Friday , 23 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Membaca Buku Bagi Kesehatan

Manfaat Membaca Buku Bagi Kesehatan

Manfaat Membaca Buku Bagi Kesehatan

Manfaat Membaca Buku Bagi Kesehatan

Manfaat Membaca Buku Bagi Kesehatan

Manfaat Membaca Buku Bagi Kesehatan – Membaca buku ternyata tidak hanya menambah pengetahuan ataupun mendapatkan sebuah informasi yang ada di seluruh dunia ini, akan tetapi juga mempunyai keuntungan untuk kesehatan kita sendiri.

Peneliti kesehatan dunia juga mengemukakan jika ada dampak lain yang positif dari membaca. Kebiasaan membaca buku menurut peneliti tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan melakukan aktivitas membaca seperti misalnya saja membaca buku tentang cerita misteri, bisa mendorong otak untuk berkosentrasi dan berpikir. Apabila, aktivitas ini dilakukan secara rutin, tentu akan menjadikan otak berkembang dan juga berdampak positif untuk organ lain di dalam tubuh. Berikut ini ulasan menganai manfaat dari membaca buku untuk kesehatan.

1. Meringankan stres
Faktor yang menyebabkan munculnya penyakit berbahaya salah satunya adalah, terjadi peningkatan denyut jantung, dan ketegangan otot yang disebabkan oleh stres pada saat menjalankan kegiatan sehari-hari. Membaca buku dapat menghilangkan atau mengurangi stres, khususnya pada saat membaca buku fiksi ataupun novel sebelum tidur, hal ini tentu akan menenangkan.

2. Mencegah datangnya penyakit Alzheimer
Penyakit alzheimer atau kehilangan memori pada usia dini dapat menjauh apabila otak sering dipakai untuk berfikir, misalnya seperti memecahkan teka-teki, membaca majalah dan membaca buku. Di dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, mengungkapakan jika penelitian tersebut yang dilakukan pada tahun 2001, membaca buku sama halnya dengan melakukan aktivitas fisik lainnya, yang bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang, menjaga tensi jantung serta terhindar dari serangan penyakit.

3. Membentuk pola tidur yang sehat
Membaca buku biasanya dapat dijadikan untuk pengantar tidur, sehingga hal ini bisa dilakukan bagi orang yang mengalami kesulitan tidur ini bertujuan agar tidurnya nyenyak. Pada saat sedang membaca, otak akan mengirimkan sinyal yang menjadi alarm bagi tubuh jika sudah saatnya untuk tidur. Ini adalah salah satu cara untuk memperoleh tidur yang berkualitas dan pada pagi hari bangun dengan segar. Tidur berkualitas sendiri seperti yang sudah diketahui sebelumnya dangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meregenerasi sel.

4. Mengurangi depresi
Sebuah penelitian yang dipublish di dalam jurnal PLOS ONE, menyatakan jika membaca buku pada saat sendiri adalah terapi yang sangat bagus bagi tubuh manusia. Terapi yang dimaksudkan adalah biblioterapi yaitu terapi yang bisa mencegah terjadinya depresi. Depresi yang berat bisa dikurangi dengan hanya membaca buku, selain itu, membaca buku dapat  membangkitkan sebuah motivasi dalam melakukan suatu perubahan.

5. Meningkatkan konsentrasi
Bagi yang memiliki hobi membaca sebuah buku, biasanya mempunyai sebuah otak yang lebih baik dalam konsentrasi ataupun memiliki fokus yang lebih. Hal ini dikarenakan pada saat membaca sebuah buku, otak dilatih untuk terus memperhatikan peristiwa yang ada di dalam buku yang dibaca oleh seseorang tersebut. Apabila kemampuan fokus ini terus di asah, maka pada saat mempunyai atau menghadapi sebuah masalah di kehidupan nyatanya, mereka akan cenderung untuk lebih teliti dan teratur dalam penyelesaian masalah atau urusan. Hal inilah yang menjadikan kelebihan dari orang yang membaca sebuah buku.

Pada saat menjalankan aktivitas rutin sehari-hari seseorang sangat membutuhkan kemampuan untuk berkosentrasi agar aktivitasnya berjalan lancar, hal ini juga berlaku terutama bagi anak-anak yang masih di bangku sekolah agar mereka bisa memahami pelajaran yang telah disampaikan oleh gurunya di dalam kelas tersebut. Kemampuan akan konsentrasi ini bisa dilatih mulai dari kecil, yaitu salah satunya adalah dengan mengenalkan anak pada dunia buku. Demikian informasi mengenai manfaat membaca buku, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates