Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ciri – Ciri Kurang Tidur dengan Waktu yang Cukup

Ciri – Ciri Kurang Tidur dengan Waktu yang Cukup

Ciri – Ciri Kurang Tidur dengan Waktu yang Cukup

Ciri - Ciri Kurang Tidur dengan Waktu yang Cukup

Ciri – Ciri Kurang Tidur dengan Waktu yang Cukup

Ciri – Ciri Kurang Tidur dengan Waktu yang Cukup – Pada saat tubuh terasa lelah, biasanya dapat langsung mengambil tindakan untuk santai sejenak serta tidur atau beristirahat. Hal tersebut dapat sangat berguna agar dapat memulihkan tenaga yang sudah digunakan supaya bisa segar kembali dalam melanjutkan aktivitas. Tidur adalah salah satu proses yang alami untuk dilakukan oleh tubuh. Perlu diketahui bahwa usia remaja sampai dewasa memerlukan waktu untuk tidur yang cukup di malam hari yakni sebanyak kurang lebih 6 sampai 8 jam. Artinya bahwa supaya bisa bangun di pukul 6 pagi, dengan tidur maksimal pada jam 10 atau jam 11 malam. Tanpa tidur dengan cukup waktu, tubuh dapat terasa banyak sekali efek – efek negative yang akan dialami. Berikut merupakan ciri seseorang yang kurang tidur, diantaranya:1. Mudah lelah
Seseorang yang mengalami kurang waktu untuk tidur dapat mengalami rasa lelah serta letih yang akan sangat mengganggu untuk menjalankan aktivitas sehari – hari. Sebab tubuh tidak mempunyai waktu yang cukup dalam beristirahat di waktu malam hari, dengan demikian keesokan harinya dapat mengalami kelelahan serta keletihan dengan berlebihan akibat kurang istirahat. Bagi seseorang yang memiliki waktu tidur kurang dianjurkan untuk:
a. Minum air putih dua gelas sesudah bangun tidur serta sebelum melakukan aktivitas
b. Tidur siang ataupun pejamkan mata selama sedikitnya 30 menit di siang hari
c. Sarapan makanan yang rendah kalori serta karbohidrat, akan tetapi tinggi serat dan juga protein.

2. Mudah mengantuk pada siang hari
Seseorang dengan kurang tidur bisa lebih mudah untuk mengantuk di siang hari, walaupun tidak melakukan aktivitas yang berat, akibat tubuh kurang istirahat.

3. Konsentrasi Menurun
Otak juga memerlukan waktu untuk istirahat serta rileks, hal tersebut dapat diperoleh di waktu tidur. Pada saat kurang tidur malam, dengan demikian otak tidak dapat istirahat dengan cukup. Agar dapat mengatasi gejala tersebut dapat dilakukan dengan :
a. Melakukan relaksasi, seperti pemijatan, atau menghirup udara segar
b. Minum air putih segar

4. Sering merasa lapar
Kurang tidur dapat mengakibatkan naiknya hormon ghrelin, dimana hormon tersebut berfungsi untuk yang memicu rasa lapar. Hal tersebut dapat sangat merugikan kesehatan tubuh, sebab walaupun sudah sarapan, hanya dengan melakukan aktivitas sebentar, akan tetapi tetap dapat terasa lapar. Dampaknya membuat makan dalam porsi yang berlebihan, serta mengakibatkan obesitas.

5. Mood yang berubah-ubah
Pada saat tubuh kurang tidur, selain akan terasa lebih lelah juga dapat berdampak terhadap perasaan atau mood serta suasana hati yang akan berubah – ubah.

6. Sensitif
Pada saat seseorang mengalami kurang tidur, maka ia akan bangun tidur dalam kondisi perasaan yang tidak enak, mengalami lelah, serta tidak segar. Kebiasaan buruk dari kurang tidur ini yang dapat mengakibatkan perasaan akan menjadi lebih sensitif sebab adanya perasaan yang tidak nyaman sebagai akibat kurang tidur.

7. Masalah pada kemampuan kognitif
Akibat kurang tidur dapat berpengaruh terhadap kinerja serta fungsi otak. Ciri – ciri kurang tidur, dapat mengakibatkan menurunnya fungsi kognitif, misalnya :
a. Mudah lupa
b. Salah mengambil keputusan
c. Sulit menerima informasi
d. Sulit untuk berfikit
e. Mudah melamun
f. Kadangkala sering berbicara tidak nyambungAgar dapat mengatasinya, maka yang harus dilakukan adalah :
a. Minum air putih
b. Minum suplemen untuk daya ingat
c. Tidur siang atau dengan istirahat kurang lebih selama 30 menit

8. Mempunyai kantung mata
Kantung mata adalah tanda fisik yang bisa dilihat sebagai efek kurang tidur. Semakin lama seseorang kurang tidur, dengan demikian akan semakin tebal juga kantung mata yang dapat terbentuk.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates