Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Ampuh Menurunkan Asam Lambung yang Tinggi

Cara Ampuh Menurunkan Asam Lambung yang Tinggi

Cara Ampuh Menurunkan Asam Lambung yang Tinggi

Cara Ampuh Menurunkan Asam Lambung yang Tinggi

Cara Ampuh Menurunkan Asam Lambung yang Tinggi

Cara Ampuh Menurunkan Asam Lambung yang Tinggi – Meningkatnya asam lambung memang begitu mengganggu. Peningkatan asam lambung ini bisa mengakibatkan rasa mual dan menimbulkan sakit maag. Berikut akan dijelaskan cara menurunkan asam lambung secara alami.

Anda sering merasakan asam lambung tinggi atau sakit maag? Pada kenyataannya, asam lambung sangat diperlukan oleh tubuh guna membantu melancarkan proses pencernaan sehingga zat-zat bergizi dalam makanan mampu terserap dengan baik oleh tubuh.

Tetapi, bila jumlah asam lambung terlalu berlebihan bisa menimbulkan rasa perih atau kurang nyaman dalam lambung. Sekalipun, kalau tak secepatnya diatasi dapat membuat luka pada lambung, maag kronis, sampai parahnya menderita kanker lambung.

Penyakit asam lambung tinggi bisa ditimbulkan karena adanya bakteri helicobacter pylori, pola makan yang kurang baik seperti terlalu sering makan mie instan, goreng-gorengan, ataupun pecandu rokok. Di bawah ini macam-macam makanan dan minuman yang dapat memperparah kondisi asam lambung Anda :
a. Makanan yang mengandung santan
b. Makanan pedas
c. Makanan berminyak atau gorengan
d. Fast food atau junk food
e. Daging berlemak
f. Cokelat
g. Minuman bersoda
h. Alkohol
i. Kafein

Ciri-ciri seseorang yang mengalami asam lambung tinggi:
a. Merasakan perih pada ulu hati
b. Munculnya rasa nyeri di daerah perut dan terasa melilit
c. Perut kembung
d. Kadang dada rasanya seperti terbakar karena kadar asam dalam lambung terlalu tinggi
e. Merasakan asam dan pahit di lidah
f. Kerap bersendawa dan sulit untuk menelan makanan
g. Sering kentut
h. Kurangnya nafsu makan

Cara Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat
Kalau Anda telah rasa tidak nyaman dan merasakan gejala-gejala macam di atas, sebaiknya mencoba lakukan cara ini guna menurunkan asam lambung:

1. Permen karet
Permen karet mungkin terlihat sepele. Tapi bagi Anda yang sakit maag dan asam lambungnya sering naik, cobalah untuk menyediakan permen karet.

Penelitian menjelaskan kalau mengunyah permen karet kurang lebih selama 30 menit bisa menurunkan keluhan yang muncul oleh asam lambung yang tinggi. Saat mengunyah permen karet maka produksi air liur dalam mulut pun akan lebih lancar sehingga dapat membersihkan perut dari asam yang berlebih.

2. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami menurunkan asam lambung. Anda tinggal menyediakan lidah buaya yang telah dibersihkan dan dikupas kulitnya, kemudian dihaluskan menjadi jus dan minumlah setengah gelas jus lidah buaya sebelum makan agar dapat mengurangi rasa perih di lambung. Namun, keseringan minum jus lidah buaya mengakibatkan Anda lebih sering BAB (buang air besar).

3. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang mengandung banyak manfaat, terutama bagi Anda yang ingin menyembuhkan asam lambung. Pisang bisa menjadi antasida alami yang dapat melapisi dinding perut dan saluran cerna agar tidak terkikis oleh asam lambung. Tetapi perlu diperhatikan, bagi beberapa orang pisang malah bisa memperburuk kondisi lambung mereka. Oleh sebab itu, bila perut Anda terasa makin perih sebaiknya carilah alternatif lain selain buah pisang.

4. Jahe

Jahe pun menjadi salah satu alternatif bahan alami yang dapat Anda pakai guna menurunkan asam lambung. Namun hati-hati, kalau Anda mengkonsumsinya lebih dari 2-4 gram per hari, hal itu malah akan membuat nyeri lambung Anda semakin buruk. Oleh sebab itu, konsumsilah jahe sesuai dosis yang dianjurkan. Paling tidak, gunakan jahe untuk bumbu memasak.

5. Baking soda

Baking soda sangat mudah sekali ditemui di supermarket atau toko-toko penyedia bahan untuk membuat kue. Baking soda ini ternyata mengandung sifat basa yang bisa dimanfaatkan untuk menetralisir asam lambung loh!

Anda dapat mencobanya dengan mencampurkan 1/2 atau 1 sendok teh baking soda ke dalam segelas air, lalu meminum air tersebut. Namun, bila asam lambung Anda sudah naik terlalu parah, sebaiknya hindari cara ini. Sebab baking soda mengandung garam yang dapat menyebabkan efek samping seperti mual dan muntah.
Kalau cara-cara di atas tidak bisa menangani keluhan Anda, disarankan untuk secepatnya pergi ke dokter supaya mendapatkan penanganan lebih tepat.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates