Monday , 26 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Efek Kelebihan Hormon Testosterone pada Wanita

Efek Kelebihan Hormon Testosterone pada Wanita

Efek Kelebihan Hormon Testosterone pada Wanita

Efek Kelebihan Hormon Testosterone pada Wanita

Efek Kelebihan Hormon Testosterone pada Wanita

Efek Kelebihan Hormon Testosterone pada Wanita – Hormon testosteron tidak hanya ada dalam tubuh laki – laki, akan tetapi di dalam tubuh seorang wanita juga terdapat hormon testosteron yang berfungsi untuk mendukung jalannya fungsi seksual supaya normal. Hormon testosteron pada seorang wanita dapat diproduksi dalam ovarium akan tetapi tentunya tidak sebanyak dengan jumlah yang ada di dalam tubuh seorang pria. Sintesis estrogen tidak bisa berjalan jika seorang wanita tidak mempunyai hormon testosteron.Namun, terdapat beberapa kasus dimana perempuan bisa mengalami kelebihan terhadap kadar hiperandrogenisme atau hormon testosteron. Akibat kelebihan hormon testosteron seperti mengalami penyakit adrenal, penyakit sindrom ovarium polikistik dan sindrom Cushing. Terdapat beberapa efek kelebihan jumlah hormon testosterone terhadap wanita diantaranya:

1. Hirsutisme
Salah satu efek hormon testosteron terhadap wanita dalam jumlah yang berlebihan, yakni hirsutisme. Hirsutisme adalah suatu keadaan bentuk serta tampilan seorang wanita yang bisa berubah seperti bentuk pada pria. Beberapa efek yang serius diantaranya:
a. Terdapat bulu dada tipis.
b. Tumbuhnya kumis di wajah.
c. Timbulnya cambang tebal.
d. Payudara akan mengecil dimana bentuknya dapat menyerupai payudara seperti seorang pria.
e. Perubahan pada suara yang akan menjadi rendah mirip dengan suara pria.

2. Obesitas
Kondisi kegemukan dapat menjadi efek akibat kelebihan jumlah hormon testosteron di dalam tubuh seorang wanita. Jika hormon testosteron dengan kadar yang kurang dari normal ataupun yang terlalu rendah, dampaknya yakni obesitas atau kegemukan dimana lemak akan menumpuk pada perut bagian bawah dan juga pinggang. Akan tetapi pada beberapa kasus akibat kelebihan testosterone pada seorang wanita, dimana penumpukan lemak bisa terjadi di seluruh bagian tubuh atas dengan merata. Obesitas dengan bentuk apel ini akan memicu pelapisan lemak terhadap organ jantung, hati serta pembuluh darah dapat menimbulkan penyakit jantung yang berdampak pada kematian.

3. PCOS
Pada seorang wanita dengan kelebihan jumlah hormon testosteron, seharusnya mewaspadai terhadinya PCOS. PCOS merupakan salah satu gejala terdapat kista yang mengalami peumpukan di bagian ovarium dan di sekitarnya. Meningkatnya jumlah testosteron di dalam tubuh seorang wanita berhubungan dengan masalah di bagian ovarium serta keduanya akan berkaitan erat. Kinerja terhadap ovarium akan menjadi terganggu pada saat hormon testosteron di dalam tubuh mengalami peningkatan serta hal tersebut berdampak terhadap proses produksi juga pelepasan telur sampai menyebabkan pembentukan PCOS.

4. Siklus Datang Bulan Tak Teratur
Testosteron dengan kadar yang tinggi seharusnya mendapatkan perhatian yang lebih sebab hal dapat mengancam kondisi kesehatan tubuh. Salah satu dampaknya yakni ketidakteraturan pada siklus haid serta kadang tidak haid dalam 1 bulan. Hal tersebut terjadi akibat tidak lancarnya terhadap proses mekanisme menstruasi dimana hormon estrogen serta hormon progesteron tidak dapat berperan secara normal. Pada beberapa kasus dapat terjadi pembentukan sel endometrium di dinding rahim yang tidak sempurna serta menjadikan dinding akan lebih tebal dan juga akan memicu kista serta mengalami endometriosis.

5. Jerawat Dewasa
Pada saat kelebihan kadar hormon testosteron, akan sangat tampak yakni timbulnya jerawat pada saat sudah di usia dewasa. Biasanya, jerawat akan muncul pada saat seseorang dengan usia remaja ataupun dengan masa pubertas.

6. Kerontokan Rambut
Pada wanita yang memiliki kadar hormon testosteron yang tinggi, kemungkinan dapat mengembangkan keadaan virilisasi ataupun timbulnya karakteristik seperti halnya pria yakni akan menjadi lebih maskulin serta akan lebih – lebih ditandai mengalami kebotakan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates