Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Manfaat Menabung Bagi Kehidupan

Manfaat Menabung Bagi Kehidupan

Manfaat Menabung Bagi Kehidupan

Manfaat Menabung Bagi Kehidupan

Manfaat Menabung Bagi Kehidupan

Manfaat Menabung Bagi Kehidupan – Tahukah kalian jika menabung memiliki manfaat yang membuat hidup kita jauh lebih baik?. Boros atau yang dalam bahasa inggrisnya adalah being spendthrift adalah suatu pilihan yang salah. Pada saat kita dapat menabung maka secara tidak langsung kita sudah mengatur keuangan diri sendiri. Dalam menabung sesungguhnya bukanlah hal yang sulit, akan tetapi butuh konsistensi dalam menjalankannya. Ibaratnya seperti ini, jika kita ingin menabung misalnya 20 ribu perhari dan secara tidak langsung kita mengkalkulasikannya pasti dalam satu bulam akan mendapat 600 ribu. Tentu ini jumlah yang sangat lumayan. Tetapi, jika dalam praktiknya kita tidak rajin dalam menabung 20 ribu sehari dan juga merasa menabung itu sangat sulit sekali maka untuk mengeluarkan uang 20 ribu saja kecelengan akan sulit. Apabila kita bersabar dan konsisten maka hal ini akan berdampak positif bagi diri kita.

Menabung dalam Kamus Besar Bahas Indonesia atau KBBI merupakan menyimpan uang di dalam celengan, pos, bank dan sebagainya. Meski berapapun nominal yang sudah kita sisihkan untuk setiap harinya atau dalam waktu tertentu adalah kegiatan atau aktivitas menabung. Nah, mulai dari sekarang alangkah baiknya untuk dibiasakan menabung, karena banyak manfaat yang dapat diperoleh. Berikut ini manfaat yang bisa diperoleh apabila kita menabung.

1. Belajar hidup hemat
Dengan melakukan aktivitas menabung, kita dapat belajar hidup hemat. Tentu perilaku atau sikap boros pun akan menghilang secara perlahan-lahan. Cobalah untuk menabung ini pasti akan membuat ketagihan. Berhemat menurut banyak orang memang beda tipis dengan sifat pelit. Tetapi kenyataannya tidak begitu juga, pelit sendiri mempunyai dampak negatif bagi diri sendiri dan juga orang lain, berbeda dengan menabung yang justru sebaliknya.

2. Memiliki cadangan keuangan dalam kebutuhan mendesak
Pada saat kita rajin menabung, kita tidak akan pusing sengan kebutuhan yang mendesak yang datang secara tiba-tiba. Dengan menabung, tentu ini akan menjadi cadangan saat kita membutuhkannya. Maka dari itu, berapapun nominal uang yang kita bisa sisihkan sebaiknya ditabung.

3. Mencegah untuk berhutang
Dengan menabung juga dapat mencegah diri kita dari jeratan hutang. Kok bisa? Hal ini dikarenakan pada saat kita menabung, secara otomatis kita mempunyai cadangan keuangan yang dimana bisa dipakai suatu saat nanti dalammemenuhi kebutuhan yang mendesak. Tetapi bagaimana apabila tidak memiliki tabungan? Pasti kita akan berhutang untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak, tentu hal ini jangan sampai terjadi.

4. Investasi jangka panjang
Menabung adalah salah satu investi jangka panjang. Banyak orang mengatakan jangan lah menabung di bank, karena dikhawatirkan terkena inflasi. Apabila tidak mau terjadi demikian, maka dapat menabung dalam bentuk emas atau bisa juga diinvestasikan ke bisnis yang kiranya dapat meningkatkan keuangan kita. Tentunya harus bisnis yang halal juga.

5. Belajar untuk bersabar
Menabung adalah salah satu cara untuk belajar bersabar juga. Kita dapat menahan hawa nafsu untuk melakukan kegiatan pemborosan. Pada saat kita bisa menahan pemborosan tersebut, maka secara tidak langsung kita telah belajar bersabar juga.

6. Melatih hidup sederhana
Dengan menabung kita juga dapat melatih hidup sederhana. Tidak menjadi boros dan serba merasa cukup. Dalam artian cukup adalah tidak kurang ataupun tidak lebih. Bukan cukup apabila membeli mobil, cukup untuk membeli makan mahal ataupun untuk keperluan yang tidak penting sama sekali.

Demikianlah manfaat dari menabung bagi kehidupan kita, maka jangan ragu untuk menabung dan hidup hemat agar masa depan kita juga terjamin. Sekian, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates