Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Junggul Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Junggul Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Junggul Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Junggul Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Junggul Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Junggul Untuk Kesehatan Tubuh – Junggul merupakan tanaman sayur gulmaherbal yang mempunyai nama ilmiah sebagai Crassocephalum Crepidioides. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan sebutan gulma belaka. Tidak banyak orang yang mengetahui jika ternyata tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai sayuran dan obat herbal. Akan tetapi, di beberapa wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Barat, banyak masyarakatnya mengenal sebagai sayuran. Junggul sendiri biasanya disajikan di dalam menu lalapan ataupun urap dan juga pecel.

Sebagai tanaman jenis gulma, junggul sendiri mudah untuk diberantas. Hal ini dikarenakan ukurannya yang besar dan mempunyai akar yang mudah dicabut. Akan tetapi dengan mengetahui manfaat dari junggul, semestinya kita akan berpikir dua kali untuk sebelum benar-benar memberantasnya di perkebunan atau pekarangan kita. Syuran yang juga disebut dengan nama Sintrong, Taplek, Jambrong, Tespong, Bagini, Mandrung-Mandrung, Jombloh dan Puyung ini biasanya dijadikan sebagai obat untuk pencahar. Selain itu, juga diyakini dapat mengobati kontraksi dan kram pada organ di dalam perut. Untuk lebih jelasnya terkait manfaat junggul ini, berikut akan diulas dibawah ini.

1. Mencegah Radang
Khasiat junggul bagi kesehatan sangat baik sekali untuk anti inflamsi. Yang artinya tanaman gulma ini cukup ampuh dalam mengatsi peradangan. Apabila kita sering mengalami radang tenggorokan, maka sayur junggul ini sangat baik bagi kesehatan tenggorokan. Sehingga, tidak akan mudah mengalami peradangan.

2. Mencegah Sembelit
Selama ini junggul dikenal mempunyai manfaat dalam mencegah penyakit sembelit. Manfaat dari sayuran gulma ini akan memperlancar saluran pencernaan kita. Sehingga, usus akan selalu bersih, dan alhasil kita tidak akan mengalami sembelit lagi.

3. Meningkatkan Nafsu Makan
Junggul ini juga terkenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan nafsu makan. Sama seperti prinsip kerja dari temulawak, sayur gulma yang satu ini dipercaya dapat menambah nafsu makan kita berkali-kali lipat. Terlebih sayuran ini juga dapat menurunkan produksi asam lambung yang biasanya membuat nafsu makan kita menurun.

4. Mengandung Vitamin A
Vitamin A biasanya di dapatkan dari sumber makanan yang mempunyai warna kemerahan, sebagai tanda jika makanan tersebut kaya akan beta karoten. Di dalam junggul ini ternyata juga terdapat vitamin A yang tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita serta sebagai peremajaan kulit karena terkandung antioksidan.

5. Mengobati Sakit Kepala
Manfaat dari junggul ini dapat juga untuk mengatasi sakit kepala. Efek analgesik bisa diperoleh dari sayuran junggul ini. Sehingga sakit kepala sebelah ataupun yang lebih dikelan dengan sebutan migrain juga bisa di obati dengan mengonsumsi junggul ini.

6. Mengobati Kram Perut
Kram pada perut bisa saja terjadi atau dalan bahasa jawanya disebut dengan usus melintir. Kram perut juga sangat bahaya jika tidak segera ditangani. Oleh karena itu, kita memerlukan sayuran junggul ini untuk mengatasinya.

7. Mengobati Insomnia
Junggul sangat baik untuk mengobati insomnia. Apabila kita sering mengalami susah tidur, yang dikarenakan stres atau pun sibuk dalam bekerja. Maka sayur junggul ini sebaiknya dicoba untuk mengatasinya.

8. Menambah Daya Tahan Tubuh
Khasiat dari junggul ini sangat baik sebagai penambah sistem imun tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam sayuran ini sangat baik untuk membangun imun.

10. Menambah Energi
Sayuran junggul ini sangat baik untuk menambah energi. Dengan mengonsumsi junggul kit dapat memperoleh pasokan energi yang cukup melimpah bagi tubuh.

Itulah tadi manfaat dari sayuran junggul yang merupakan jenis gulma yang perlu untuk diketahu. Semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates