Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Atasi Sakit Pinggang Secara Aman dan Mudah

Atasi Sakit Pinggang Secara Aman dan Mudah

Atasi Sakit Pinggang Secara Aman dan Mudah

Atasi Sakit Pinggang Secara Aman dan Mudah

Atasi Sakit Pinggang Secara Aman dan Mudah

Atasi Sakit Pinggang Secara Aman dan Mudah – Cara mengatasi sakit pinggang secara mudah, alami dan juga cepat. Sobat pasti pernah ya mengalami sakit pinggang? Rasanya itu nyeri, pinggang terasa kaku dan susah untuk bebas bergerak. Hati-hati lho Sobat, bila dibiarkan bertahun-tahun dan dianggap sepele, maka bisa merembet ke area atas tulang bagian belakang dan memicu punggung semakin kaku dan kian bungkuk.

Guna mengatasi atau mengobati sakit pinggang, kita pun mesti tahu beberapa hal-hal yang akan menimbulkan sakit pada pinggang ini. Beberapa hal ini bisa menimbulkan  sakit pinggang pada umumnya ialah :

1. Kurangnya olahraga
Kurangnya pergerakan tubuh, tulang dan sendi-sendi, mengakibatkan persendian tulang tidak lentur. Oleh karena itu dianjurkan untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki, mengangkat air, menyiram bunga, menyapu, ataupun jalan kaki membeli sayur mayur ke warung didekat Anda. Mudah bukan? Terutama bagi Anda dengan profesi berkutat di depan meja kerja di kantor, pulang pergi ke kantor naik mobil dan tidak sempat melakukan aktivitas olahraga.

2. Tidur di tempat dengan alas sangat lentur

Keadaan itu bisa membuat tulang belakang mengikuti alas tempat tidur yang lentur sehingga tidak pada posisi normal dan membuat tulang dan sendi tidak pada posisi normal lurus.

3. Gangguan pada struktur tulang dan fungsi tulang belakang

Gangguan tulang belakang juga dapat memicu terjadinya sakit pinggang. Seperti kifosis atau disebut tulang yang terlalu membungkuk kedepan, lordosis yaitu tulang yang membungkuk ke belakang dan skoliosis yaitu tulang yang membengkok membentuk huruf seperti huruf s.

4. Adanya penyakit lain yang menyertai

Munculnya sakit pinggang pun dapat dikarenakan adanya penyakit seperti penyakit ginjal, gangguan metabolik, jantung, kanker, serta penyakit tulang.

5. Penggunaan High Heels

Memakai sepatu dengan tumit tinggi akan memaksa tubuh melengkung ke depan dan menjadi penyebab sakit pinggang. Keadaan ini terjadi karena keseimbangan tubuh terganggu.

6. Sikap badan yang salah

Sikap badan membungkuk ketika berkerja, ketika mengangkat barang atau beban pun menimbulkan terjadinya sakit pinggang.

Ada beberapa cara mengatasi sakit pinggang secara alami. Bagi Sobat yang tengah sakit pinggang, bisa menerapkan agar sakit pinggang sembuh.

1. Sediakan cabe rawit dan jahe, direndam dalam air alkohol selama 2 minggu. Lalu balurkan air hasil rendaman cabe rawit dan jahe dalam alkohol ke sekitaran pinggang yang nyeri dan sakit.

2. Gunakan temu lawak, daun dewa segar dan daun hia masing-masing 35 gram, rebus dalam 500 cc air sampai mendidih. Usahakan rebusanya tinggal menyisakan 200 cc, lalu diminum air rebusan ketika masih hangat-hangat. Lakukan 3 kali dalam sehari selama 1 bulan.

3. Siapkan masing-masing jahe, temu hitam, akar sawi dan daun dewa 30 gram, kemudian rebus dalam air mendidih 700 cc, rebus sampai air tersisa tinggal 350 cc, setelah itu air rebusan disaring dan diminum dalam kondisi hangat-hangat. Di minum 3 kali sehari selama 1 bulan.

4. Sediakan bawang putih, jahe merah dan cabe sebanyak masing-masing 140 gram, direndam dalam alkohol 75% selama 2 minggu. Balurkan air rendaman bawang putih, jahe merah dan cabe ke bagian pinggang yang sakit kurang lebih gunakan cara itu 3 kali sehari selama 1 bulan.

5. Mandi dengan air hangat
Mandi dengan air hangat dapat menolong menyembuhkan sakit pinggang, hal itu dikarenakan air hangat bisa mengendurkan otot sehingga otot semakin rileks serta melancarkan aliran darah.

7. Menjalani terapi pijat
Terapi ini bermanfaat yaitu otot-otot di area pinggang akan berkurang, memperbaiki sirkulasi darah, rasa sakit nyeri otot yang tidak terlalu serius.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates