Thursday , 14 December 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi Dan Ekonomi

Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi Dan Ekonomi

Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi Dan Ekonomi

Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi Dan Ekonomi

Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi Dan Ekonomi

Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi Dan Ekonomi – Terumbu karang atau coral reef tidak hanya sekedar menjadi tempat hidup dan berkembang biak biota laut. Akan tetapi, terumbu karang memiliki peran dan fungsi yang tidak dapat diremehkan untuk lingkungan baik di laut, pesisir ataupun darat serta untuk kehidupan manusia.

Terumbu karang memiliki manfaat secara ekologi yang berarti bahwa terumbu karang memiliki peran yang berkaitan dengan makhluk hidup dengan lingkungan yang ada di sekitarnya, dimana hubungan ini bersifat timbal balik. Dalam hal ini manfaat dari terumbu karang secara ekologi memiliki peran dan fungsi tertentu untuk alam sekitar ataupun biota laut yang lain. Lingkungan sendiri bisa berupa tempat atau habitat dari terumbu karang, baik pesisir ataupun daratan. Berikut ini manfaat terumbu karang secara ekologi.

1. Penunjang
Sabagai satu kesatuan ekosistem, terumbu karang secara langsung menjadi penunjang beragam jenis makhluk hidup yang ada di sekelilingnya. Pada terumbu karang tersedia tempat tinggal, mencari makan dan berkembang biak untuk beragam biota laut. Apabila terumbu karang rusak makan akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup dan kelestarian dari berbagai tumbuhan dan hewan laut.

2. Sumber Keanekaragaman Hayati yang Tinggi
Dengan adanya terumbu karang menjadikan ekosistem dengan keanekaragaman hayati sangat tinggi dibandingkan dengan ekosistem laut yang lain. Dengan memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, terumbu karang menjadi sumber keanekaragaman spesies dan genetik. Keanekaragaman genetik sendiri menjadikan banyak ditemukannya keberagaman variasi makhluk hidup yang mempunya daya tahan hidup yang lebih baik. Sementara itu, keanekaragaman spesies menjadikan banyaknya jenis biota yang bisa dimanfaatkan.

3. Pelindung Pantai dan Pesisir
Terumbu karang, padang lamun, dan hutan bakau adalah ekosistem yang memiliki keterkaitan dalam melindungi pantai serta wilayah pesisir. Terumbu karang dapat memperkecil energi ombak ke sekitar daratan. Lalu energi ini juga diperkecil oleh adanya padang lamun dan terakhir oleh hutan mangrove. Hal ini menyebabkan ombak yang menuju daratan tidak merusak pantau ataupun mengakibatkan abrasi pantai. Sehingga ekosistem yang ada di laut pun terlindungi.

4. Mengurangi Pemanasan Global
Terumbu karang dapat mengurangi gas karbondioksida atau CO2. Hal ini dikarenakan gas CO2 diubah oleh batuan karang menjadi sebuah zat kapur yang merupakan bahan baku terumbu karang tersebut. Proses ini disebut dengan kalsifikasi, dalam hal ini karang dibantu oleh zooxanthellae yang merupakan tumbuhan bersel satu yang dapat hidup pada jaringan tubuh karang

Selain memiliki manfaat secara ekologi, terumbu karang juga memiliki manfaat secara ekonomi. Berikut ini adalah manfaat dari adanya terumbu karang.

1. Sumber Makanan
Terumbu karang adalah salah satu tempat hidup dan berkembang biak bermacam-macam jenis biota laut. Dengan banyaknya jenis tersebut seringkali juga dimanfaatkan untuk dijadikan sumber makanan oleh manusia, misalnya saja rumput laut, udang, ikan. Kepiting dan teripang.

2. Sumber Bahan Dasar untuk Obat dan Kosmetik
Beragam jenis alga dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan kosmetik dan pembungkus kapsul. Dari beberapa hewan laut yang hidup di terumbu karang pun disebut-sebut mempunyai senyawa kimia yang bermanfaat sebagai bahan anti radang, antibiotika dan juga anti kanker. Selain itu, masih banyak lagi biota laut yang hidup diterumbu karang yang memiliki manfaat dan belum tergali potensinya

3. Sebagai Objek Wisata
Terumbu karang dapat dijadikan sebagai objek wisata. Hal ini karena keindahannya dan biasanya dijadikan taman laut, snorkeling dan berbagai wisata laut lainnya.

4. Sumber Mata Pencaharian
Adanya terumbu karang bisa menunjang perekonomian di masyarakat. Dimana masyarakat mempunyai mata pencaharian seperti menjadi nelayan, petani rumput laut dan lainnya. Terumbu karang yang dijadikan objek wisata pun dapat menciptakan beragam lapangan pekerjaan untuk masyarakat dimulai dari pemandu wisata, penyewaan kapal, warung makan, cinderamata bahkan menyediakan jasa penginapan.

Itulah tadi mengenai manfaat terumbu karang secara ekologi dan ekonomi bagi kehidupan manusia dan keberlangsungan lingkungan di sekitar kita, sekian semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates