Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mengatasi Gangguan Kesehatan Pasca Menopause

Tips Mengatasi Gangguan Kesehatan Pasca Menopause

Tips Mengatasi Gangguan Kesehatan Pasca Menopause

Tips Mengatasi Gangguan Kesehatan Pasca Menopause

Tips Mengatasi Gangguan Kesehatan Pasca Menopause

Tips Mengatasi Gangguan Kesehatan Pasca Menopause – Seorang wanita akan mengalami tekanan yang dapat sangat berat yakni menjelang atau pada saat setelah menopause. Berbagai jenis gangguan terhadap kesehatan misalnya gangguan terhadap suhu tubuh pada saat malam hari, mengalami tekanan emosi, mengalami perubahan fisik yang buruk dan mengalami gejala lain yang ternyata akan sangat mengganggu. Akan tetapi resiko berat yang lain akan dialami oleh wanita yakni resiko kesehatan dalam jangka panjang.Berikut merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan agar dapat mengatasi kemungkinan resiko gangguan kesehatan dalam jangka panjang diantaranya:
1. Minum Cukup Air Mineral
Menurunya produksi pada hormon estrogen serta hormon progesteron dapat mengakibatkan masalah terhadap kesehatan kulit termasuk kulit akan tampak lebih kering. Agar dapat menjaga supaya tubuh dalam kondisi tetap sehat dengan demikian dapat bisa mengkonsumsi air mineral dengan jumlah yang cukup ataupun sedikitnya delapan gelas dalam satu hari. Air juga dapat membantu tubuh dalam mengatasi beberapa gangguan atau keluhan misalnya penyebab perut kembung serta nyeri di bagian tulang.

2. Cukupi Kalsium
Wanita yang mengalami menopause akan sangat rentan mengalami osteoporosis atau penyakit tulang rapuh. Pada umumnya ketika seorang wanita mengalami menopause sehingga kemampuan tubuh menjadi kurang untuk menyerap kalsium. Memperoleh jumlah kalsium dengan cukup yakni sekitar 1200 mg dalam satu hari. Dengan demikian konsumsi dengan berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi sangat dianjurkan yakni misalnya susu, keju, yogurt, serta produk susu yang lain.

3. Mendapatkan Vitamin D yang Cukup
Berjemur dapat menjadi salah satu solusi dalam menangani kekurangan vitamin D terhadap wanita yang sudah mengalami menopause. Biasanya seseorang akan memperoleh suplemen agar dapat mencukupi kebutuhan asupan vitamin D, akan tetapi cara yang alami ini lebih dianjurkan.

4. Konsumsi Buah dan Sayuran
Konsumsi buah – buahan serta sayuran sangat dianjurkan bagi wanita yang mengalami menopause. Metabolisme pada wanita yang sudah mengalami menopause akan sangat lambat serta akan sering mengakibatkan obesitas. Agar dapat menghindari hal tersebut sehingga konsumsi buah serta konsumsi sayuran dapat dilakukan gar dapat menurunkan berat badan.

5. Biji – Bijian
Berbagai jenis makanan biji – bijian sangat dianjurkan bagi wanita yang sudah mengalami menopause sebab dapat menurunkan resiko penyakit kanker dan penyakit jantung. Adapun beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi yakni misalnya beras merah, oatmeal serta gandum.

6. Sumber Zat Besi
Asupan zat besi sangatlah penting dikonsumsi pada wanita yang sudah mengalami menopause sebab dapat mengendalikan keadaan tubuh, termasuk terhadap sistem metabolisme yang buruk. Semua jenis makanan yang memiliki kandungan zat besi yang alami sangat dianjurkan sebab suplemen zat besi tidak dianjurkan bagi wanita yang sudah mengalami menopause. Adapun beberapa sumber makanan yang dianjurkan yakni misalnya sereal, telur, daging sapi dengan tanpa lemak, sayur bayam, brokoli serta berbagai jenis makan dengan biji – bijian.

7. Makanan Rendah Kalori
Semua sumber makanan yang memiliki kandungan kalori rendah sangat diperlukan bagi wanita yang sudah mengalami menopause. Kalori dengan kadar yang tinggi hanya dapat menimbulkan masalah sebab dapat membuat tubuh akan menjadi lebih gemuk.

8. Hindari Kafein
Semua jenis minuman yang memiliki kandungan kafein misalnya teh dan juga kopi hanya dapat mengakibatkan masalah yang akan lebih berat misalnya tanda menopause.

9. Hindari Alkohol
Bagi wanita yang mengalami menopause harus dapat menghindari minuman beralkohol, sebab alkohol dapat menimbulkan efek yang akan sangat serius terhadap kesehatan tubuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates