Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Misteri Buah Dan Faktanya

Misteri Buah Dan Faktanya

Misteri Buah Dan Faktanya

Misteri Buah Dan Faktanya

Misteri Buah Dan Faktanya

Misteri Buah Dan Faktanya – Banyak buah-buahan yang mengandung mitos disekitar kita. Ternyata buah-buahan yang sering kita makan pun punya mitos masing-masing. Mulai dari mitos dengan alasan yang tidak masuk akal sampai dengan alasan konyol sering kita dengar, dan tidak jarang membuat kita ketakutan. Berikut beberapa buah-buahan yang memiliki mitos tersendiri.

1. Mentimun
Isu : Mengkonsumsi mentimun dapat menyebabkan keputihan.

MITOS

Tidak ada kandungan dari mentimun yang bisa menyebabkan keputihan. Keputihan terjadi karena kondisi vagina seseorang yang lembab dan sikap malas mengganti celana dalam sehingga memicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan keputihan berbau.

Isu          : Sesudah mengkonmsumsi masakan yang dipanggang, seperti sate dan steak, harus dinetralisir dengan mentimun.

FAKTA

Daging yang dibakar dalam suhu tinggi memproduksi zat karsinogenik yang berpotensi menyebabkan kanker. Sedangkan mentimun mengandung zat anti karsinogenik dan flavonoid yang dapat memprokteksi tubuh dari kanker.

2. Bengkuang
Isu : Kulit menjadi lebih putih dengan mengkonsumsi bengkuang.

FAKTA

Bengkuang mengandung isoflavon yang berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan pada kulit akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari. Karena itu, banyak produk lotion pemutih yang berbahan dasar bengkuang.

3. Durian
Isu : Memakan buah durian, terutama diikuti dengan meminumaninuman bersoda dapat menganggu pencernaan.

FAKTA

Durian matang kandungan alkoholnya akan sangat tinggi (setara dengan kadar alkohol pada tape ketan). Jika ditambah zat yang memuat kandungan bikarbonat dari soda, makan durian dapat membuat perut terasa panas.

4. Jeruk
Isu : Ketika terkena sakit maag, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah jeruk.

FAKTA

Meskipun jeruk mengandung vitamin C dengan kadar yang cukup tinggi, jeruk dapat memperburuk penderita penyakit maag. Hsl ini disebabkan oleh karena jeruk dapat meningkatkan kadar asam lambung.

5. Salak
Isu : Memakan buah salak bisa menyebabkan sembelit karena feses menjadi keras.

MITOS

Justru sebenarnya semua jenis buah dan sayuran berfungsi mempelancar kita ketika BAB. Karena buah dan sayur mengandung serat alami.

6. Jambu biji
Isu : Mengkonsumsi buah jambu biji dapat menyebabkan penyakit usus buntu.

MITOS

Penyakit usus buntu disebabkan karena adanya sebuah bakteri pantogen yang seringkali menginfeksi usus besar. Biji yang ada pada buah jambu tidak akan menyumbat usus, karena akan keluar saat BAB.

7. Nanas
Isu : Wanita hamil berisiko keguguran jika mengkonsumsi buah nanas.

MITOS

Tidak ada bukti ilmiah mengenai hal ini. Justru nanas mengandung enzim bromelain yang bisa mencerna protein dalam makanan agar lebih mudah diserap oleh tubuh. Otomatis janin juga berkembang secara maksimal karena mendapat asupan gizi dan makanan. Mengkonsumsi nanas juga dapat mengurangi risiko kolesterol dalam darah, diabetes dan penyakit jantung.

8. Pisang Ambon
Isu : Wanita yang masih perawan, tidak boleh memakan pisang Ambon.

FAKTA

Menurut alasan ilmiah, kandungan pisang Ambon membuat libido tinggi sehingga konsumsi terlalu banyak tidak disarankan untuk wanita lajang.

About Fajar33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates