Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Alami dan Cepat

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Alami dan Cepat

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Alami dan Cepat

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Alami dan Cepat

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Alami dan Cepat

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Alami dan Cepat – Tiba tiba saat makan es gigi terasa ngilu atau lebih sering dikenal dengan istilah gigi sensitif. Gigi ngilu ini bisa saja diakibatkan beberapa faktor seperti karena berlubang, habis ditambal atau saat mengunyah. Beberapa jenis pasta sekarang juga sudah banyak yang berfungsi untuk mengatasi gigi sensitif. Bukan hanya memakai pasta gigi guna gigi sensitif, ada beberapa cara menangani gigi ngilu yang mampu Anda coba.

Bagi kebanyakan orang, mungkin di antara Anda juga pernah mengalaminyatentang bagaimana rasanya gigi yanng tiba tiba ngilu. Disaat Anda terlalu menikmati es yang dingin, atau disaat sedang menguyah makanan panas, atau mengunyah coklat dan makanan yang terasa asam. Saat mengunyah berbagai jenis makanan tadi tiba-tiba gigi terasa sangat ngilu meskipun rasa ngilu tersebut sebentar tetapi sangat tajam dan menusuk. Keadaan seperti itu merupakan pertanda ada yang tak sesuai pada gigi Anda. Terutama di bagian dalam email yang rusak dan menjaikan gigi sensitif sehingga terasa ngilu ketika mengkonsumsi makanan tertentu.

Bila itu terjadi, berarti ada yang salah pada perawatan gigi Anda sekalian. Atau malahan Anda kurang menjaga dan merawat gigi yang membuat gigi Anda gigi ngilu. Sebenarnya masalah terbesar ngilu pada gigi terletak pada lapisan enamel dan dentin pada gigi menipis bahkan terbuka sehingga tidak kuat menahan panas, dingin atau asam ketika gigi mengunyah makanan.

Penyebab Lain Gigi Linu
Ternyata faktor lainnya yang membuat menipisnya dan terbuka lapisan enamel dan dentin di gigi yaitu:

1. Gosok gigi yang berlebihan
Menggosok gigi terlalu kuat atau tidak beraturan hingga gigi berdarah. Sebaiknya menggosok gigi dengan cara proporsional seperti tidak menggosok gigi yang terlalu kasar atau terlalu pelan.

2. Membiarkan penumpukan sisa makanan di sela-sela gigi

Kondisi tersebut pun bisa menimbulkan pembusukan makanan dan mendukung pertumbuhan bakteri dengan cepat dan merusak email gigi yang membaut gigi menjadi bertambah sensitif dan ngilu.

3. Makanan dan minuman terlalu panas, terlalu dingin, teralu asam atau terlalu manis

Mengkonsumsi makanan terlalu panas, terlalu dingin seperti es juga menyebabkan gigi linu. Hindari makanan dan minuman seperti itu.

4. infeksi gigi terus-menerus

Infeksi gigi dapat terjadi akibat luka atau karena serangan bakteri.

Cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang

Ada beberapa cara mengatasi gigi ngilu secara alami yang dapat Anda coba. Gigi ngilu yang keseringan disebabkan karena gigi berlubang, gigi setelah ditambal yang umumnya sering timbul ketika sedang mengunyah.

1. Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif banyak tersedia di toko-toko dan pasaran dan Anda dapat menggunakannya agar masalah gigi ngilu hilang. Pasta gigi semacam itu umumnya mengandung zat-zat perlindungan untuk email gigi, penghilang rasa ngilu dan membersihkan gigi dari kuman.

Di jaman sekarang telah begitu banyak macam-macam pasta gigi yang khusus dibuat guna menangani gigi sensitif. Oleh karena itu Anda tidak akan terlalu susah lagi untuk mencari macam pasta gigi yang satu ini.

2. Teratur menggunakan pembersih mulut
Pembersih mulut dipakai dengan cara teratur dan rutin guna menjaga kebersihan mulut dan gigi supaya bakteri dan pembusukan dari sisa-sisa makanan tidak tertinggal sela-sela gigi dan membuat gigi bersih.

3. Pilih sikat gigi yang lembut
Bukan hanya disarankan untuk menghindari menggosok gigi dengan kasar, sebaiknya Anda pun memilih sikat gigi yang lembut sehingga tidak mengakibatkan timbulnya iritasi dan infeksi pada gigi. Sebab sikat gigi yang keras dan kaku bisa mengakibatkan menipisnya lapisan email gigi yang disebabkan karena terkikis setiap hari.

4. Jangan mengonsumsi makanan terlalu panas atau dingin
Sebaiknya menunggu makanan sampai dingin atau hangat kalau makanan baru saja siap dimasak. Jangan malahan Anda terburu-buru dan rakus mengunyahnya dalam keadaan makanan panas. Dengan juga disaat Anda minum es atau buah yang didinginkan di dalam kulkas, sebaiknya tunggulah hingga dingin terlebih dahulu yang setelah itu baru bisa dikonsumsi.

5. Hindari makanan manis
Makanan yang manis seperti permen, coklat, roti yang manis dan dapat menyisakan sisa makanan di sela-sela gigi. Tidak hanya itu, makanan manis dan lengket pun menimbulkan terjadinya gigi berlubang kalau keseringan dikonsumsi,

6. Gunakan larutan air garam untuk berkumur
Larutan air garam juga membantu untuk membersihkan mulut dari kuman dengan cara dikumur-kumur.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates