bagi Kehidupan

Manfaat Berperilaku Jujur Bagi Kehidupan

Manfaat Berperilaku Jujur Bagi Kehidupan

Manfaat Berperilaku Jujur Bagi Kehidupan

Manfaat Berperilaku Jujur Bagi Kehidupan – Sikap jujur perlu dan harus diterapkan sejak dini. Hal ini dikarenakan orang yang mempunyai kejujuran tinggi bisa membantu kehidupan masa depannya. Karakter jujur adalah salah satu hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh tiap orang. Banyak manfaat yang bisa di dapat apabila kita membiasakan diri untuk hidup dengan jujur, baik di dalam lingkungan keluarga, masyarakat ataupun di lingkungan pendidikan. Berikut ini manfaat dari hidup dengan kejujuran.

1. Memiliki banyak teman
Orang yang terbiasa dengan perilaku jujur semenjak kecil akan mempunyai banyak teman, karena dengan bersikap jujur, teman atau orang yang berada di sekitar kita akan mempunyai kepercayaan pada kita. Sehingga, secara tidak langsung banyak teman atau orang yang mendekati kita. Mempunyai banyak teman tentu bisa membuat kita senang dan bahagia.

2. Meningkatkan percaya diri
Terbiasa dengan sikap jujur terutama terkait hal prestasi tentu akan dapat meningkatkan rasa percaya diri kita. Selain itu, dengan jujur kita dapat mengetahui dan mengukur sampai mana kemampuan yang dimiliki kita dalam mata pelajaran. Apabila kita sudah terbiasa untuk berperilaku jujur maka rasa percaya diri kita akan terus tumbuh.

3. Disayang Allah
Allah menyukai seseorang yang memiliki perilaku jujur, karena perilaku jujur tersebut adalah perilaku yang sangat terpuji. Orang yang dicintai atau disangi oleh Allah akan mempunyai kemudahan dalam menjalani kehidupan, hal ini dikarenakan Allah akan menolong hambanya yang dekat denganNya.

4. Merasakan bahagia
Apabila tidak dibiasakan semenjak dini, maka perilaku jujur sangat sulit untuk dilakukan. Berperilaku jujur memang lah sulit pada nyatanya, akan tetapi apabila kita terbiasa jujur maka dapat menyebabkan kita merasa bahagia, yang dimana rasa bahagia tersebut tidak dipunyai oleh orang lain.

5. Disayangi guru dan juga orang tua
Guru ataupun orangtua, tentu sangat menyukai murid atau anak-anaknya yang berperilaku jujur. Hal ini dikarenakan berperilaku jujur bisa menimbulkan perasaan simpati atau memunculkan rasa sayang pada seseorang yang berperilaku jujur.

6. Kejujuran menciptakan kenyamanan
Berperilaku jujur akan membuat kita merasa nyaman, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan bahkan masyarakat. Sehingga, berperilaku jujur pada siapapun akan membuat dii kita merasa nyaman, damai dan tenang

7. Dapat dipercaya
Apabila kita berperilaku jujur, maka salah satu keuntungan yang paling besar adalah kita dapat dipercaya oleh masyarakat, guru, teman dan juga keluarga. Dengan kita terbiasa berperilaku jujur maka kita dapat terjindar dari tuduhan-tuduhan yang tidak dilakukan oleh kita, karena kita telah mempunyai image yang cukup baik di mata masyarakat.

8. Mendapat pujian
Pujian pasti akan datang apabila kita berperilaku jujur, meski kita tidak menginginkannya. Hal ini dikarenakan orang-orang pasti menyukai seseorang yang terbiasa bersikap jujur, karena orang yang berperilaku jujur tentunya tidak akan merugikan orang lain dan bahkan orang yang berperilaku jujur justru akan membantu kelancaran dari orang lain. Sehingga, ini lah yang menjadi alasan mengapa seseorang yang terbiasa berlaku jujur akan mendapatkan pujian.

9. Mendapatkan pahala
Orang yang berperilaku jujur tentunya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Hal ini dikarenakan berperilaku jujur merupakan termasuk perilaku yang sangat terpuji seperti yang dijelaskan sebelumnya. Sehingga, pahala tersebut menjadi tabungan kita kelak nanti pada saat berada di akhirat.

10. Mendapat kebaikan untuk diri sendiri maupun untuk orang lain
Dengan berperilaku jujur, tentu kita akan mendapatkan kebaikan untuk diri sendiri ataupun orang lain. Salah satu manfaat berperilaku jujur bagi orang lain adalah, dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan permasalahan dan lainnya. Selain itu, berperilaku jujur untuk diri sendiri memiliki manfaat yakni kita dapat dipercaya oleh orang lain, dapat meningkatkan prestasi dan juga disayangi oleh orang lain baik oleh keluarga, masyarakat ataupun teman.

Itu tadi berbagai manfaat berperilaku jujur yang bisa kita dapatkan jujur memang sesuatu hal yang sangat mudah terucap, tetapi berperilaku jujur sangat sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, berperilaku jujur sebaiknya sudah diterapkan sejak dini. Hal ini dikarenakan apabila kita berperilaku jujur sejak dini maka akan membentuk karakter yang baik di masa yang akan datang. Sekian, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates