Thursday , 14 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Buah Pisang

Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Buah Pisang

Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Buah Pisang

Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Buah Pisang

Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Buah Pisang

Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Buah Pisang – Buah pisang merupakan salah satu jenis makanan favorit di Indonesia. Buah pisang memiliki banyak kandungan zat gizi yang dapat bermanfaat terhadap kesehatan tubuh seperti memiliki kandungan serat, vitamin C, kalium dan kandungan lainya. Dengan demikian konsumsi buah pisang sangat dianjurkan oleh para ahli gizi. Akan tetapi buah pisang dapat memberikan efek baik terhadap kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dengan anjuran ahli gizi. Sehingga jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak baik terhadap kesehatan tubuh, diantaranya:1. Efek Ketidakseimbangan Hormon estrogen dan androgen
Buah pisang mempunyai beberapa zat tertentu yang bagus dalam perkembangan terhadap hormon. Pisang mempunyai kandungan Xenobiotik, dimana kandungan tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan terhadap hormon. Kandungan zat tersebut dapat mempengaruhi produksi hormon estrogen pada seorang wanita serta hormon androgen pada seorang pria. Apabila di konsumsi dengan jumlah yang wajar, sehingga pisang dapat memberikah pengaruh yang positif, misalnya untuk perbaikan sistem saraf, mencegah gangguan tidur, serta dapat mengubah suasana hati akan menjadi lebih baik. Sedangkan apabila dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan, maka buah pisang dapat membuat keseimbangan terhadap hormon akan menjadi tidak normal yang berdampak pada haid akan menjadi tidak teratur, atau menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

2. Penyakit Kardiovaskular
Penyakit Kardiovaskular merupakan suatu keadaan dimana saluran pada peredaran darah mengalami gangguan, dengan demikian menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya, salah satunya menyebabkan penyakit jantung koroner. Pisang mempunyai kandung magnesium, dimana apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, terutama pada saat perut dalam kondisi kosong, maka kandungan magnesium tersebut dapat berefek negatif terhadap tubuh. Gangguan terhadap kardiovaskular ini akan terjadi pada saat di dalam darah zat magnesium serta kalsium dalam jumlah yang tidak seimbang. Kandungan magnesium dalam jumlah berlebih di dalam darah dapat mengakibatkan penyumbatan terhadap pembuluh darah.

3. Sembelit
Akibat terlalu banyak mengkonsumsi buah pisang dapat mengakibatkan sembelit atau susah buang air besar. Hal tersebut terutama akan dipengaruhi dari tingkat kematangan pada buah pisang yang dikonsumsi, dimana pisang dalam kondisi belum matang dapat meningkatkan resiko mengalami sembelit. Buah pisang dalam kondisi mentah mempunyai kandungan pati yang dapat mempengaruhi proses terhadap pencernaan.

4. Penyempitan pembuluh darah
Hal ini diakibatkan karena buah pisang mempunyai kandungan tiramin, dimana kandungan tersebut ada dalam keju. Zat Tiramin ini dapat mengakibatkan efek penyempitan pembuluh darah atau vasokonstriksi vaskular, yang akan menyebabkan terganggunya pada peredaran darah. Efek akan terasa pada penderita stroke, migrain, serta sakit jantung, dengan demikian bagi yang mengalami penyakit tersebut untuk mengkonsumsi pisang dengan jumlah yang cukup.

5. Kelebihan Kalium
Tubuh memerlukan asupan kalium agar dapat menjaga kebugaran serta kesehatan, tentunya pada batasan tertentu, serta kekurangan kalium juga dapat meningkatkan resiko buruk terhadap kesehatan. Pisang mempunyai kandungan kalium yang diperlukan oleh tubuh manusia, oleh sebab itu para ahli kesehatan menganjurkan konsumsi buah pisang sebagai sumber kalium yang baik dan tentunya dalam jumlah yang cukup.

6. Kandungan Gula
Khususnya bagi penderita peyakit diabetes, kandungan gula yang ada dalam buah pisang dapat menimbulkan dampak negatif terutama apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Perlu diketahui bahwa kandungan gula yang ada dalam buah pisang, khususnya glukosa, dapat menyebabkan efek lain, yakni menimbulkan kerusakan terhadap gigi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates