Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan – Rebung adalah sejenis kecambah yang tumbuh di samping tanaman bambu. Tunas bambu ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi alternatif bahan makanan seharinya. Rebung sendiri rasanya lezat, dan juga memiliki banyak akan nutrisi sehingga menjadikan rebung ini sebagai salah satu makanan yang menyehatkan dan populer di dunia.

Rebung sekarang ini sudah menyebar luas sampai ke negara barat dan menjadi salah satu makanan yang sudah banyak dikonsumsi di berbagai belahan dunia, terutama di negara-negara Asia. Berikut ini adalah beberapa macam manfaat rebung untuk kesehatan diantaranya adalah:

1. Membantu menurunkan berat badan
Rebung memiliki manfaat dalam proses menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat, kalori, gula dan lemak pada rebung sangat kecil, dan hampir tidak ada. Sehingga, rebung dapat menjadi makanan yang sangat ideal untuk seseorang yang ingin menjalankan program penurunan berat badan.

2. Menjaga kesehatan jantung
Dalam sebuah studi, dijelaskan kandungan fitonutrien dan pitosterol yang ada di dalam rebung sangat bergunan dalam membantu melarutkan kolesterol jahat, yang sangat berbahaya bagi tubuh. Tentu hal ini bisa membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mengontrol kandungan kolesterol dari arteri

3. Membantu mengontrol kolesterol
Dengan mengonsumsi rebung bisa juga untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh dan bisa juga untuk menormalkan kadar gula di dalam darah. Hal ini dikarenakan kalori dan lemak di dalam rebung tidak ada. Dalam sebuah penelitian yang sebelumnya dilakukan oleh Park dan John di Washington State University dimana dengan mengonsumsi rebung mempunyai dampak menguntungkan terhadap kolesterol, fungsi usus dan lipid.

4. Menurunkan resiko kanker
Di dalam beberapa penelitian yang sudah dilakukan, menunjukkan jika daun rebung mempunyai kandungan pitosterol seperti amilase, flavon dan klorofil. Kandungan klorofil yang ada di dalam daun rebung dapat menangkal penyakit kanker. Selain itu, di dalam rebung juga terkandung zat alami berupa fitokimia yang diyakini bisa mencegah kanker dan meminimalisir reiko pengerasan arteri.

Rebung secara khusus juga terkandung lignan yang bisa melawan kanker, jamur, virus dan bakteri. Di dalam rebung juga ditemukan asam fenolik yang mempunyai manfaat antioksidan dan anti inflamasi properti.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Berbagai kandungan yang ada di dalam rebung seperti vitamin, mineral, dan juga antioksidan sangat membantu dalam peningkatan sistem daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh.

6. Menyehatkan sistem pencernaan
Di dalam rebung terkandung serat yang sangat tinggi. Dengan mengonsumsi rebung berarti tubuh sudah memperoleh serat dengan jumlah yang cukup untuk tubuh. Serat sendiri merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting dalam menunjang kelancaran pada sistem pencernaan dan melindungi usus agar tetap sehat.

7. Mengobati bisul
Dalam penelitian yang sudah dilakukan oleh Sundaraj dan Muniappan dari India, menyebutkan jika rebung mempunyai manfaat alami sebagai agen anti-inflamasi dan juga sifat analgesik yaitu sifat menghilangkan rasa nyeri. Hal ini tentu bisa membantu penyembuhan pada kondisi seperti luka luar, ulkus dan juga bisul.

8. Mengatasi gangguan pernafasan
Rebung diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sangat efektif  dalam mengatasi ganggunan pada pernapasan. Caranya pun cukup mudah, yaitu pertama rebus tunas rebung sampai dua kali perebusan. Pada saat perebusan pertama kali, harus menunggu sampai mendidih hingga 5 menit dan untuk keduanya kurang lebih 10 menit. Lalu tambahkan madu pada air rebusan rebung tersebut.

9. Agen detoksifikasi
Sebagai pengobatan tradisional orang india dahulu kala, ekstrak dari rebung dipercaya dapat mengeluarkan racun.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat dari rebung bagi kesehatan, semoga semakin menambah pengetahuan, wawasan dan juga kesehatan bagi pembaca dan yang suka mengonsumsi rebung ini. Semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates