Thursday , 14 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Aman dan Mudah Mengobati Sakit Mata

Cara Aman dan Mudah Mengobati Sakit Mata

Cara Aman dan Mudah Mengobati Sakit Mata

Cara Aman dan Mudah Mengobati Sakit Mata

Cara Aman dan Mudah Mengobati Sakit Mata

Cara Aman dan Mudah Mengobati Sakit Mata – Cara menangani mata merah dan gatal juga perih secara alami, mudah dan terbukti. Anda tentu pernah merasakan sakit mata merah karena terkena debu atau iritasi ringan. Mata merah atau konjungtivitis memang sangat mengganggu. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, mata merah juga membuat penampilan kita jadi kurang sedap dipandang.

Penyebab mata merah biasanya bisa karena reaksi alergi, infeksi virus, atau bisa juga karena infeksi bakteri. Mata merah bisa menular ke orang terdekat Anda bila penyebabnya karena bakteri dan virus, bukan karena alergi. Bukan hanya ketiga penyebab di atas, mata merah pun disebabkan karena Anda terlalu sering di depan komputer, kurang tidur, dan kekurangan asupan vitamin dalam tubuh. Bagi Anda yang sering berada di depan komputer atau televisi, ada baiknya untuk menjaga jarak pandang mata dengan layar. Selain itu, jangan lupa untuk berkedip agar dapat menjaga mata kita tetap lembap. Jangan sampai karena terlalu asyik menonton TV, Anda sampai lupa berkedip. Hehe…

Cara Mengobati Mata Merah Karena Iritasi
Ciri-ciri jika Anda mengalami sakit mata, awalnya mata terasa pedih dan warnanya mulai memerah, kemudian membengkak dan rasanya sulit untuk membuka mata. Hal ini bisa terjadi karena adanya penumpukan kotoran.
Di bawah ini akan dijelaskan cara mengobati mata merah, di antaranya ialah :

1. Jangan mengucek mata
Hal ini memang sepele. Tapi berhenti menggosok mata bisa cukup meredakan mata merah. Awalnya memang terasa gatal, tapi jika Anda mampu mengalihkan keinginan untuk mengucek mata, maka lama-kelamaan rasa gatalnya akan hilang.

2. Hindari penggunaan soft lens atau contact lens

Lensa kontak akan menjadikan penampilan Anda lebih menawan. Namun pemakaian lensa kontak dalam jangka waktu yang terlalu lama dapat membuat mata Anda iritasi. Bila mata sudah mulai merah, ada baiknya untuk menghentikan pemakaian atau gunakan kacamata minus bagi Anda yang menderita rabun jauh.

3. Kompres mata dengan air hangat

Kompres mata Anda dengan air hangat agar dapat mengurangi rasa sakit dan menghilangkan kelopak mata yang bengkak.

4. Gunakan obat tetes mata

Saat ini banyak tersedia obat tetes mata dalam berbagai merek di apotek. Anda bisa memilih jenis obat mata yang paling cocok untuk keluhan yang Anda rasakan. Cara pemakaian obat tetes mata pun tidak sulit, Anda cukup dengan meneteskan obat mata saja dan mata Anda akan membaik.

5. Menggunakan daun sirih

Ambil beberapa lembar daun sirih yang masih muda dan segar, kemudian cuci hingga bersih. Daun sirih yang telah bersih tadi direbus sampai mendidih. Sesudah dingin, saring air rebusan daun sirih dan dipakai untuk mencuci mata Anda yang terkena iritasi. Atau Anda juga bisa menyelupkan mata ke dalam air rebusan daun sirih.

6. Menggunakan irisan timun

Irisan timun ternyata bisa Anda gunakan untuk mengobati mata gatal. Caranya mudah sekali, Anda hanya tinggal meletakkan irisan timun pada kelopak mata. Timun mengandung zat yang mampu menolong mencegah bakteri di dalam mata.

Mentimun ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengencangkan kulit wajah Anda secara alami, penasaran bagaimana caranya yuk baca di Cara Terbaik Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

7. Menggunakan irisan kentang

Kalau tidak memiliki timun, Anda pun dapat mengubahnya dengan irisan kentang. Supaya lebih efektif, gunakan irisan kentang yang dingin sehingga membuat mata Anda menjadi rileks dan pastinya dapat meredakan mata merah.

8. Menggunakan susu

Susu ternyata bukan cuma untuk diminum. Kalau Anda mempunyai susu di rumah, susu pun dapat dipakai guna mengobati mata merah. Caranya mudah sekali. Basahi kapas dengan dicampur sedikit susu, lalu taruh kapas itu di atas mata supaya memberikan efek menyejukkan.

9. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup paling sedikit 7 jam sehari, hal itu akandapat menolongmu pada proses penyembuhan mata merah.
Periksa ke dokter

Kalau keadaan mata Anda tak kunjung membaik, sebaiknya pergi periksakan ke dokter. Siapa tahu mata Anda terkena bakteri yang memang membutuhkan penanganan khusus.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates