Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Kebiasaan Buruk Yang dapat Mengganggu Kesehatan

Ketahui Kebiasaan Buruk Yang dapat Mengganggu Kesehatan

Ketahui Kebiasaan Buruk Yang dapat Mengganggu Kesehatan

Ketahui Kebiasaan Buruk Yang dapat Mengganggu Kesehatan

Ketahui Kebiasaan Buruk Yang dapat Mengganggu Kesehatan

Ketahui Kebiasaan Buruk Yang dapat Mengganggu Kesehatan – Akibat kebiasaan buruk akan mengganggu kondisi kesehatan tubuh yang dapat berdampak terhadap timbulnya berbagai jenis penyakit serta bahkan menyebabkan mematikan. Mempunyai kegiatan yang harus dilakukan setiap hari boleh saja dilakukan. Namun  mungkin seringkali lupa terkait hal – hal yang sebetulnya merupakan menjadi kebiasaan buruk, dan tanpa di sadari hal tersebut terus di lakukan sampai dapat mengganggu kesehatan tubuh. Berikut merupakan jenis kebiasaan buruk yang akan menimbulkan dampak terhadap kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Kebiasaan Buruk Melewatkan Sarapan
Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan tubuh yakni dengan melewatkan sarapan. Perlu diketahui bahwa ternyata dengan melewatkan sarapan bisa mengganggu kesehatan tubuh. Berikut merupakan beberapa gangguan kesehatan tubuh akibat tidak sarapan pagi diantaranya:

a. Menurunnya Daya Ingat dan Konsentrasi
Hasil penelitian menjelaskan bahwa seseorang yang makan di pagi hari, mempunyai ingatan yang jangka pendek dengan lebih baik jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak melakukan sarapan di pagi hari.

b. Meningkatkan Risiko Obesitas
Melewatkan sarapan di pagi hari dapat membuat seseorang akan cenderung untuk lebih mudah lapar. Oleh sebab itu, nafsu makan kadang tidak terkontrol serta dampaknya, akan  memasukan makanan dengan jumlah yang lebih banyak dari pada porsi yang biasanya.

c. Meningkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular serta Diabetes Tipe 2
Pada saat seseorang tidak sarapan, bisa menggangu terhadap keseimbangan gula darah serta produksi insulin. Dampaknya, dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2 serta penyakit kardiovaskular.

2. Kebiasaan Buruk Menahan Air Kecil
Dengan kegiatan tertentu seperti ada di dalam kendaraan, akan membuat seseorang untuk menahan buang air kecil. Hal tersebut akan sangat berbahaya apabila dilakukan dalam rentang waktu yang cukup lama. Berikut resiko yang akan ditimbulkannya, diantaranya:

a. Dapat Menyebabkan Gangguan Ginjal
Buang air kecil merupakan waktu untuk mengeluarkan kotoran dengan kandungan zat – zat yang tidak larut dicerna di dalam tubuh. Jika menahan buang air kecil sehingga akan membuat kotoran menjadi mengendap, jika mengendap pada organ ginjal maka ginjal akan menimbulkan gangguan serta akan timbul penyakit.

b. Dapat Menyebabkan Gangguan Saluran Kemih
Sama halnya dengan pengendapan pada organ ginjal, penyumbatan juga bisa terjadi di saluran kemih pada saat menahan buang air kecil. Zat – zat pembuangan kadang mengandung suatu bakteri yang dapat menumpuk serta menyumbat di saluran kemih, bahkan bisa mengakibatkan gangguan misalnya infeksi di saluran kemih. Dampaknya buang air kecil akan menjadi tidak lancar, akan terasa sakit, atau timbul gangguan yang lainnya.

Biasakanlah untuk buang air kecil pada saat terasa ingin buang air kecil. Beberapa hal yang bisa dilakukan agar dapat melancarkan buang air kecil sebagai berikut:
a. Banyak minum air putih
b. Tidak duduk terlalu lama
c. Gunakan celana yang tidak terlalu ketat, sebab sistem kerja pada saluran kencing bisa terganggu.

3. Kebiasaan Terlalu lama tidur
Akibat bergadang akan membuat seseorang untuk tidur lebih lama. Tidur dengan waktu yang lebih lama akan menimbulkan efek terhadap kesehatan, diantaranya:

a. Sakit Kepala
Sakit kepala akan terjadi selain karena kurang tidur juga karena akibat terlalu lama tidur. Hal tersebut disebabkan, dimana tidur yang terlalu lama akan berdampak terhadap neurotransmitter di otak, termasuk pada serotonin.

b. Sakit Punggung
Pada saat tubuh tidak melakukan banyak aktivitas hal ini bisa mengakibatkan sakit di bagian tubuh terutamadi  bagian punggung.

c. Konsentrasi Menurun
Kebanyakan tidur akan berdampak kurang aktifnya bagian sel – sel otak. Hal ini akan mengakibatkan sulitnya untuk fokus terhadap satu hal.

d. Obesitas
Akibat terlalu banyak tidur, maka akan membuat tubuh menjadi kurang bergerak serta menimbulkan efek terhadap pembakaran lemak. Dengan demikian lemak pun dapat menumpuk di dalam tubuh yang dapat menimbulkan obesitas.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates