Thursday , 14 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Zinc Atau Seng Untuk Kesehatan

Manfaat Zinc Atau Seng Untuk Kesehatan

Manfaat Zinc Atau Seng Untuk Kesehatan

Manfaat Zinc Atau Seng Untuk Kesehatan

Manfaat Zinc Atau Seng Untuk Kesehatan

Manfaat Zinc Atau Seng Untuk Kesehatan – Seng atau yang lebih dikenal dengan zinc adalah salah satu zat yang diperlukan tubuh dalam menunjang masa pertumbuhan. Zat yang satu ini sangat baik untuk menjega kesehatan pada rambut, kulit, otot dan berbagai organ tubuh manusia lainnya. Selain itu senyawa seng juga menjadi bahan dasar untuk membuat kolagen pada tulag. Senyawa seng bisa dijumpai di berbagai macam makanan serta suplemen yang sekarang ini sudah banyak beredar di toko atau swalayan.

Memenuhi kebutuhan seng pada tubuh ini akan mempunyai banyak sekali manfaatnya, yakni dapat mencegah terjadinya berbagai masalah kesehatan seperti psoriasis, epilepsi, kadar gula dalam darah yang tidak seimbang, gangguan indra pada penciuman dan kulit berjerawat. Selain itu, zinc atau seng ini memiliki berbagai manfaat. Berikut ini manfaat seng bagi kesehatan tubuh.

1. Sebagai antioksidan
Zinc atau seng ini bisa digunakan untuk melindungi tubuh daru berbagai serangan radikal bebas yang sangat merugikan kesehatan tubuh. Radikal bebas sendiri sudah banyak ditemukan dimana-mana sekarang, bahkan udara yang kita hirup sehari-harinya bisa saja mengandung radikal bebas. Adanya radikal bebas bisa mengganggu kesehatan pada organ sehingga bisa menyebabkan penyakit bahkan penyakit yang mematikan.

2. Bagus untuk mata
Apabila kesehatan mata tidak dijaga, bisa mengakibatkan mata menjadi kabur dan berbagai jenis gangguan mata lainnya. Dengan mengonsumsi zinc yang cukup adalah salah satu solusi yang tepat bagi yang menginginkan untuk menyehatkan indra penglihatan. Zinc mempunyai fungsi untuk mensintesiskan manfaat dari vitamin A oleh hati yang memiliki peran sebagai penjaga kesehatan mata. Terlebih lagi, senyawa zinc ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi resiko penyakit katarak dan rabun senja. Kadar zinc pada retina sangat tinggi dimana memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya penuaan pada retina mata yang pada akhirnya akibatnya mengalami rabun senja bahkan kebutaan.

3. Baik untuk otak
Seng atau zinc ternyata mempunyai peran penting dalam otak manusia. Seng pada otak manusia mempunyai fungsi untuk menenangkan dan meminimalisir dampak kerusakan yang terjadi pda otak akibat oksidatif. Apabila zat zinc atau seng di dalam otak hanya sedikit, maka akan mengakibatkan penurunan otak.

4. Sehat untuk rambut
Zinc atau seng ini ternyata juga sangat bagus dalam menjaga kesehatan rambut. Senyawa seng memiliki peran dalam merawat ketebalan dan kekuatan rambut agar tidak mudah rontok dan terjadi penipisan. Tidak herang apabila zinc atau seng ini banyak dijumpai sebagai bahan campuran bahan dasar untuk membuat shampo, karena memiliki fungsi yang sangat penting untuk rambut.

5. Pada masa kehamilan
Selama masa kehamilan, zinc sangat dibutuhkan untuk membantu proses pengembangan sel-sel pada bayi. Memperoleh zinc yang sangat cukup bisa membantu bayi agar terlahir dengan sempurna dan juga terhindar dari kecacatan pada bayi. Selain itu, senyawa zinc satu ini juga sangat baik bagi pria karena bisa meningkatkan fungsi testoteron dan meningkatkan kualitas sperma.

6. Menyehatkan kulit
Manfaat zinc yang satu ini adalah menjadi kesukaan atau kegemaran bagi semua orang khususnya wanita. Senyawa zinc mempunyai kandungan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Cara kerja dari senyawa ini adalah dengan membuang sel kulit yang sudah mati dengan menggantinya yang baru. Kadar zinc untuk kesehatan kulit setiap orang berbeda-beda, hal ini karena kebutuhannya juga berbeda-beda. Kegunaan lain zinc pada kulit juga bisa dimanfaatkan unutk mempercepat penyembuhan pada kulit yang sedang terluka atau bahkan terbakar. Zinc ini juga sering dipakai sebagai bahan pembuat krim pelindung kulit dan krim anti jerawat.

Demikianlah informasi mengenai manfaat dari seng atau zinc ini, semoga artikel ini menambah pengetahuan dan wawasan. Semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates