Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Uncategorized » Cara Mengatasi Emosi Tinggi yang Meluap

Cara Mengatasi Emosi Tinggi yang Meluap

Cara Mengatasi Emosi Tinggi yang Meluap

Cara Mengatasi Emosi Tinggi yang Meluap

Cara Mengatasi Emosi Tinggi yang Meluap

Cara Mengatasi Emosi Tinggi yang Meluap – Cara menurunkan emosi negatif yang tinggi dan susah untuk dikontrol. Terkadang emosi datang tanpa disangka. Disaat beban kerja berat, tugas banyak yang belum terselesaikan dan mengakibatkan otak dan pikiran runyem, atau faktor lainnya. Apalagi di saat sibuk luar biasa, tengah dalam tekanan kerja dan memeras otak dan jiwa serasa amat tertekan, potensi emosi cepat tersulut bila pun hanya dipicu oleh hal-hal kecil dan sepele. Mungkin Anda pernah mengalami hal serupa, yang membuat Anda sering uring uringan sendiri.

Sewaktu emosi meluap dan memuncak itulah seseorang kehilangan kontrol, lupa dan kadang melakukan hal-hal di luar nalar. Misalnya berkelahi, marah-marah, mengatakan kata-kata kasar, memukul dinding, membanting pintu ataupun melakukan kekerasan. Meskipun meluapkan kemarahan merupakan bagian dari sifat alamiah manusia, tetapi menuruti nafsu emosi yang meledak-ledak juga tidak baik serta berpengaruh negatif bagi kondisi kejiwaan serta bisa menggangu hubungan dengan orang lain dalam bersosial dan bergaul. Bisa jadi Anda sudah memiliki pengalaman guna menghindari orang atau teman yang mudah marah, suka berkelahi atau menghina dan mengatakan kata-kata kasar disaat emosinya memuncak.

Ada beberapa tipss yang bisa Anda lakukan sebagai cara menghilangkan emosi yang berlebih. Berikut tips dan cara ampuh menghilangkan emosi:

1. Ketahui sebabnya
Naht, cari tahu terlebih dulu apa yang membuat orang tersebut mudah mara, maka secara tidak langsung dia akan sadar siapa kita, mengapa harus emosi, faktor apa yang membuat dia emosi dan sehingga membuat emosi memuncak dan meledak. Cara menghilangkan paling mudah adalah mandi dengan air segar agar pikiran kembali segar, atau dalam agama Islam dianjurkan bagi orang yang tengah emosi, marah-marah untuk duduk, jika duduk masih merasa emosi, maka berbaring dan tidur. Biasanya emosi hilang ketika seseorang tidur.

2. Pikirkan dalam-dalam

Coba pikirkan lebih mendalam, efek buruk yang timbulkan dari emosi yang diluapkan secara tidak sewajarnya, siapa yang akan rugi, tersinggung, dan apa akibatnya untuk hubungan pertemanan Anda, relasi, apa gunanya emosi, apa pendapat orang kalau kita sering meluapkan emosi sesuka-sukanya. Dengan mikirkan semua itu, percayalah emosi biasanya akan sirna.

3. Sibuk mengerjakan pekerjaan

Emosi timbul sebab ketidakmampuan jiwa dalam mengendalikan perasaan emosi yang memuncak. Caranya ialah kurangi perasaan emosi dengan mengalihkan fokus mengerjakan pekerjaan yang asyik, seperti olahraga main sepakbola, menulis, mendengarkan lagu dan lain-lain.

4. Rasakan dan bayangkan perasaan orang lain

Coba rasakan, bayangkan dan pikirkan kalau orang lain yang menjadi target emosi, apakah efek emosi meluap dari memaki-maki, main pukul, dan lain sebagainya, pahamilah seperti apa perasaan mereka. Rasakan dan bayangkan kalau Anda berada di posisi mereka.

5. Konsultasi atau berbagi dengan orang dipercaya

Dengan konsultasi atau semacam curahan hati (curhat) biasanya mengrangi emosi dan mendapatkan solusi. Sebab umumnya orang emosi kehilangan kontrol akal, kontrol jiwa dan susah memandang dengan cara objektif. Maka dengan adanya teman, keluarga, atau keduaorangtua yang memberi nasehat, masukan dan solusi.

Jika cara di atas masih kurang manjur untuk mengatasi rasa emosi Anda, maka cara-cara berikut bisa dicoba untuk meredakan ledakan amarah Anda. Apa saja caranya, berikut ulasannya.

1. Cara menghilangkan emosi dengan meditasi
Dengan meditasi, membuat emosi dan pikiran kembali tenang dan kondisi yang hening ataupun sepi akan menolong Anda dalam menormalkan emosi tersebut. Saat melakukan meditasi beberapa hal yang harus Anda perhatikan antara lain sikap meditasi. Saat melakukan meditasi pastikan tulang belakang tetap tegak, jika Anda memilih duduk bersila duduk dengan posisi tegap. Bukan Cuma itu, Anda bisa memilih melakukan meditasi dengan membuka mata atau dengan menutup mata, sesuaikan dengan kenyamanan Anda. Dan yang paling penting, memastikan supaya kodisi sekitar hening dan nyaman.

2. Menyepi atau menyendiri
Disaat marah sudah berada pada puncaknya, sebaiknyak menyendiri dan mencari keheningan supata pikiran bersih, segar, logis tanpa diganggu oleh orang lain.

3. Membaca

Kegiatan membaca juga bisa menurunkan tingkat emosi. karena, orang yang keseringan membaca akan nyaman terbawa suasana cerita dalam buku, novel, artikel, komik ataupun semacamnya akan menolongmu menurunkan tingkat emosi.

4. Nafas dalam

Metode relaksasi nafas dalam juga menolongmu dalam mengontrol emosi Anda. Caranya tarik nafas panjang lewat hidung, lalu tahan kurang lebih selama 3 detik lalu hembuskan perlahan lewat mulut.

5. Memukul bantal

Apabila emosi meluap Anda sudah sangat sulit untuk dikendalikan dan Anda merasa sangat marah dan mau memukul seseorang, Anda bisa mengakalinya dengan memukul bantal. Kondisi tersebut bisa menolong Anda meredamkan emosi dan rasa marah. Bukan hanya itu, kegiatan memukul bantal ini pun tak akan merugikan siapapun karena tidak menyakiti orang lain ataupun diri sendiri.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates