Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Uncategorized » Bagaimana sih Menghilangkan Ngorok Ketika Tidur, Mari Baca!

Bagaimana sih Menghilangkan Ngorok Ketika Tidur, Mari Baca!

Bagaimana sih Menghilangkan Ngorok Ketika Tidur, Mari Baca!

Bagaimana sih Menghilangkan Ngorok Ketika Tidur, Mari Baca!

Bagaimana sih Menghilangkan Ngorok Ketika Tidur, Mari Baca!

Bagaimana sih Menghilangkan Ngorok Ketika Tidur, Mari Baca! – Kalian semua tentunya pernah mendengar orang yang sedang tidur tidur dengan ngorok atau pun dibilang mendengkur. Entah itu teman satu tempat tinggal, keluarga di rumah atau teman satu tenda di acara perkemahan. Pastinya, suaranya begitu menganggu dan terkadang merusak suasana kenyamanan tidur Anda. Sesungguhnya, ngorok ialah salah satu keadaan gangguan tidur yang dinamakan Obstructuve Sleep Apnea (OSA).

Menurut penelitian, ngorok juga berpotensi menghentikan pernapasan karena keterbatasan oksigen yang masuk ke dalam paru-paru. Jadi, hati-hatilah bila Sobat atau teman kenalan atau keluarga di rumah ada yang punya kebiasaan ngorok ketika tidur ya.

Beberapa Penyebab Seseorang Tidur Ngorok

1. Otot-otot dan jaringan di sekitar tenggorokan kendur dan melebar yang mampu mengakibatkan tersumbatnya jalan napas.

2. Umur (50 tahunan ke atas)

3. Hidung tersumbat

4. Ganguan tonsil membesar dan kista

5. Kondisi tubuh seperti tenggorokan sempit, langit-langit mulut terbelah, adanya kelenjar gondok, dan faktor lain yang menghambat pasokan oksigen ke paru-paru.

6. Hidung dan penyakit sinus

7. Berat badan over

8. Posisi tidur

Untuk mengatasi dan menghilangkan Ngorok, tentu tidak semudah mengatasi penyakit dan gangguan lain karena untuk mengetahui Anda harus meminta bantuan anggota keluarga atau teman untuk melihat dan merekam ngorok Anda ketika tidur. Karena, ketika Anda ngorok disaat Anda sedang tidur jadi tidak bisa mengetahui seberapa parah frekwensi dan volume ngorok Anda.

Untuk menghilangkan ngorok, maka Sobat harus mengenali dulu seberapa parah pola ngorok Sobat. Berikut ini ada beberapa pola ngorok ketika seseorang tidur.

1. Ngorok dengan terbukanya mulut Anda menandakan adanya masalah dengan jaringan di tenggorokan Anda.

2. Ngorok dengan kondisi mulut tertutup diidentifikasikan adanya masalah dengan lidah.

3. Ngorok dengan posisi tidur telantang memberikan gejala keadaan di mana kalau gangguan ngorok masih dibilang ringan.

4. Ngorok dengan semua posisi tidur diidentifikasi kalau keadaan ngorok telah begitu parah dan mesti ditangani lebih mendalam.

Untuk menghilangkan ngorok ketika tidur, ada beberapa tips dan cara-cara berikut:

1. Menurunkan berat badan (diet)
Dengan diet dan usaha menurunkan berat badan, akan menolong Anda mengurangi jaringan bertumpukan lemak di sekitar belakang tenggorokan dan meminimalisir gangguan ngorok.

2. Olahraga
Dengan  berolahraga akan membuat kencang otot kaki, tangan, perut dan semua tubuh di mana secara langsung pun menolong mengencangkan otot tenggorokan guna membantu menghilangkan ngorok.

3. Hindari kebiasaan merokok

Secepatnya stop merokok sebab merokok akan membuat penyempitan saluran udara yang diakibatkan iritasi di selaput hidung dan tenggorokan pada asap rokok. Kalau mau sembuh dari gangguan ngorok, sebaiknya Anda dari sekarang ini untuk berhenti merokok.

4. Atur Posisi tidur

Usahakan tidur dengan posisi menyamping dan hindari tidur dengan posisi telentang. Karena sebenarnya tidur telentang merupakan salah satu faktor ngorok. Karena ketika Anda tidur telentang, lidah akan sedikit masuk ke dinding area belakang tenggorokan. Hal ini akan menyebabkan saluran udara tersumbat dan menimbulkan suara getaran seperti bunyi ngorok. Sebaiknya berusahalah tidur menyamping ke sebelah kanan sebab akan baik untuk kesehatan jantung.

5. Berhenti minum alkohol

Mengkonsumsi obat-obatan dan ketergantungan alkohol mengakibatkan efek buruk untuk kesehatan dan merupakan salah satu penyebab utama gangguan ngorok .

6. Atur jadwal tidur

Jadwal ulang waktu tidur dan istirahat agar istirahat dan waktu tidur Sobat cukup. Sebab, kalau Anda terlalu cape bekerja dan berutinitas sehingga waktu tidur dan istirahat Anda begitu sedikit, hal ini akan membuat otot tubuh tak berfungsi secara maksimal dan menimbulkan suara ngorok.

7. Ganti bantal secara teratur

Cuci sarung bantal yang sobat gunakan secara teratur. Ngorok atau mendengkur ini bisa terjadi karena alergen pada tungau debu.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates